Salam Sehat Sahabat YES, semoga kesehatan dan kebahagiaan selalu menyertai kita. Karena dengan hidup sehat kita bebas berkaktifitas dan mewujudkan semua cita-cita. Namun, bagaimana jika anda atau salah satu keluarga sakit, terutama anak-anak? Pasti orang tua akan sangat khawatir dan melakukan segala usaha demi kesembuhan sang buah hati. Pada artikel kali ini kami akan membahas obat sariawan anak, supaya mereka tetap bisa ceria dan anda sekeluarga bahagia.

saraiwan pada anak
saraiwan pada anak

Sariawan pada dasarnya bisa diderita siapa saja, laki-laki, perempuan, tua, atau muda. Namun sangat jarang terjadi pada bayi. Sariawan itu sendiri adalah luka pada kulit di area mulut, bisa di bibir, gusi atau lidah. Ukurannya  memang kecil dan dangkal namun rasa nyeri yang ditimbulkan sangat terasa, apalagi ketika mengunyah. Luka tersebut juga sering disertai pembengkakan yang menambah rasa tidak nyaman.

Sariawan bukan penyakit menular. Luka ini bisa terjadi karena seseorang kekurangan vit C, vit B12 dan atau asam folat. Dapat juga diakibatkan oleh infeksi bakteri atau kuman yang disebabkan malas gosok gigi. Kurang minum air putih juga sedikit banyak dapat menimbulkan sariawan dan bibir kering seperti gejala panas dalam. Penyebab dari luar seperti luka akibat tergigit, terjatuh atau karena gosok gigi yang terlalu keras bisa mengakibatkan luka pada rongga mulut. Apalagi anak-anak yang sangat aktif bermain.

anak menderita karena sariawan
anak menderita karena sariawan

Jika anak anda menderita sariawan maka ada banyak pilihan untuk bunda mengobatinya. Yang paling praktis tentunya membeli obat sariawan yang banyak tersedia di apotek. Bentuk obatnya ada yang dioles atau dikumur. Tinggal dilihat saja aturan pakainya, dosis unutk dewasa dan anak-anak pastinya berbeda.

Meskipun sudah ada obat sariawan anak dengan pilihan aroma menarik, terkadang orang tua kesulitan ketika harus mengobati sariawan anaknya. Anak-anak biasanya takut oleh rasa perih yang terjadi saat sariawannya diobati. Jika sariawan pada anak berlanjut, maka segera bawa dan periksakan ke dokter anak. Supaya mendapat pengobatan dan perawatan yang sesuai.

Obat sariawan anak yang alami namun berkhasiat

Mengobati sariawan pada anak anda sebaiknya menggunakan bahan alami, karena akan lebih mudah dipraktekan dari pada pengobatan menggunakan obat modern. Berikut akan kami sampaikan bahan alami di sekitar anda yang berkhasiat untuk meredakan rasa sakit akibat sariawan. Bahan yang digunakan aman untuk anak-anak karena semua alami :

madu untuk mengobati sariawan pada anak
madu untuk mengobati sariawan pada anak

1. Madu

Sifat madu yang merupakan antiradang dan antibakteri alami berkhasiat bahkan ampuh untuk mempercepat penyembuhan luka akibat sariwan. Di samping itu, rasa madu yang manis akan mengurangi rasa perih ketika dioleskan pada luka. Anak-anak akan lebih suka madu dari pada obat sariawan pabrikan. Cukup dioleskan pada luka di mulut, ulangi beberapa kali sampai sariawannya kering.

2. Garam

Berkumur dengan air garam bisa dilakukan secara rutin, terbukti ampuh mempercepat proses penyembuhan sariwan. Garam juga bisa mencegah infeksi bakteri karena merupakan antibakteri alami.

Larutkan setengah sendok teh garam ke dalam segelas air hangat lalu suruh anak anda berkumur dengan larutan tadi selama satu menit. Ulangi 2-3 kali sehari.

3. Lidah Buaya

Gunakan daging lidah buaya (bagian dalam berwarna putih dan berair/getah) untuk ditempelkan ke bagian yang luka. Potong dan iris tipis daging lidah buaya supaya memudahkan ketika ditempelkan ke sariawan anak anda.

Ulangi beberapa kali dan terus dampingi ya Sahabat. Jangan biarkan anak memotong-motong sendiri lidah buayanya.

4. Kelapa

Rasa dari air kelapa dan buah kelapa muda pasti disukai oleh anak-anak. Ternyata kelapa berkhasiat untuk meredakan sariawan loh Sahabat. Selain dikonsumsi secara langsung, untuk mengobati luka bisa dengan cara mencampur sedikit madu dengan minyak kelapa. Lalu oleskan dan ulangi beberapa kali.

5. Daun Kemangi dan atau Daun Seledri

Mengunyah daun kemangi dan atau daun seledri sama-sama berkhasiat mempercepat penyembuhan luka sariwan. Namun rasa yang mungkin tidak disukai oleh anak-anak memang menjadi tantangan buat orang tua. Bujuk dengan halus agar anak anda mau mengunyah salah satu daun ini untuk kesembuhan. Jika dirasa sulit bisa memilih alternatif yang lain ya Sahabat, jangan dipaksakan…

6. Kompres Es Batu

Menempelkan es batu pada luka sariwan dapat menggurangi rasa sakit yang diderita. Memang bukan obat utama sariawan, namun bisa membantu meredekan rasa sakit, sehijngga anak anda tidak rewel karena sakit yang sedang dirasakan.

Penggunaan es batu untuk meredakan sariawan cukup mudah karena anak-anak bisanya senang makan es. Tapi perhatikan dengan seksama ya Bunda, karena terlalu banyak mengkonsumsi es bisa mengakibatkan demam pilek.

Mencegah sariawan pada anak

Kegemaran anak-anak salah satunya sudah pasti jajan. Sayangnya, jajanan yang dimakan anak banyak sekali yang sebenarnya tidak baik untuk kesehatan. Akibatnya anak-anak lebih rentan sakit karena makanan, salah satunya adalah sariawan. Banyak cara untuk mencegah anak anda menderita sariawan, diantaranya :

vitamin C mencegah sariawan
vitamin C mencegah sariawan
  • Persiapkan menu makanan sehat yang cukup gizi dan berimbang. Sudah menjadi kewajiban orang tua untuk menyediakan makanan sehat, serta menjamin kesehatan dan tumbuh kembang anak. Sehingga anak tidak mudah sakit.
  • Bekali cemilan sehat ketika berangkat sekolah sehingga anak tidak jajan sembarangan. Kebiasaan ini bisa menghindarkan anak dari berbagai resiko penyakit termasuk sariawan.
  • Hindarkan anak dari makanan terlalu pedas. Batasi juga konsumsi es, dan makanan manis.
  • Berikan suplemen multivitamin khusus untuk anak jika dinilai perlu. Pemberian multivitamin selain akan menjaga daya tahan tubuh juga membantu tumbuh kembang anak anda.
  • Biasakan anak-anak untuk rajin menggosok gigi secara rutin, minimal 2 kali sehari. Pilih sikat gigi yang lucu dan pasta gigi rasa buah yang disukai anak anda..

Namun jika sariawan yang diderita anak-anak anda tidak sembuh setelah beberapa hari segera bawa ke dokter untuk mendapatkan perawatan sebelum lukanya lebih meningkat.

biasakan anak anda rutin menggosok gigi
biasakan anak anda rutin menggosok gigi

Kesimpulan

Setiap orang tua pasti menginginkan anak-anaknya tumbuh sehat dan ideal. Menerapkan pola hidup sehat di dalam keluarga harus menjadi kebiasaan sehari-hari. Lakukan segala usaha yang terbaik demi kesehatan keluarga terutama anak-anak. Awasi dan selalu perhatikan apa yang dimakan, diminum, dan dikerjakan anak anda terutama ketika sedang berada di luar rumah seperti sekolah atau tempat les. Tidak semua pedagang jajanan menerapkan standar kesehatan yang baik atau menggunakan bahan yang berkualitas jadi lebih baik bekali anak anda makanan/cemilan buatan sendiri yang lebih terjamin.

Sediakan kotak obat di rumah dan simpan di tempat sesuai petunjuk unutk antisipasi jika anggota keluarga anda terserang penyakit, tentunya obat-obatan yang dijual bebas ya sahabat, bukan obat resep dokter. Tanam juga tanaman-tanamn berkhasiat obat di sekitar rumah anda. Untuk pengobatan yang lebih alami.

Perkenalkan anak anda dengan obat/herbal yang berasal dari alam di sekitar kita sejak dini. Bisakan dari kecil untuk menggunakan bahan yang disediakan alam untuk pengobatan atau perawatan kesehatan tubuh. Semoga bermanfaat ya Sahabat semua…

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here