Salam Sehat Sahabat YES, terutama untuk Sahabat cantik yang sedang hamil. Selamat Ya Bunda… yuk persiapkan kehamilan bunda. Kabar kehamilan sudah pasti disambut suka cita oleh pasangan suami istri, apalagi kehamilan pertama. Sudah tentu segala persiapan akan sangat maksimal untuk menyambut calon buah hati. Bagi Sahabat yang sedang hamil, sangat penting untuk memperhatikan kebiasaan sehari-hari, jangan disamakan dengan sebelum hamil. Salah satunya adalah pola hidup sehat dan menu makanan ibu hamil.

ibu hamil
ibu hamil

Penting untuk mengetahui jenis makanan sehat apa saja yang baik dikonsumsi atau harus dihindari oleh ibu hamil. Karena ada janin yang tumbuh kembangnya dalam Rahim tergantung dari apa yang bunda konsumsi. Tentunya ini semua demi sang buah hati agar terus sehat dan bunda juga tidak khawatir.

Makanan Ibu Hamil yang Sehat dan Dibutuhkan Janin

Lalu apa saja makanan yang sebaiknya dikonsumsi oleh ibu hamil. Berikut akan kami sampaikan khusus untuk Sahabat YES :

1. Makanan Berkabohidrat

beras merah
beras merah

Asupan makanan yang mengandung karbohidrat terkandung pada makanan pokok yang sudah terbiasa dikonsumsi sehari-hari seperti nasi, roti atau oatmeal. Ketika sedang hamil bunda akan lebih sering merasa lemas bukan? Oleh karena itu maka pasokan karbohidrat harus benar-benar tercukupi.

Untuk memenuhi kebutuhan karbohidrat, maka bunda bisa mendapatkannya dari nasi merah, roti gandum atau kentang. Kandungan serat dan vit E pada gandum misalnya sangat baik unutk pertumbuhan janin. Dengan karbohidrat yang cukup maka bunda tetap dapat berkatifitas seperti biasa walaupun sedang hamil.

2. Makanan berprotein tinggi

daging dan telur
daging dan telur

Kebutuhan akan protein mutlak terpenuhi oleh ibu hamil karena menyangkut tumbuh kembang janin yang sedang dikandung. Sebagai zat pembangun atau pembentuk serta memperbaiki jaringan tubuh pada janin seperti otot, tulang, mata kulit, jantung dan hati. Berperan dalam pembentukan darah, membantu pembentukan darah, cairan ketuban dan sel-sel janin agar sempurna.  Asupan protein ini dapat diperoleh diantaranya dari :

  • Telur : mengandung protein dan banyak vitamin dan choline unutk perkembangan otak bayi.
  • Ikan Salmon : mengandung omega-3 untuk kecerdasan bayi anda nantinya
  • Daging tanpa lemak : mengandung zat besi dan protein tinggi
  • Kacang-kacangan : sumber protein nabati.

Memilih makanan sumber protein harus teliti, jangan sampai mengkonsumsi daging atau telur yang tidak segar/sudah rusak. Dan makanlah dengan memperhatikan porsi yang seimbang.

3. Sayur

sayuran sehat
sayuran sehat

Makan sayur untuk ibu hamil adalah hal yang wajib. Karena kandungan nutrisi pada sayur sangat lengkap mulai dari vitamin, serat dan zat lain yang sangat dibutuhkan oleh janin maupun ibu hamil sendiri. Contoh sayuran yang baik untuk ibu hamil adalah :

  • Brokoli, mengandung antioksidan, kalsium dan asam folat untuk pertumbuhan janin.
  • Bayam, kandungan vitaminnya lengkap, vit A, vit B, vit Cdan zat besi.
  • Tomat, mengandung antioksidan tinggi dan vit C
  • Kacang polong, kandungannya antara lain vit A, asam folat dan zat besi
  • Katuk, daun katuk bagus untuk produksi ASI

Dalam penyajiannya, sayuran bisa dimakan mentah sebagai salad atau dimasak seperti biasa. Namun harus diingat pilihlah sayuran yang masih segar. Cucilah dengan bersih sebelum dimasak. Dan simpanlah di lemari es jika ada sayuran yang masih tersisa.

4. Buah-buahan

buah-buahan sehat
buah-buahan sehat

Tidak lengkap jika tidak memasukan buah-buahan ke dalam daftar makanan sehat untuk ibu hamil. Karena kandungan nutrisi yang terkandung dalam buah sangat dibutuhkan untuk ibu dan janin. Berikut kami merekomendasikan beberapa jenis buah untuk konsumsi harian bunda :

  • Alpukat, kandungan lemak tak jenuh pada buah ini sangat baik unutk kesehatan, apalagi yang sedang mengandung. Vit B, vit E dan vit K pada alpukat juga sangat dibutuhkan oleh ibu dan janin.
  • Buah Berry, kandungan vit C yang tinggi sangat diperlukan untuk kebutuhan vit harian. Selain untuk daya tahan tubh ibu hamil lebih kuat, kulit janin pun akan menjadi lebih sehat.
  • Pisang, kaya akan kalium dan kalori yang bisa dengan cepat diubah menjadi energi agar ibu hamil tidak mudah lelah
  • Jeruk, buah yang satu ini sudah pasti sering dikonsumsi karena rasa dan kandungan vit C nya

Pada dasarnya semua buah-buahan sangat baik dikonsumsi oleh bunda yang sedang hamil. Apalagi yang sedang hamil muda, bisanya sebagian ibu memfavoritkan makan buah yang bersasa asam, seperti mangga muda.

5. Susu dan produk susu

susu
susu

Karena susu mengandung banyak zat yang dibutuhkan oleh ibu hamil dan janin yang sedang dikandung seperti kalsium, magnesium, zat besi, beragam vitamin dan mineral lainnya. Sehingga konsumsi susu untuk ibu hamil haruslah terpenuhi.

Kekurangan gizi dan nutrisi yang dialami oleh bayi sejak masih dikandung beresiko janin tidak tumbuh dan berkembang dengan baik sehingga bisa lahir dalam keadaan cacat.

Banyak pabrikan pengolah susu mengeluarkan susu khusus untuk ibu hamil dengan aneka rasa. Hal ini bertujuan untuk memenuhi selera ibu-ibu yang sudah pasti berbeda dan menyiasati rasa mual yang kadang timbul pada sebagian ibu hamil. Inovasi para peneliti dalam menciptakan dan mengolah produk  susu ibu hamil semakin memudahkan kita untuk memilih mana yang cocok.

6. Minyak Ikan

Minyak ikan biasanya dihasilkan dari ikan kod yang hidup di laut dalam. Diekstrak dan dijadikan pil. Manfaatnya bagi tumbuh kembang otak dan mata bagi bayi anda di dalam rahaim sangat penting.

7. Cukup Air Putih

Hal paling sederhana untuk kesehatan bunda dan janin di dalam kandungan adalah minum air putih yang cukup tiap harinya. Jangan sampai dehidraasi ya Sahabat, karena sangat berbahaya bagi sang buah hati.

Memang terkadang kita manganggap minum air putih  adalah hal yang tidak terlalu penting, nyatanya fungsi air di dalam tubuh kita sangat dominan karena sebagian tubuh kita terdiri dari cairan.

Ingat ya bunda, sekarang apa yang bunda makan dan minum juga menjadi sumber makanan dan minuman unutk sang buah hati di dalam rahim.

Hindari dalam masa kehamilan

stop merokok
stop merokok

Setelah membahas makanan dan minuman yang direkomendasikan untuk tumbuh kembang bayi bunda dalam kandungan. Maka berikut ini sebaliknya, yang harus Sahabat cantik hindari ya. Apa saja? ini daftarnya :

  • Alkohol

Segala jenis makanann dam minuman yang mengandung alkohol, maka wajib untuk masuk daftar yang harus dihindari. Ibu hamil yang mengkonsumsi alkohol selain membahayakan dirinya sendiri juga sangat membahayakan tumbuh kembang janin. Akibat burknya seperti keguguran, kelahiran prematur, bayi lahir cacat. Dan tidak maksimalnya fungsi dari organ tubuh bayi.

Jadi mulai untuk menyayangi diri sendiri dan sang buah hati dengan meninggalkan kebiasaan mengkonsumsi alkohol bagi Sahabat yang sebelumnya sudah terlanjur ya.

  • Kafein

Batasi asupan kafein buat ibu hamil, apalagi yang sudah terbiasa minum kopi misalnya. Batasi asupan kafein tidak melebihi 300 mg/hari.

  • Rokok

Merokok sudah jelas merugikan kesehatan bagi siapapun, bahkan yang tidak merokok sekalipun akan menderita jika terpaksa menghirup asap rokok. Maka sudah pasti untuk ibu hamil untuk mengindari terpapar asap rokok apalagi menjadi perokok aktif.

Di kemasan rokok sudah dituliskan peringatan untuk tidak digunakan ibu hamil karena bisa menimbulkan gangguan kehamilan dan janin.

Demikianlah beberapa daftar makanan ibu hamil yang dapat dipilih, demi kesehatan bunda dan janin yang sedang dikandung.

Kesimpulan

Sahabat bunda yang sedang hamil membutuhkan perhatian dan perlakuan khusus. Apalagi makanan dan minuman yang bunda konsumsi adalah sumber makanan bagi sang buah hati yang sedang dikandung. Konsultasikan dengan ahli gizi tentang apa yang harus dikonsumsi, apa yang harus dihindari dan berapa porsi yang dibutuhkan per harinya.

Terus semangat ya buat Sahabat yang sedang hamil. Semoga kehamilan dan proses melahirkannya lancar, bayinya lahir selamat dan sehat, bunda juga bisa terus sehat…

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here