lingkungan sehat

Salam sehat Sahabat YES, kembali bersama kami di artikel tips dan informasi kesehatan untuk anda, keluarga dan lingkungan sekitar. Lingkungan? Yups,,,karena kita pasti tinggal di suatu lingkungan bukan?. Setiap orang pasti mengharapkan untuk bisa hidup sehat dan bahagia, tapi bagaimana bisa terwujud jika kita tinggal di lingkungan yang tidak sehat? baca sampai selesai ya Sahabat untuk mengetahui bagaimana lingkungan sehat dan rumah sehat itu.

Menjaga kesehatan diri sendiri sangat penting, memperhatikan kesehatan dan kebersihan keluarga sama pentingnya, lalu bagaimana dengan lingkungan sekitar kita biasa beraktifitas?

Lingkungan Sehat Tanggung Jawab Semua

lingkungan shat
lingkungan shat

Dikutip dari Kamus Besar Bahasa Indonesia bahwa “lingkungan” adalah daerah (kawasan dan sebagainya) yang termasuk di dalamnya,  semua yang mempengaruhi pertumbuhan manusia dan lainnya. Jadi yang dimaksud lingkungan sehat adalah lingkungan yang mendukung terciptanya individu warga, serta masyarakat yang sehat.

Sangat jelas pengaruh lingkungan bagi kesehatan dan kebahagiaan orang-orang yang berada di area tersebut. Lingkungan sehat yang bersih, asri, dan sejuk akan menciptakan kenyamanan bagi warga untuk berkatifitas.

Di lingkungan yang sehat tidak ada sampah yang berserakan apalagi di saluran air, binatang-binatang liar yang dapat membawa penyakit bagi manusia, zat kimia berbahaya bagi manusia dan mahluk hidup lainnya, serta bebas limbah dan berbagai polusi

Tentunya menjadi tanggung jawab semua untuk menjaga dan merawat lingkungan agar tetap bersih dan sehat, baik itu pemerintah dan warga masyarakat. Saling gotong royong sesama warga dalam kepedulian terhadap lingkungan didukung aturan yang ketat dari pemerintah mengenai tata ruang dan kebersihan merupakan kunci dari terciptanya lingkungan yang sehat dan nyaman.

Untuk mewujudkan terciptanya lingkungan hidup yang sehat maka beberapa aspek berikut ini harus diperhatikan :

1. Ketersediaan tempat sampah

Permasalahan yang ditemui di hampir semua tempat di Negara kita ini adalah : sampah. Yups, kita bisa lihat baik di desa apalagi di kota besar, sampah selalu menjadi hal yang menyebabkan banyak permasalahan.

Sampah berserakan dimana-mana akan menjadi sarang kuman yang akan menjadi bibit berbagai penyakit. Sampah yang menyumbat aliran air pasti akan menyebabkan banjjir jika tidak segera dibersihkan. Banyak lagi kerugian yang akan ditimbulkan akibat kurang sadarnya masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan. Kebanyakan orang tidak peduli akan akibat buruk yang dapat timbul dikemudian hari disebabkan ulah mereka sendiri.

Minimnya lokasi pembuangan sampah dan masih tertinggalnya teknologi pengolahan sampah kita dibanding Negara lain, sebenarnya bukan alas an jika semua sadar akan pentingnya lingkungan yang bersih.

Sahabat YES jangan jadi orang yang suka buang sampah sembarangan ya, buanglah di tempat yang sudah disediakan dan pilahlah sampah sesuai kategori organik atau anorganik. Mari tingkatkan kesadaran akan keberlangsungan bumi yang kita tinggali ini. 

2. Pengelolaan limbah rumah tangga

sampah rumah tangga
sampah rumah tangga

Seperti halnya sampah, limbah rumah tangga juga perlu penanganan serius sebelum menjadi permasalaha. Air buangan dari kamar mandi rumah warga harus diolah supaya tidak mencemari lingkungan. Setiap rumah sebaiknya memiliki iseptic tank sendiri yang jarajnya cukup jauh dari sumur air bersih jika di daerah tersebut terdapat sumur.

Pembuangan limbah rumah tangga yang tidak tepat akan menimbulakn penyakit dan memperkumuh lingkungan sehingga tidak nyaman untuk ditinggali. 

3. Ketersediaan Air Bersih

Ketersediaan air bersih merupakan hal wajib yang haru dipenuhi oleh lingkungan sehat. Karena sebagian besar aktifitas warga membutuhkan air, begitu juga untuk kelangsungan kehidupan di lingkumngan tersebut.

Semua warga bertanggung jawab menjaga kelestarian sumber air dengan merawat dan memanfaatkan sewajarnya, jangan dieksploitasi berlebihan karena akan merusak ekosistem yang baik.jauhkan sumbeer air bersih dari kemungkinan tercemar limbah apapun, demi kesehatan semua. 

4. Ketersediaan sumber makanan sehat

Selain air bersih tentunya Sahabat semua juga membutuh kan makanan untuk menunjang segala aktifitas. Di suatu lingkungan sumber makanan dan minuman haruslah terjaga kebersihan dan kualitasnya sejak dipanen sampai siap untuk dikonsumsi.

Tersedianya beragam makanan akan menyehatkan warga karena asupan gizi dan nutrisi yang terpenuhi. Selain itu warag juga akan lebiih bahagia kaena ketersediaan pangan yang cukup untuk semua.

Pemberdayaan masyarakat untuk mempersiapkan makanan bisa dengan cara memanfaatkan lingkunjgan sekitar, contohnya menanami tanah kosong atau pelataran dengan tanam sayur yang mudah ditanam. Pengarahan terhadap masyarakat akan pentingnya pola hidup sehat, diperlukan untuk menunjang keberhasilan terciptanya lingkungan sehat.

5. Mengendalikan Binatang di Sekitar Lingkungan

Banyak orang yang senang memelihara binatang peliharaan, namun harus benar-benar dalam hal merawat dan menjaganya. Kenapa? Karena binatang adalah mahluk yang bisa menyebarkan penyakit atau membawa bibit penyakit di tubuhnya kemudian ditularkan kepada manusia.

Menjadi sangat penting untuk menjaga lingkungan sehat, pengendalian binatang ternak dan binatang liar. Seperti kebersihan lingkungan sehat dari nyamuk, kecoa atau tikus, yang kesemuanya bisa menjadi perantara penyakit menular.

Bagi Sahabat yang tinggal di pedesaan biasanya banyak warga memelihara binatang ternak seperti ayam, kambing, dan sapi. Maka penataan kandangnya haruslah jauh dari area pemukiman untuk tetap menjaga lingkangan bersih dan tidak tercemar.

6. Menjaga Lingkungan Sehat dari Pencemaran

lingkungan sehat (6)
lingkungan tercemar

Lingkungan yang sehat sudah pasti harus terbebas dari segala macam polusi dan limbah berbahya. Semua masyarakat harus peduli dan bersama – sama menjaga lingkungan tempat tinggalnya dari polusi baik itu tanah, air maupun udara.

Indikator lingkungan sehat dapat kita rasakan dan lihat dari kualitas air, udara dan tanah yang tidak menunjukan ciri-ciri telah tercemar. Contoh air yang telah tercemar adalah perubahan pada warna, dan bau,demikian juga dengan udara. Pada tanah pencemeran bisa dilihat dari banyaknya timbunan sampah anorganik sehingga tumbuhan pun tidak bisa tumbuh di tempat tersebut.

7. Fasilitas umum yang layak dan cukup

Di kawasan padat penduduk dengan tingkat perekonomian menengah kebawah, biasanya keadaan lingkungan tidak begitu baik, maka dari itu perlu dibangun sarana umum yang mampu mencukupi kebutuhan warga di daerah tersebut. Pembanguan sarana mandi, cuci kakus (MCK) yang layak akan membantu masyarakat dalam mewujudkan lingkungan sehat walau dalam lingkungan yang padat sekalipun.

Penyediaan tempat sampah umum juga harus dilakukan di banyak tempat, karena semakn padat lingkungan semakin banyak orang, otomatis akan menghasilkan sampah yang besar juga.

Kesadaran bersama harus terus dipelihara untuk terwujudnya kenyamanan dan kebahagiaan di lingkungan tempat tinggal kita ya Sahabat.

8. Kurangi polusi suara

Di lingkungan perumahan yang aman, nyaman, asri, sejuk dan tenang, warganya akan cenderung lebih sehat dan bahagia dibanding yang bertempat tinggal di daerah yang penuh polusi. Itulah mangapa pemerintah seharusnya melakukan tata ruang kota yng tepat, agar tercipta lingkungan yang  baik.

Jauhkan mesin-mesin dari area pemukiman penduduk supaya tidak terjadi polusi suara yang akan mengganggu ketenangan warga masyarakat,

Penataan area pemukiman, industri, pertanian dan pertambangan mutlak dilakukan supaya semua kehidupan berjalan selaras. Kita tentu ingin anak-anak tumbuh dan berkembang di lingkungan yang suasanya menyenangkan, damai dan penuh harapan bukan?

9. Ciptakan suasana yang harmonis

lingkungan sehat
lingkungan sehat

Untuk menciptakan lingkungan yang sehat, bukan hanya fisiknya saja yang harus terjaga dan terawat, tapi mental dan pikiran warganya pun harus terjaga. Tinggal di lingkungan yang menyenangkan, bersih, warganya ramah dan gotong royang masih terjaga akan membantu kesehatan jiwa. Sehingga tidak mudah stress dan meningkatkan kemungkinan panjang umur.

Harus ada keselarasan antara alam dan manusia, sehingga tercipta lingkungan sehat lahir dan batin. Pasti Sahabat YES betah kan tinggal di lingkungan seperti itu?

Itulah beberapa aspek yang harus diperhatikan seluruh warga untuk lingkungan tempat tinggal mereka. Menjadi tanggung jawab semua ya agar sehat dan bahagia.

Tapi sebelum mewujudkan lingkungan yang sehat, maka hal yang terpenting adalah dengan memulai dari rumah. Yups,,,Sahabat kan memulai semua aktifitas dari rumah bukan? Dan di sanalah semua orang yang kita cintai tinggal. Maka berikutnya akan kita akan baca tentang bagaimana rumah Sahabat bisa disebut rumah sehat ?

Mulai dari Sahabat terbangun dari tidur, pastinya kebersihan dan kenyamanan kamar tidur haruslah baik. Kemudian rumah yang merupakan tempat semua keluarga berkumpul haruslah sehat, bersih dan rapi. Sehingga semua penghuni bisa hidup sehat dan bahagia. Hal ini tentunya menjadi tanggung jawab semua anggota keluarga untuk tetap menjaga kebersihan, kenyamanan dan kesehatan rumah.

Bagaimana mungkin kita bisa sehat dan bahagia sementara rumah yang tiap hari kita tinggali kotor dan berantakan. Nah berikut ini beberapa hal yang harus diperhatikan supaya rumah kita masuk kategori rumah sehat ya Sahabat

Ciri dan Karakter Rumah Sehat

10. Lokasi di lingkungan yang sehat

lingkungan sehat (3)
lingkungan sehat

Memilih lokasi rumah untuk tempat tinggal keluarga sangat penting loh Sahabat. Karena sebagian besar hidup kita dihabiskan di rumah, usahakan memilih lokasi yang strategis dan sehat tentunya. Lingungan rumah yang terbuka, tidak terlalu padat sehingga aliran udara lancar dan pasokan sinar matahari tercukupi.

Lokasi rumah sehat haruslah berada di daerah yang diperuntukan untuk kawasan perumahan tempat tinggal, bukan area industri atau pertambangan. Hal ini dimaksudkan untuk mengurangi dampak polusi dan kebisingan akibat lingkungan sekitar.

Beruntunglah orang-orang yang tinggal di pedesaan karena lingkungan yang masih asri dan alami sangat baik uintuk semua penghuni rumah. Banyaknya pepohonann hijau memasok oksigen dan mengkondisikan suhu di sekitar rumah menjadi adem.

11. Tersedianya sumber air bersih

Sebagai faktor utama dalam kehidupan, air memiliki banyak manfaat bagi anda sekeluarga. Terjaminya pasokan air bersih untuk dikonsumsi dan beragam keperluan sehari-hari akan membuat semua penghuni sehat dasn bersih.

Jadi sudah semestinya setiap rumah memiliki sumber air bersih yang layak untuk semua kegiatan. Bisa dengan berlangganan air dari perusahaan air minum, atau membuat sumur yang dijaga kebersihannya. Lagi-lagi orang yang tinggal di daerah pedsaan lebih diuntungkan dengan tersedianya sumber-sumber mata air.

12. Rumah sehat yang Nyaman dan Aman

Memilih material untuk membangun rumah tentunya haruslah dengan cermat, sehingga rumah yang sudah jadi nantinya bisa didiami dengan aman dan nyaman.hindari penggunaan bahan bangunan yang bisa menimbulkan bahaya bagi keluarga, seperti bahan yang kualitasnya tidak bagus atau yang mengandung zat kimia berbahaya.

Konsultasikan dengan ahli bangunan atau arsitek tentang apa saja bahan banguunan yang baik atau tidak. Supaya tidak menyesal setelah membangun dan keluar biaya banyak, ternyata kualitas bangunan tidak aman.

Dengan tinggal di rumah yang aman dan nyaman akan memberikan rasa bahagia bagi keluarga, bebas kekhawatiran dan akan menjadi tempat berkumpul bagi semua anggota ke;luarga setelah beraktifitas masing-masing.

13. Bebas banjir

Di daerah perkotaan yang padat penduduk, banjir merupakan musibah tahunan yang seringkali terjadi di musim penghujan. Jadi sebaiknya untuk membangun atau membeli rumah pastikan terlebih dahulu bahwa lingkungan sehat terjamin dan bebas banjir, baru lah Sahabat bisa mendirikan atau membeli rumah sehat di daerah tersebut.

Sangat beresiko jika memaksakan tinggal di daerah yang rawan apalagi biasa tergenang banjir, selain resiko kesehatan banyak kerugian lain yang bisa dirasakan akibat banjir. Terhambaatnya aktifitas tentu menjadi kerugian buat Sahabat bukan?

14. Pasokan Cahaya yang Cukup

lingkungan sehat
lingkungan sehat

Cahaya matahari sangat baik untuk manusia karena bisa menjadi faktor pembentukan vitamin D. Begitupun dengan rumah sehat, dengan tersinari matahari yang cukup, rumah akan bebas jamur dan kelembaban. Sehingga bagian bangunan tidak mudah lapuk dan lebih awet.

Pasokan cahaya yang melimapah masuk ke dalam rumah sehat juga sangat baik. Banyak manfaat yang kita dapatkan dari cahaya luar yang masuk, bisa hemat listrik di siang hari contohnya.

15. Rumah Sehat Memiliki Sirkulasi Udara yang Baik

Adanya sirkulasi udara yang masuk dan keluar harus terjamin jika rumah sahabat ingin dikategorikan rumah sehat. Hal ini untuk menjamin ketersediaan oksigen bagi penghuni rumah. Selain itu pergantian udara akan mengurangi pengap dan panas di dalam rumah.

Dengan lancarnya sirkulasi udara, akan menghindasrkan anda dan keluarga dari berbagai macam resiko penyakit seperti batuk dan sesak napsas.

16. Dapur yang Higienis dan Rapi

Sangat penting buat Sahabat untuk memperhatiakn dan merawat kebersihan dapur. Karena dari sini lah makanan yang akan dikonsumsi semua anggota keluarga bersal. Makanan dan minuman yang sehat merupakan faktor utama buat kesehatan, sehingga tempat memasaknya haruslah bersih dan rapi

Jangan menumpuk barang-barang yang tidak penting di dapur karena bisa menjadi sarang tikus dan kecoa. Rutin membersihkan dapur adalah hal yang harus dilakukan.

17. Sanitasi yang Baik

Rumah sehat harus memiliki sistem sanitasi yang baik, hal ini sama pentingnya dengan ketersediaan sumber air bersih. Sistem  sanitasi yang buruk berisok mengakibatkan banyak sekali penyakit dan gangguan lingkungan lainnya.

Setiap rumah sudah seharusnya memiliki system pembuangan air limbah rumahan yang sesuai dengan standar ligkungan bersih. Dan menjadi tanggung jawab semua untuk menciptakan lingkungan yang bersih dengan saling membantu untuk menyediakan sistem sanitasi yang benar.

18. Dirawat dengan Seksama

Perawatan standar harian seperti menyapu dan mengepel rumah pastinya sudah biasa Sahabat lakukan bukan? Maka ada baiknya dilakukan perwatan tambahan seperti pengasapan nyamuk demam beerdarah, menaburkan bubuk abate ke tempat penyimpanan air, pengecatan ulang tembok rumah juga bisa dilakukan secara berkala, hal ini untuk menghilangkan jamur yang mungkin muncul di dinding setelah sekian tahun.

Menanami pekarangan dengan tumbuhan obat, bunga-bungaan atau sayur-sayuran bisa dilakukan untuk mempercantik rumah sekaligus membuat lingkungan lebih asri.

Banyak lagi cara dan usaha lain untuk menjadikan rumah kita sehat dan terawat, sehingga kita bisa merasakan keamanan dan kenyamanan ketika berada di rumah. Jadikan rumah Sahabat seperti surga, seperti pepatah : rumahku, surgaku.

Kesimpulan

Dari semua uraian di atas, maka memiliki rumah sehat di lingkungan yang sehat adalah kewajiban bagi semua orang. Demi terciptanya masyarakat sehat yang bahagia. Anak-anak tumbuh dan berkembang dengan ideal sehingga masa depan bumi kita tercinta ini akan lestari selamanya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here