“Sehat itu mahal!” kutipan ini tidak sepenuhnya benar ya sahabat YES! Ada banyak cara/kebiasaan yang bisa kita terapkan supaya kita bisa hidup sehat. Kesehatan sangat penting untuk kita, dan banyak metode yang dilakukan orang untuk membuat hidupnya sehat. Mulai dari metode modern sampai metode tradisional. Metode manakah yang paling efektif ya sahabat YES? DI bawah ini kami telah merangkum 50 Tips pola hidup sehat yang bisa sahabat praktekkan.

Daftar Isi

Pola Hidup Sehat dalam Kedidupan Sehari-hari

1. Minum Air Putih yang Cukup

Kebanyakan orang kurang mengkonsumsi air putih setiap harinya. Sebagai zat yang sangat diperlukan tubuh air sangat penting untuk tubuh kita. Karena, setiap harinya kita mengeluarkan cairan dari tubuhkan seperti melalui keringat, urine, pernapasan. Jadi asupan cairan yang cukup adalah hal yang wajib kita perhatikan ya sabahat YES!

Ingat ya sahabat YES, untuk iklim tropis seperti di Indonesia normalnya kita membutuhkan 3-4 liter air per hari.

2. Beristirahatlah dan Tidur yang Cukup

Salah satu kunci pola hidup sehat adalah dengan kebiasaan tidur yang cukup. Hal ini dikarenakan tubuh membutuhkan waktu beristirahat untuk dapat melanjutkan aktifitas berikutnya secara maksimal. Meskipun tidak direkomendasikan, makan yang banyak dapat membantu ketika tubuh tidak mendapatkan waktu istirahat yang cukup. Tapi ingat, tidurnya jangan berlebihan karena segala yang berlebih selalu tidak baik. Selain untuk mengistirahatkan tubuh, ternyata tidur juga dapat mencegah penuaan dini loh Sahabat YES.

3. Menenangkan Diri

Untuk menajauhkan diri dari stress yang bisa mengakibatkan banyak gangguan kesehatan dan sumber penyakit, sangat penting untuk dapat menjaga ketenangan jiwa dan pikiran dengan bermeditasi. Sahabat YES dapat melakukan meditasi supaya lebih rilek dan terhindar dari stress. Meditasi di alam terbuka dengan mendengarkan music terapi atau suara alam juga sangat bagus untuk kesehatan.

4. Rutin Berolah Raga

Banyak sekali penelitian yang sudah dilakukan para ahli menunjukan bahwa rutin berolahraga memberi manfaat yang luar biasa, diantaranya menurunkan berat badan, meningkatkan rentang hidup, memadatkan tulang dan mengurangi resiko terkena penyakit. Kita bisa memanfaatkan kegiatan sehari-hari sebagai pengganti berolahraga jika tidak memiliki waktu yang cukup,seperti berjalan kaki dan menaiki tangga daripada menggunakan lift. Menggunakan sepeda ke kantor juga bisa dijadikan alternative dari pada harus macet-macetan menggunakan mobil.

5. Berolahraga Sebagai Hobi

Dengan mejadikan olah raga sebagai hobi, Sahabat YES akan menikmati melakukan dan mendapatkan manfaatnya. Sehingga akan bersemangat dan tidak bermalas-malasan. Tapi ingat ya, pilihlah olahraga yang  disenangi dan lakukanlah secara rutin. Berolahraga di waktu yang tepat tentunya supaya hasilnya lebih maksimal.

6. Bermain Sambil Olah Raga

Sahabat YES dapat memilih permainan yang memberikan tubuh manfaat kesehatan sekaligus kesenangan dengan olah raga berkelompok seperti sepak bola, basket, boal voli, atau badminton. Jadi selain berolahraga, sahabat juga bisa bersosialisasi dan silaturahmi dengan yang lain. Menyenagkna bukan?, bermain tetapi tetap menjalankan aktivitas yang sehat.

7. Mengkonsumsi Buah-Buahan Lebih Banyak

memakan buah-buahan
memakan buah-buahan

Beragam jenis buah sangat baik untuk menjalani pola hidup sehat, selain rasanya yang enak manfaatnya untuk tubuh juga sangat penting. Kurangi minum vitamin sintesis dan mulailah mengkonsumsi lebih banyak buah-buahan. Pilihlah buah yang masih segar dan matang. Bisa juga mulai untuk menanam sendiri pohon buah di halaman rumah atau di kebun kita, sehingga kita lebih mudah untuk makan buah.

8. Mengkonsumsi Lebih Banyak Sayur Mayur

pola hidup sehat makan sayuran
pola hidup sehat makan sayuran

Makan lebih banyak sayuran sama pentingnya dengan mengkonsumsi buah, bahkan para ahli menyarankan untuk mengkonsumsi sayur dan buah setidaknya 6-9 porsi/hari. Meskipun nyatanya banyak orang yang kurang gemar makan sayuran, Sahabat YES jangan kekurangan asupan sayur dan buah ya. Makan sayur dalam keadaan mentah lebih baik lagi karena kandungan gizi dan seratnya belum berubah. Jadi banyak makan lalapan itu bagus loh Sahabat. Jika anda mempunyai tanah kosong, alangkah lebih baik untuk ditanami sayur-sayuran.

9. Antioksidan Alami Dengan Makanan Berwarna Cerah

Anti-oksidan sangat diperlukan oleh tubuh karena mereka menghilangkan dan menangkal radikal bebas dalam tubuh kita yang bisa merusak sel-sel tubuh. Mengkonsumsi sayur dan buah yang berwarna cerah sangat penting karena mengandung antioksidan tinggi. Sahabat YES dapat mulai dengan makan buah dan sayur dengan warna yang berbeda, seperti : hijau (selada, mentimun, alpukat, apel), putih (pisang, jamur), merah (strawberry, tomat, semangka,), jingga (Jeruk, wortel) kuning (nanas, mangga). Dengan diet warna ini juga bisa membentuk tubuh ideal selain menyehatkan tentunya Sahabat.

10. Jangan Berlebihan Makanan Instant dan Cepat Saji

Banyaknya bahan yang ditambahkan kepada makanan instant seperti pengawet, dapat berdampak buruk bagi kesehatan jika dikonsumsi terlalu sering dan banyak apalagi dalam jangka waktu yang panjang. Jadi sebaiknya Sahabat YES mengurangi makanan instant dan cepat saji, lebih baik makan buatan sendiri yang lebih seimbang nilai gizinya. Hal ini karena kita tidak tahu proses pembuatan makana itu dan kualitas bahan yang digunakan untuk membuat makanan cepat saji.

Hidup Sehat dimulai dari Diri Sendiri

11. Mencintai dan Menghargai Diri Sendiri

Untuk menghindari dampak stress yang buruk, Sahabat Yes harus mulai lebih mencintai dan menghargai diri sendiri. Berpikiran positif dalam memandang kehidupan yang luas akan membantu anda menjadi pribadi yang bahagia dan dapat tersenyum setiap hari. Luangkan wqaaktu yang dinikmati oleh anda sendirian, lalu bacalah bebrapa buku yang bisa memberi motivasi kepada diri sendiri, atau dengarkan beberapa lagu yang cocok sehingga mood anda naik.

12. Berjalan Tanpa Alas Kaki

Berjalan tanpa menggunakan alas kaki terbukti memberikan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Efek pijatan ketika berjalan tanpa alas kaki dapat memberikan rasa nyaman ke sekujur tubuh dan mengurangi stress pada kaki dan persendian. Jadi sekali-kali Sahabat YES harus mencoba berjalan dengan bertelanjang kaki ya. Pilih trek berbatu yang tidak terlalu terjal, dan mulailah dengan jarak yang tidak terlalu jauh.

13. Berada di Lingkungan yang Positif

Sahabat tidak perlu mendekati orang-orang yang berpikiran negatif karena bisa meracuni pikiran dan mengakibatkan stress. Dampak buruknya lagi anda bisa saja terbawa atau tertular kebiasaan buruk mereka. Berusahalah untuk selalu berada di lingkungan yang positif karena hal ini sangat penting untuk menjaga pola hidup sehat.

14. Bersihakan Diri Dari Hal Negatif

Sahabat harus mampu membersihkan pikiran negatif dan hal tidak produktif yang hanya menyebabkan stress dan tidak bahagia. Selalu berpikir positif dan saringlah segala pengaruh dari luar, sehingga anda tidak mudah terbawa pikiran negatif. Berkonsultasi dengan orang yang lebih memahami juga bisa dilakukan ketika anda mendapat sesuatu hal yang baru dari luar.

15. Tuliskan Mimpi dan Kebahagiaan Sahabat

Penelitian mengungkapkan bahwa kebiasaan menulis buku harian cenderung memberikan penulisnya rasa kebahagiaan yang lebih. Jadi, jangan simpan pikiran akan mimpi-mimpi kebahagian di dalam diri saja karena itu tidak sehat. Menulis juga manjadi salah satu hal yang mampu melepaskan hal negatif dan meletakan dasar akan kebahagiaan kedepannya. Jadi mulailah untuk menulis semua mimpimu ya Sahabat YES.

16. Atur Asupan Gula dan Garam Dalam Makanan

Sangat penting untuk mengatur kadar asupan gula dan garam demi menjaga pola hidup sehat. Jadi jangan terlalu berlebihan dalam mengkonsumsi gula dan garam. Pilih lah gula alami yang lebih sehat, jangan terlalu menggunakan pemanis buatan yang dampaknya buruk buat kesehatan. Dalam memilih garam pilihlah yang mengandung kadar yodium tinggi.

17. Bernafaslah yang Dalam

Sahabat belum pernah  berhenti bernapas kan?, namun sudah tahu kah cara bernapas yang benar?. Sebuah tarikan nafas yang penuh di mana Anda benar-benar mengisi paru-paru dengan oksigen adalah cara bernapas yang benar. Seperti atlet yang dilatih teknik pernapasan seperti ini, untuk mendapatkan hasil dan penampilan terbaik. Dengan bernapas yang dalam Sahabat akan lebih bergairah dan lebih segar.

18. Jangan Emosional Ketika Makan

Walaupun sedang stress, sebaiknya Sahabat tetap menjaga pola makan yang sehat. Dalam keadaan pesta yang tersedia banyak makanan, Sahabat juga harus mampu mengenadlikan diri ya, Jangan menuruti emosi karena hanya akan memperburuk keadaan, anda bisa terkena obesitas jika terlalu banyak makan atau sakit jika malas makan.

19. Makan Sedikit tapi Sering

Hal ini akan memberikan waktu untuk tubuh melakukan metabolisme dengan sempurna. Tapi ingat ya Sahabat YES, bukan berarti diperbolehkan ngemil banyak-banyak

20. Makanlah Sampai Cukup Kenyang.

Ingat, tubuh kita bukan mesin penggiling yang bisa mencerna makanan dalam jumlah yang sangat banyak. Jadi penting untuk menjaga pola makan dan jumlah makanan yang dikonsumsi, jangan terlalu banyak atau sedikit. Sesuaikan porsi dengan menu yang beragam dan kandungan gizi berimbang.

21. Mengganti Nasi Putih Dengan Nasi Merah

Untuk kebiasaan yang lebih baik bagi kesehatan ada baiknya mengganti makan nasi putih dengan nasi merah atau nasi putih yang masih mengandung kulit arinya. Karena kandungan proteinnya lebih tinggi dan kandungan gizi yang lainnya juga, sehingga lebih baik untuk kesehatan. Bisa juga dengan mengganti roti biasa dengan roti gandum yang utuh loh Sahabat,

22. Mempunyai Tujuan Hidup

Apakah Sahabat sudah mempunyai tujuan dalam menjalani kehidupan? sudahkah sejalan dengan apa yang anda jalani sekarang? Pastikan untuk mempunyai tujuan yang baik dalam hidup dan raihlah dengan penuh ketenangan. Jalani dengan positif dan teruslah sehat untuk samapai ke tujuan tersebut. Tetap semangat dan optimis sehingga tubuh ikut terangsang mengeluarkan energi positif.

Cara Hidup Sehat yang Bisa Kamu Terapkan dalam Kehidupan Sehari-hari

23. Tidak Mengkonsumsi Makanan Berminyak

Mengkonsumsi makanan berminyak dan berlemak tinggi secara berlebih sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh karena tingga kolesterol yang bisa memicu banyak penyakit. Sangat baik bagi kesehatan ketika Sahabat YES tidak mengkonsumsi makanan berminyak, seperti gorengan dan makana cepat saji. Meskipun banyak penggemarnya, Sahabat YES harus hati-hati ya.

24. Konsumsi Gula yang Tepat

Meskipun rasanya enak, nyatanya makanan manis yang berlebih sangat bahaya bagi kesehatan. Selain rawan diabetes, terlalu sering mengkonsumsi makanan manis juga tidak baik bagi kesehatan gigi. Jadi sangat penting untuk menghindari asupan makanan manis yang melebihi batas kebutuhan tubuh.

25. Memperhatikan Postur Tubuh

Banyak manfaat yang didapat dari memliki postur tubuh ideal, seperti terlihat lebih menarik dan sehat, meningkatkan pernapasan, dan lainnya. Sehingga memiliki pstur ideal berdampak sangat baik bagi Sahabat dalam menjalani pola hidup sehat. Apalagi pada masa pertumbuhan, maka asupan gizi yang tepat dan terpenuhi sangat menentukan tumbuh dan berkembangnya postur.

26. Perbanyak Konsumsi Makanan Organik

pola hidup sehat - makanan organik
pola hidup sehat – makanan organik

Makanan organik adalah makanan yang dihasilkan tanpa input sintetis seperti pestisida atau pupuk kimia, pelarut industri, tidak mengandung organisme rekayasa genetik, tidak diproses menggunakan radiasi, dan tidak menggunakan tambahan bahan kimia. Jadi lebih aman untuk banyak mengkonsumsi makanan baik itu buah atau sayuran organik karena lebih sehat dan tidak khawatir.

27. Mengurangi Asupan Soda dan Kafein

Sebaiknya Sahabat mengganti konsumsi kafein atau soda dengan jus buah bebas gula yang lebih banyak mengandung air dan gula alami. Hal ini dikarenakan sifat diuretic dari soda dan kafein yang bisa mempercepat laju produksi urin, sehingga memudahkan tubuh terkena dehidrasi.

28. Hindari Minuman Beralkohol

Banyak efek negatif yang merugikan kesehatan tubuh ketika kita mengkonsumsi minuman beralkohol, hal itu bisa dirasakan apalagi dikonsumsi terus menerus. Jadi jangan minum minuman beralkohol ya Sahabat, selain merusak tubuh, juga diharamknan oleh Agama.

29. Membuat Makanan Sendiri

Akan sangat baik untuk menjalani pola hidup sehat dengan mengkonsumsi makanan buatan kita sendiri. Karena kita lebih mengetahui bahan dan takaran yang tepat. Banyak hal juga bisa dikontrol ketika kita mempersipakan makanan sendiri dibandingakan buatan orang lain apalagi makanan pabrikan.

30. Belajar untuk Menolak

Ketika Sahabat diajak oleh teman atau rekan kerja untuk nongkrong atau makan sesuatu yang tidak sehat maka tidak salah untuk menolak dan mengatakan tidak. Apalagi itu dilakukan untuk menjaga pola hidup yang sehat. Meskipun kadang sulit, namun bisa dicoba dengan memberikan penjelasan yang baik.

31. Membawa Botol Air Sendiri Kemana-mana

Meskipun agak repot, namun kebiasaan membawa botol air sendiri sangat baik untuk kesehatan diri sendiri. Hal ini dapat menghindari pengguanaan alat minum bersama yang bisa menularkan penyakit. Banyak kuman dan bakteri yang tersisa akibat kurang bersih mencuci peralatan makan kita, dengan membawa botol minuman sendiri kita lebih tenang menggunakannya karena tahu perawatan dan kebersihannya.

32. Banyak Mengkonsumsi Salad

Ketika anda terpaksa harus makan di retoran cepat saji, maka jangan lupa untuk mengkonsumsi salada lebih banyak. Hal ini untuk memenuhi kebutuhan tubuh akan sayur harian. Jadi walaupun kita makan di restoran cepat saji, kebutuhan serat tetap terpenuhi.

33. Konsumsi Makanan Rendah Kalori dan Rendah Lemak

Sekarang ini sudah sangat banyak varian produk rendah lemak dan rendah kalori yang lebih sehat untuk tubuh. Misalnya susu rendah lemak, atau cemilan rendah kalori yang dapat dipilih untuk menggantikan makanan yang tinggi kadar lemaknya. Semua demi kesehatan, lebih penting daripada sekedar mengutamakan rasa atau jenis makanan yang kita konsumsi.

34. Stop Merokok

Sudah banyak penelitian yang membuktikan bahayanya merokok, bahkan peringatan dari Departemen Kesehatan pun sudah jelas tentang bahaya rokok. Jadi bagi Sahabat YES yang masihi merokok, segera berhenti sebelum menyesal ya. Selain pemborosan, merokok tidak mempunyai sisi baik sama sekali. Jadi jangan ditunda lagi untuk meninggalkan kebiasaan buruk merokok.

35. Menghindari Lingkungan Perokok

Bagi Sahabat yang tidak merokok, sangat penting untuk menghindari orang yang sedang merokok, karena perokok pasif lebih berbahaya daripada yang aktif. Apalagi Sahabat mempunyai anak-anak yang harus dijauhkan dari lingkungan berasap rokok. Semua demi masa depan dan kesehatannya.

36. Memakan Cemilan Sehat

Jika Sahabat Yes ingin ngemil maka pilihlah cemilan yang sehat seperti buah-buahan atau cemilan rendah kalori. Hindari banyak ngemil cemilan yang tinggi lemak dan kalori. Meskipun buah-buahan tetap lebih direkomendasikan karena kandungan vitaminnya sangat dibutuhkan tubuh untuk aktivitas harian.

37. Minum Jus (sayur dan buah)

pola hidup sehat - meminum jus
pola hidup sehat – meminum jus

Sayur dan buah mempunyai kandungan gizi yang sangat bermanfaat untuk tubuh. Tetapi kita mungkin terkadang sibuk sehingga jarang makan sayur atau buah-buahan. Buat sahabat YES yang ingin memakan sayur dan buah dengan cara yang praktis, sahabat bisa membuat jus sendiri. Jadi tubuh kamu bisa tetap sehat dan

38. Memeras Jus Buah Sendiri

Akan lebih baik ketika Sahabat memeras jus buah sendiri daripada membeli jus yang dijual dalam kemasan. Karena jusa dalam kemasan kemungkianan mengandung pengawet dan kadar gula yang tinggi. Itu tidak akan terjadi jika kita membuat jus sendiri, pilihan buah dan kadar gula yang digunakan kita lah yang mengaturnya.

39. Mencoba Pola Vegetarian

Menjalankan pola hidup vegetarian bukan hanya perkara kesehatan, karena ada hal yang perlu penyesuaian. Oleh karena itu jika Sahabat ingin menjadi vegetarian, ada baiknya mempelajari dulu seluk beluk seorang vegan secara bertahap. Sehingga tidak menimbulkan permasalahan kesehatan di kemuidian hari jika ternyata metode yang direpkan tidak sesuai, intinya jangan asal ikut trend ya Sahabat YES.

Gaya Hidup Sehar Perlu Kedisiplinan

40. Menjadi Seorang Vegetarian

Ketika Sahabt menjadi seorang vegetarian, maka harus murni meninggalkan makanan yang mengandung unsur hewani termasuk daging, susu, keju, telur dan produk olahannya. Meskipun ada penelitian yang menyatakan seorang vegetarian cenderung lebih panjang umur, namun penting untuk berkonsultasi dengan para ahli untuk menentukan kadar kalori yang Sahabat butuhkan.

41. Menjadi Vegan Mentah

Belakangan ini sedang menjadi suatu yang tren di masyarakat, meningkatnya seseorang dari vegetarian menjadi seorang vegan mentah atau vegan murni. Diaman orang tersebut benar-benar hanya mengkonsumsi makanan yang disediakan oleh alam. Namun perlu Sahabat perhatikan sekali lagi, bahwa konsultasi dengan dokter diperlukan demi menjaga kesehatan tubuh dan jiwa Sahabat.

42. Banyak Beraktifitas di Luar Ruangan

Bagi Sahabat yang banyak menghabiskan waktu di dalam kantor atauu ruangan, maka sangat penting untuk meluangkan waktu unutk berada di luar ruangan. Terkena sinar matahari langsung, menghirup udara segar dan meraskan angijn yang berhembus akan sangat beremanfaat bagi kesehatan tubuh dan jiwa Sahabat. Apalagi dilakukn bersama orang ynga anda sayangi, dan beraktifitas di luar rungan dengan kegiatan yang menyenangkan.

43. Perhatikan Kesehatan Gigi dan Gusi

Sangat penting untuk menjaga dan merawat kesehatan gigi dan mulut Sahabat. Dengan menggosok gigi secara rutin dan memeriksakana kesehatan gigi dan mulut ke dokter setiap 6 bulan. Nayak hal yang merugikan jikla kita kurang memperhatikan kesehatan gigi dan mulut diantaranya sariawan, sakit gigi dan bau mulut yang akan mengganggu orang lain dan mengurangi rasa percay diri.

44. Mengambil Beberapa Kelas Kursus

Mengisi waktu dengan mempelajari hal yang menarik buat Sahabat sangt membantu menjaga kesehatan. Anda bisa mengambil kursus tari, music, olah vocal atau apapun yang dapat memberikan suasana dan mengembangkankan mental. Terlebih anda bisa bertemu dan berkenalan dengan orang baru yang akan menambah pertemanan.

45. Memilih Lingkungan yang Sehat

Memilih orang untuk berteman dan lingkungan untuk kit abergaul sangat menentukan hidup kita bisa menjaga pola hidup atau sehat atau tidak. Karena lingkanga yang tidak sehat akan membawa pengaruh negative untuk jiwa dan raga kita. Bertemanlah dengan orang-orang yang sehat, sehingga kita tidak tertular penyakit. Tentu dalam hal ini kita harus bisa memilih lingkungan dan orang-orang yanjg sehat jasmani dan rohani.

46. Tersenyum

Perbanyaklah tersenyum kepada siapapun, karena dengan tersenyum akan membawa aura positif kepada diri kita sendiri dan orang lain. Tersenyum juga menandakan kesehatan jiwa dan tubuh. Kurang senyumk akan membawa dampak tidak baik untuk diri. Meskipun demikian Sahabat Yes harus bisa memmililh dan memilah situasi dan kondisi untuk tersenyum ya.

47. Bercengkrama Dengan Keluarga

Luangkan waktu untuk keluarga, sesibuk apapun anda, waktu untuk keluarga adalah yang terpenting untuk kesehatan. Bagaimana tidak, kita bisa menghilangkan stress dengan beercanda dan bermain dengan anak, istri dan saudara lainnya. Lakukan pertemuan keluarga besar di tempat wisata atau di tempat yanjg memiliki nilai penting bagi keluarga. Saling mendengarkan satu sama lain juga dapat meringankan beban pikiran, sehingga stress berkurang.

48. Pariwisata

Buatlah jadwal ya Sahabat untuk mengunjungi tempat pariwisata yang indah, menarik atau yang memiliki kenangan buat sahabat dan orang yang dicintai. Dengan melakuikan perjalanan wisata maka pikiran kita akan segar kembali untuk memulai rutinitas yang pastinya membosankan. Atau lakukan perjalan ke tempat baru yang penuh petualangan, hal ini akan memicu adrenalin dan meningkatkan semangat baru. Jadwalkan kunjungan wisata secara berkala bersama keluarga atau teman, diajamin akan membuat hidup menyenangkan dan tubuh menjadi sehat.

49. Membantu Orang Lain

Berbicara sehat tentunya bukan hanya kesehatan tubuh tetapi juga kesehatan jiwa atau batin. Maka dengan meluangkan waktu atau membagikan sedikit rezeki untuk yng membutuhkan akan meningkatkan kualitas kesehatan mental dan pikiran. Dengan banyak membantu orang lain, maka kit ajuga suatu waktu akan banyak dibantu oleh orang lain.

50. Dekat dengan Tuhan

Dari semua poin yang sudah diuraikan di atas maka hal yang terpenting adalah kedekatan kita dengan Tuhan. Semua kehidupan sudah diatur sedemikian rupa oleh Tuhan untuk kebaikan makhluk sehingga kita tidak bisa lepas dasri aturan itu jiaka ingin hidup terus dalam kesehatan dan kebahaghiaan. Serangkaian peribadahan yang telah Tuhan perintahkan ternyata mengandung banyak sekali kebaikan untuk kesehatan jiwa dan raga. Jadi keselarasan antara ibadah, doa, dan ikhtiar kita untuk tetap hidup sehat sangat penting sehingga kita selalu sehat dan bahagia.

Kesimpulan

Hidup sehat itu mudah, asal kita konsisten menjalaninya dan terus mau belajar, jangan malu juga bertanya kepada orang yang lebih ahli di bidangnya. Berkonsultasi ke dokter dan rutin melakukan pemeriksaan kesehatan tentunya juga akan sangat membantu manjalani pola hidup sehat. Demikian 50 cara pola hidup sehat yang dapat Sahabat YES jalankan, semoga bermanfaat dan dapat konsisten dilakukan sehingga kita semua menjadi pribadi yang sehat dan kuat. Salam sehat Sahabat YES.

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here