Cara Diet Sehat: 14 Tips [AMPUH] Diet Sehat dan Menu Diet Sehat

diet
diet

Salam Sehat Sahabat YES. Apakah Sahabat merasa tidak memiliki bentuk dan berat badan ideal ?  pastinya semua orang menginginkan postur tubuh yang ideal. Selain sehat, memilki tubuh yang ideal memberikan percaya diri lebih karena memang lebih enak dilihat. Salah satu cara untuk mendapatkan bentuk dan postur tubuh yang ideal adalah denga diet. Menurut KBBI, “diet” berarti aturan makanan khusus untuk kesehatan dan sebagainya (biasanya atas petunjuk dokter). Ada berbagai metode diet yang dapat Sahabat pilih, namun kami sarankan untuk memilih diet sehat.

Dalam menjalani diet sehat, Sahabat harus sangat hati-hati karena jika salah memilih dan menjalankan, bukannya mendapatkan hasil yang diharapkan malah mengganggu kesehatan. Ada beberapa diet ekstrem yang sebaiknya dihindari, kecuali telah mendapatkan masukan dari ahli gizi atau dokter yang Sahabat biasa jadikan rujukan.

Berikut beberapa cara diet sehat yang dapat Sahabat YES coba

Bentuk tubuh yang terlalu besar dan kelebihan berat pada umumnya adalah akibat timbunan lemak di dalam tubuh. Lemak yang ada dalam tubuh berasal dari kalori yang didapat tubuh tidak sebanding dengan yang dikeluarkan/digunakan oleh tubuh sehingga sisanya tersimpan dalam bentuk lemak. Akumulasi lemak mengakibatkan bentuk tubuh menjadi tidak ideal seperti perut yang membuncit.

Dalam usaha Sahabat mendapatkan kembali bentuk tubuh yang ideal, sebaiknya tetap memperhatikan metode diet sehat yang akan dipilih. Sehingga diet sehat yang dijalani benar-benar bermanfaat bagi kesehatan dan bentuk tubuh Sahabat. Berikut beberapa tips untuk memulai diet sehat yang baik :

1. Mengatur waktu makan dengan makan makanan yang tepat

sarapan diet sehat
sarapan diet sehat

Prinsip diet sehat yang paling dasar adalah bagaimana cara Sahabat mengatur waktu makan yang benar dan menjalankannya dengan disiplin, sehingga waktu makan terjaga dan tidak berubah-ubah setiap harinya.

Pemilihan makana yang tepat dengan waktu makan yang teratur adalah kunci berhasil atau tidaknya diet sehat yang akan sahabat jalani. Jauhi makanan yang mengandung lemak jahat, dan kandungan gula berlebih. Kurangi makan-makanan berkalori tinggi yang melebihi kebutuhan harian anda. Mulai juga untuk menghindari makanan yang bisa menggagalkan diet sehat Sahabat seperti cemilan/snack atau gorengan.

Sebaiknya perbanyak konsumsi buah dan sayur yang kaya serat. Sahabat tetap boleh mengkonsumsi nasi dan lauk pauk secukupnya dengan porsi yang telah diatur dan waktu makan yang teratur.

2. Menentukan jumlah porsi makan

Hal berikutnya yang juga sangat menentukan adalah jumlah porsi makanan yang Sahabat konsumsi setiap hari. Karena setelah mulai menjalani diet sehat tentunya porsi makan anda akan berkurang, jadi berkonsultasi terlebih dahulu dengan ahli gizi. Berapa kalori yang dibutuhkan tubuh anda setiap hari.

Dalam menjalani diet sehat, Sahabat tetap harus makan makanan yang mengandung gizi dan nutrisi berimbang. Tentunya dengan beberapa penyesuaian yang tidak akan mengganggu kesehatan.

Usahakan untuk tetap makan yang komplit gizi dengan porsi seimbang sesuai batas kebutuhan kalori tubuh, untuk menghindari timbunan lemak.

3. Menggunakan pemanis alami secukupnya

Mengkonsumsi makanan dan minuman manis sepertinya menjadi kegemaran sebagian besar orang. Namun faktanya hanya sedikit saja yang mengetahui berapa jumlah gula yang dibutuhkan tubuh dalam sehari.

Hal ini sering diremehkan banyak orang sehingga diet yang sudah direncanakan kemudian gagal. Hal yang perlu dilakukan adalah mulai mengganti gula dan pemanis buatan dengan pemanis alami yang tentunya lebih sehat.

Selain bisa membantu keberhasilan diet sehat anda, dengan mengkonsumsi pemanis alamai anda akan terhindar daari berbagai resiko penyakit loh Sahabat YES. 

4. Berolahraga adalah lifestyle diet sehat

olahraga sehat
olahraga sehat

Cara yang paling mudah untuk berhasil menjalani diet sehat adalah menjadikan semua aktifitas harian kita seperti sedang berolahraga. Apalagi ditunjang dengan berolahraga secara rutin tentunya akan memberikan hasil yanhg optimal untuk pola diet anda.

Lakukan olah raga secara rutin yang dapat membakar lemak dan kalori dalam tubuh sehingga secara perlahan tubuh akan kembali ke bentuk idealnya dan anda akan terhindar dari obesitas.

Untuk pemula, bisa mulai dengan lari pagi di sekitaran komplek perumahan Sahabat selama 20-30 menit tiap harinya. Terus tingkatkan intensitas olah raga Sahabat sesuai dengan kebutuhan tubuh, lakukan olah raga bersama pelatih atau orang yang ahli dibidangnya.

5. Istirahat dan waktu tidur yang benar

Diet sehat akan mulai terasa berat ketika awal-awal, tubuh akan mudah merasa lemas karena kekurangan asupan makanan yanjg biasa dimakan sebelum program diet sehat. Hal ini harus diimbangi dengan waktu istirahat dan tidur yang memadai, dengan waktu yang sesuai.

Hindari begadang, karena selain tidak baik untuk kesehatan, juga akan mengakibatkan Sahabat makan atau ngemil malam-malam, dan menggagalkan program diet anda.

6. Berhenti merokok dan minum minuman keras

Bagi Sahabat yang masih merokok apalagi ditambah suka minuman keras, mulai sekarang berhentilah secara bertahap, demi kesehatan dan masa depan anda dan keluarga. Hidup sehat tanpa rokok dan alkohol tentunya akan mempermudah keberhasilan diet sehat yang akan anda mulai.

7. Minta dukungan dari orang lain

Keinginan untuk mulai diet sehat memang harus muncul dari diri sendiri, namu pada kenyataannya kita adalah mahluk sosial yang tidak bisa menghindari interaksi dengan orang lain. Tidak da salahnya untuk bercerita kepada oarng-orang terdekat bahwa anda sedang menjalani diet sehat, sehingga banyak hal positif yang akan anda dapat dari luar. Seperti orang-orang terdekat akan menghargai perjuangan diet anda dengan tidak memberikan makanan yang bisa menggagalkan rencana, dan memberikan motivasi yang sangat penting untuk menyemangati anda. Menjalankan program diet bukan hanya sekedar makanan tapi juga pikiran dan mental, tetap semangat ya Sahabat YES.

8. Pola hidup sehat secara menyeluruh

Setelah memutuskan akan menjalani diet sehat, maka sangat penting untuk menjalaninya dengan sungguh-sungguh. Konsisten dan disiplin adalah kata kuncinya.

Menjalani kehidupan dengan program diet tentu akan terasa lebih berat, namun demi kebaikan dan kesehatan semua butuh pengorbanan. Pola hidup sehat secara mrnyeluruh harus dimplementasikan dalam keseluruhan aktifitas harian, mulai dari bangun tidur sampai kembali tidur.

Itulah beberapa tips untuk memulai diet sehat, selalu berkonsultasi dengan ahli gizi dan lakukan cek kesehatan Sahabat sebelum mulai menjalani program diet. Penting mengingat diet sehat bukan untuk membuat hidup anda menderita demi penampilan. Diet sehat harus dijalani dengan serius tapi tetap menyenangkan dengan memilih program dan metode yang tepat.

Lalu apa saja makanan yang baik untuk dikonsumsi saat menjalani program diet sehat, berikut akan kami sampaikan beberapa makanan sehat yang sangat baik untuk Sahabat YES jika akan mulai menjalani diet sehat :

Pilihan menu diet sehat untuk diet sehat Sahabat 

Sebenarnya banyak sekali jenis makanan sehat yang dapat dipilih untuk menunjang keberhasilan diet sehat anda. Seperti teleh dibahas di artikel sebelumnya tentang “makanan sehat” yang masing-masing mempunyai manfaat yang diperlukan oleh tumbuh kembang tubuh anda. Berikut akan kami sampaikan beberapa makanan yang bisa menjadi pilihan Sahabat untuk dikonsumsi sehari-hari :

9. Buah-buahan (Apel)

apple
apple

Tubuh membutuhkan banyak serat untuk melancarkan proses metabolisme dan pencernaan, oleh karena itu konsumsi buah sangat penting untuk tercukupi. Dalam menjalankan pola diet sehat Sahabat bisa mengkonsumsi salah satunya adalah apel. Buah yang satu ini sangat baik dimakan ketika diet, karena satu apel kecil mengandung  kurang lebih 50 kalori dengan karbohidrat 12 gram.

Sahabat bisa memilih apel yang berwarna merah atau hijau yang penting masih dalam keadaan segar. Serat larut airnya mampu menahan rasa lapar sehingga cocok dikonsumsi untuk mengganti porsi makan berlebih. Jadi Sahabat, mulai mengkonsumsi buah-buahan ya, terutama buah apel, yang memang sangat digemari banyak orang.

10. Sayuran (Brokoli)

Salah satu jenis sayuran yang baik untuk menyukseskan pola diet sehat Sahabt adalah brokoli. Yups, sayuran hijau yang satu ini sangat baik karena segelas penuh potongan brokoli hanya mengandung 30 kalori saja. Sementara untuk kandungan serat, brokoli memiliki serat sebanyak 5 gram yang dapat membantu Anda lebih mudah berhasil dalam diet sehat.

Manfaat lain dari brokoli adalah kandungan gula yang rendah namun tinggi serat mampu menjaga kestabilan gula darah sehingga anda tidak khawatir akan terkena diabetes. Jadi mulai sekarang Sahabt YES harus banyak banyak makan sayuran ya… 

11. Sarapan Oatmeal

oatmeal berry
oatmeal berry

Kandungan  magnesium, fosfor, protein,  dan vit B1 dalam oatmeal berfungsi untuk menghasilkan energi sehingga membuat Anda tetap bersemangat untuk menjalani aktivitas. Sebuah studi yang  dilakukan selama 6 tahun oleh para peneliti dari University of California, USA, telah membuktikan bahwa mengkonsumsi outmeal sebagai menu diet sehat telah terbukti membantu menurunkan berat Anda. Dalam penelitian tersebut diketahui bahwa orang yang selalu sarapan dengan oatmeal, memiliki indeks massa tubuh lebih rendah ketimbang orang yang tidak sarapan sama sekali dan kelompok orang yang sarapan dengan menu lain. Hal ini terjadi karena oatmeal termasuk makanan yang mengandung serat tinggi dan nilai indeks glikemik yang rendah.

Dengan banyaknya manfaat yang bisa didapatkan dari oatmeal, maka tidak heran jika banyak sekali orang yang menjalani diet sehat menjadikan oatmeal sebagai menu wajib mereka terutama untuk sarapan.

12. Protein dari Ikan

Meskipun sedang diet sehat, tidak berarti kita harus makan sayuran dan buah-buahan saja. Tubuh kita tetap membutuhkan saupan protein dan lemak baik untuk kesehatan. Mengkonsumsi buah dan sayur tetap harus diimbangi dengan sumber protein yang salah satunya adalah ikan.

Selain berbagai jenis makanan yang sudah disebutkan di atas, Anda juga dapat mengonsumsi ikan sebagai makanan diet sehat. Kandungan lemak baik dalam ikan dapat membantu Anda menurutkan berat badan,. Tidak seperti daging, ikan punya jenis lemak omega 3 yang baik untuk kesehatan otak. Biasanya, lemak ini ada di dalam ikan perairan laut dalam seperti, makarel, salmon dan tuna.

Dengan konsumsi ikan yang cukup, selain membantu diet sehat anda, juga akan membuat anda semakin pintar loh Sahabat.

13. Putih telur

Bisanya kita makan telur semua kan Sahabat? Kuning telur dan putihnya? Mulai sekarag coba deh makan hanya putih telurnya saja, karena bagian putih telur mengandung protein tinggi tapi rendah lemak. Ditambah lagi, makanan diet sehat ini tidak punya nilai indeks glikemik, karena tak memiliki kandungan karbohidrat, sehingga penderita diabetes bisa dengan aman mengonsumsi putih telur.

Seperti yang biasa dilakukan para binaragawan dalam menjalani pola diest sehat, mereka mengkonsumsi putih telur lebih banyak. 100 gram putih telur saja mengandung protein sebanyak 10,9 gram. Sementara, untuk lemaknya hanya ada sekitar 0,17 gram. Jadi Sahabat tidak perlu khawatir akan tumpukan lemak ya ketika mengkonsumsi putih telur.

14. Cemilan yang sehat adalah yang rendah kalori

cemilan sehat
cemilan sehat

Musuh utama program diet sehat adalah cemilan, yups,,,siapa orang yang tidak suka ngemil? Inilah salah satu faktor yang menyebabkan banyak orang berlemak, terlalu banyak ngemil cemilan yang ternyata tidak bagus untuk kesehatan tubuh.

Tapi jangan khawatir, meskipun sudah menjalni program diet sehat, Sahabat tidak perlu khawatir tidak bisa ngemil lagi. Karena meskipun sedang diet, masih boleh ko mengkonsumsi cemilan, asal diperhatian dulu mau ngemil apa?.

Di zaman sekarang ini sudah banyak perusahaan makanan dan kesehatan menawarkan produk cemilan sehat yang cocok dikonsumsi oleh oarng-orang yang sedang diet sekalipun. Kembali kepada kita masing-masing, seberapa serius menjalani program diet sehat nya. Selalu perhatikan label kandungan gizi yang terdapat dalam kemasan cemilan yang akan dimakan. Ingat ya Sahabt meskipun cemilannya sehat tapi makannya tetap harus diatur jangan berlebihan.

Itulah beberapa saran makanan yang bisa menjadi alternatif untuk diet sehat Sahabat. Lalu bagaimana mengkombinasaikan makanan sehat yang biasa kita makan saat mulai manjalani diet sehat?. Sebenarnya merancang apa saja menu untuk diet sehat sangat mudah. Sahabat tinggal konsultasi ke ahli gizi atau dokter untuk mengetahui perhitungan berat badan dan jumlah kalori yang dibutuhkan. Para ahli gizi sudah mengetahui apa saja jenis makanan yang direkomendasikan dan yang harus dihindari sesuai kebutuhan anda.

Kita juga bisa membaca referensi dari buku atau di jurnal kesehatan yang terpercaya untuk mengetahui paduan makanan dan minuman yang cocok untuk kategori masing-masing orang. Atau bisa meluangkan waktu menyaksikan acara-acara kesehatan yang ada di televisi dan chanel youtube membahas kesehatan dan diet yang sehat. Yang terpenting adalah pemilihan bahan makanan dan minuman sehat yang akan Sahabat konsumsi harus yang fresh ya.

Kesimpulan

Untuk mendapatkan bentuk dan berat tubuh yang ideal memang butuh perjuangan dan pengorbanan, namun itu semua untuk kebaikan kita juga bukan?. Jadi teruslah bersemangat untuk memulai dan konsisten menjalani program diet sehat ya Sahabat. Mulai lah dengan perncanaan yang matang dan bertahap, jangan langsung mengambil diet yang lanjutan apalagi langsung ke diet ekstreem, sangat berbahaya. Tubuh kita membutuhkan waktu untuk beradaptasi dengan kebisaan baru kita dalam menjalani pola hidup sehat. Tentunya dengan menjalani diet sehat yang benar, sehingga kita tidak merasa menderita ketika menjalaninya. Dengan pikiran yang senang, tidak tertekan, dan semangat maka akan lebih mudah untuk berhasilnya program diet Sahabat. Jangan mudah menyerah, pasti berhasil jika niat dilakukan dengan tekad yang kuat.

diet
diet

Jangan lupa untuk berkonsultasi denngan ahli gizi atau dokter yang memang ahli di bidangnya. Salam Sehat selalu ya Sahabat YES, jangan lupa baca artikel lainnya supaya Sahabat mendapatkan informasi dan tips kesehatan yang bermanfaat di situs kami. Terima kasih sudah berkunjung, sehat semangat selalu!!!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here