Salam Sehat Sahabat YES. Tidak terasa sudah di bulan Oktober saja ya Sahabat, sebentar lagi kita yang tinggal di Indonesia akan memasuki musim hujan. Itu berarti sekarang sedang dalam masa pancaroba alias masa peralihan cuaca dari musim kemarau ke musim penghujan. Di musim pancaroba ini banyak sekali resiko penyakit yang bisa menyerang siapa saja. Nah kali ini kita akan bahas tentang bagaimana keluarga sehat mempersiapkan diri menuju musim hujan.

Mempertahankan kesehatan keluarga di musim pancaroba memerlukan beberapa perhatian khusus. Maka berikut ini beberapa tips yang mudah dilakukan namun sangat efektif untuk menjaga keluarga sehat supaya tetap  fit di musim hujan.

Musim Hujan
Musim Hujan

Tips mudah untuk keluarga sehat Indonesia di musim pancaroba menuju musim penghujan :

1. Pola makan sehat yang teratur dan berimbang

Menjaga pola makan dengan menu makanan sehat dan kandungan gizi berimbang harus diterapkan dalam kehidupan sahabat sekeluarga setiap hari terlebih di musim pancaroba menuju musim hujan. Perbanyak mengkonsumsi makanan yang mengandung probiotik, antioksidan dan vitamin yang tinggi karena dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh.

2. Istirahat yang cukup dan benar

Selain tercukupi waktu istirahat/tidur, kenapa harus benar?. Ya karena berdasarkan penelitian bahwa ada siklus di dalam tubuh yang sudah sangat teratur. Dalam kaitannya dengan tidur yang benar maka waktu yang baik adalah di awal malam sampai sebelum fajar. Karena saat itu proses detoksifikasi atau pengeluaran racun secara alami dari dalam tubuh kita. Selain itu siklus tidur sebaiknya teratur supaya jam biologi di tubuh kita tidak berubah-ubah.

3. Olah raga di musim hujan

Ketika hujan turun terus menerus maka biasanya kita malas berkaktifitas dan lebih memilih bermalas-malasan. Namun hal ini akan membuat kebugaran tubuh Sahabat menurun. Untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh tetap fit, maka olahraga atau  aktifitas fisik tetap harus dilakukan. Meskipun cuaca sedang hujan anda masih bisa melakukan olahraga ringan di dalam ruangan atau rumah. Lakukan bersama seluruh anggota keluarga supaya lebih menyenangkan.

sedia payung sebelum hujan
sedia payung sebelum hujan

4. Sedia peralatan penunjang aktifitas di musim hujan

Peribahasa yang sudah sangat terkenal saat musim hujan tiba “Sedia payung sebelum hujan”, memang sangat penting untuk dilakukan dalam arti sebenarnya. Mempersiapkan segala sesuatu yang dapat menunjang tetap lancarnya aktifitas ketika musim hujan harus mulai dari sekarang.

  • sediakan beberapa payung di rumah,
  • jas hujan yang sesuai standar untuk berkendara dengan motor,
  • cek kelengkapan dan keamanan kendaran (kondisi ban, rem, dan lainnya)
  • cek atap rumah dari kebocoran dan segera perbaiki jika ada sebelum hujan turun

5. Manajemen stress harus lebih baik.

Dengan cuaca yang berubah-ubah, maka pastinya banyak agenda /rencana yang terhambat, tertunda atau bahkan batal. Apalagi jika rencana itu sangat penting karena berhubungan dengan pekerjaan. Pastinya tingkat stress bisa meningkat dengan kacaunya rencana yang sudah disusun. dengan seringnya stress maka resiko terkena penyakit semakin besar karena biasanya ketika stress akan mempengaruhi pola hidup yang lain. Maka manajemen stress sangat diperlukan supaya tetap tenang menghadapi kondisi cuaca berubah-ubah. Buatlah beberapa rencana cadangan untuk mengantisipasi situasi dan kondisi yang tidak menentu.

6. Mandi setelah kehujanan

Meskipun kondisi sudah kedinginan setelah kehujanan, namun mandi untuk membersihkan badan harus dilakukan. Hal ini untuk membersihkan badan dari air hujan yang mengandung polutan seperti debu dan partikel mikro lainnya yang menempel ke tubuh kita ketika kehujanan. Apalagi jika kita kehujanan di awal-awal musim karena kemarau yang cukup lama membuat udara berdebu dan ketika hujan turun maka partikel debu itu akan tersapu air hujan lalu menempel di tubuh sehingga bisa menimbulkan banyak resiko gangguan kesehatan. Selain itu mandi setelah basah kuyup akan membantu menstabilkan temperatur tubuh.

7. Minum air putih yang cukup

minum air putih
minum air putih

Saat musim hujan maka suhu udara akan turun dan cuaca jadi adem, sehingga kita merasa tidak perlu minum air putih. Faktanya saat cuaca menjadi dingin, tubuh merespon dengan menaikan suhu tubuh supaya tetap seimbang. Hal ini menyebabkan produksi urine meningkat. Bukannya saat cuaca dingin kita sering buang air kecil ?. Dengan minum air putih yang cukup kita bisa terhindar dari dehidrasi dan air putih akan membuat metabolisme di dalam tubuh kita berjalan normal.

8. Minum suplemen tambahan bila dirasa perlu

Membantu daya tahan tubuh dengan mengkonsumsi suplemen makanan atau multivitamin saat musim pancaroba menuju musim hujan akan membantu tubuh kita lebih kuat. Namun konsumsi suplemen harus cermat dan sebaiknya dikonsultasikan lebih dulu dengan dokter atau ahli gizi. Begitu juga untuk anak-anak anda, pilihkan suplemen yang tepat sesuai usia dan kebutuhannya. Karena anak kecil biasanya malah senang ketika hujan turun, dan memilih bermain hujan-hujanan di luar. Persiapkan juga stok obat di rumah ya Sahabat.

9. Memakai pakaian yang kering dan tebal

Masalah klasik di musim hujan pastinya dialami semua keluarga sehat adalah cucian yang susah kering. Bagi anda yang mempunyai mesin cuci berpengering pasti akan terbantu ketika mengeringkan cucian. Namun bagi yang belum punya maka triknya adalah dengan mencuci secara nyicil, jangan tunggu cucian menumpuk dulu ya Sahabat. Biasanya anak kos yang mencucinya seminggu sekali, seperti admin dulu waktu jadi anak kos. Hehe… Selalu gunakan pakaian kering dan tebal supaya terlindung dari suhu dingin.

10. Persiapkan lingkungan sehat

Dengan datangnya musim penghujan maka banyak resiko untuk kesehatan diri dan keluarga termasuk lingkungan. Gotong royong bersama warga membersihkan lingkungan, saluran air dan rumah tempat tinggal kita. Supaya tercipta kesehatan lingkungan terhindar dari banjir, wabah penyakit dan gangguan kesehatan lainnya.

Dengan menjalankan tips diatas kita berharap kesehatan diri dan keluarga sehat tercinta akan tetap terjaga. Lingkungan juga jadi terawat tidak menjadi sarang kuman dan penyakit. Maka harapan mewujudkan keluarga sehat dan bahagia dengan lingkungan bersih terjaga akan terwujud.

Penyakit yang banyak menyerang di musim penghujan seperti :

ilustrasi demam pilek
ilustrasi demam pilek

Flu atau Influenza

Penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus Influenza ini paling sering diderita saat musim pancaroba dan musim hujan. Hal ini dikarenakan penyebarannya yang mudah melalui bersin, atau bersentuhan dengan benda yang telah terkontimanasi.

Demam berdarah

Dengan banyaknya genangan membuat perkembangbiakan nyamuk ikut meningkat hal ini biasanya diikuti dengan banyaknya orang yang terkena demam berdarah. Menjaga kebersihan lingkungan bisa mencegah penyebaran penyakit ini. Bagi yang sudah merasakan gejala demam berdarah, segeralah periksakan ke dokter sebelum terlambat.

Diare

Penyakit yang menyerang sistem pencernaan ini disebabkan oleh bakteri seperti E coli, lingkungan yang kotor bisa menjadi sarang bakteri dan kuman. Makanan yang dikonsumsi juga bisa menjadi perantara bakteri masuk ke dalam tubuh dan mengakibatkan gangguan kesehatan.

Tipes (Demam Tipoid)

Penyakit yang disebabkan oleh bakteri Salmonella thyphi atau Salmonella paratyphi, dikenal dengan tipes merupakan penyakit yang harus mendapatkan pengobatan segera sebelum menyebabkan gangguan serius. Lingkungan  dan makanan kembali menjadi faktor penting penyebaran penyakit ini.

Leptospirosis

Penybearannya melalui tikus yang telah terkontaminasi bakteri Leptospira interrogans. Saat musim hujan penyakit ini banyak tersebar melalui genangan air akibat banjir. Hal ini sering terjadi terutama di kota-kota besar yang lingkungannya kotor dan rawan banjir. Kesadaran warga akan kesehatan dan kebersihan lingkungan sangat penting untuk menghindari ancaman penyakit ini.

Itulah beberapa penyakit yang sering menyerang ketika musim penghujan tiba. Selalu waspada agar anda tidak terkena salah satunya ya Sahabat.

selalu waspada di musim hujan
selalu waspada di musim hujan

Kesimpulan

Memasuki musim pancaroba berarti bersiap memulai musim penghujan.  Hujan adalah berkah dan nikmat bagi seluruh penghuni bumi. Sangat banyak manfaat kiyang dirasakan ketika hujan turun. Namun demikian, disamping berkah dan nikamt, hu jan juga membawa resiko bagi kesehatan diri dan lingkungan jika kita tidak mempersiapkan diri dengan baik. Banyak sekali kerugian yang dapat ditimbulkan akibat kurang waspada dan kurang peduli terhadap alam. Kesadaran dan kebiasaan menerapkan pola hidup sehat sangat penting demi terwujudnya keluarga sehat dan bahagia, lingkungan asri dan bersabahat.

Demikianlah Sahabat tips mudah namun sangat bermanfaat untuk menghadapi musim penghujan. Jangan lewatkan artikel lainnya dari kami mengenai informasi kesehatan, tips dan trik, informasi obat tradisional dan pembahasan tentang penyakit secara mendalam.  Semoga Kami selalu bisa menjadi bagian dari senyum hangat Sahabat dan keluarga di tengah dinginnya udara.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here