Salam Sehat Sahabat YES. Bahagia sekali kami kembali bisa hadir menemani keluarga sehat Indonesia. Tinggal bersama keluarga sehat dan bahagia di lingkungan yang bersih, asri dan aman pasti akan menambah kenyamanan dalam menjalani aktifitas sehari-hari. Sudah menjadi tanggung jawab semua warga untuk mewujudkan kesehatan lingkungan. Membersihkan dan menghijaukannya dengan tanaman obat.

Apotek hidup kumpulan tanaman obat

Menanam tanaman obat atau istilahnya tanaman apotek hidup sangat mudah dan tidak memerlukan media lahan yang luas. Cukup memanfaatkan pekarangan atau belakang rumah. Beberapa tanaman cukup ditanam didalam pot atau plastik polybag khusus untuk menanam yang banyak dijual di toko alat-alat pertanian.

Pilih tanah yang gembur untuk digunakan sebagai media tanam di dalam pot atau plastik polybag, lalu campur dengan pupuk kandang secukupnya. Penyiraman harus dilakukan secara rutin apalagi pada musim kemarau. Simpan di tempat yang mendapatkan sinar matahari cukup. Namun jika musim hujan telah tiba sebaiknya bagian atas ditutup oleh plastik bening yang tembus sinar matahari. Beri jarak antara satu pohon dengan pohon yang lain. Pagari apotek hidup Sahabat supaya tidak dirusak oleh gangguan binatang atau lainnya.

ilustrasi kebun tanaman obat di sekitar rumah
ilustrasi kebun tanaman obat di sekitar rumah

Memanfaatkan lingkungan sekitar sebagai apotek hidup akan memberikan banyak manfaat. Selain terlihat hijau dan indah, ketersediaan tanaman obat di sekitar kita akan mempermudah untuk bisa menjalani pola hidup sehat alami. Sehingga kita tidak lagi tergantung dengan obat-obatan kimia yang sudah pasti mempunyai efek samping ya sahabat. Pada kesempatan kali ini akan kami berikan informasi tentang tumbuhan apa saja yang dapat Sahabat tanam di lingkungan dan berkhasiat obat. Untuk cara menggunakan bahan alami di sekitar kita dan manfaatnya akan dibahas secara mendetail di artikel masing-masing.

1. Jenis tumbuhan umbi atau rimpang yang berkhasiat obat :

Berikut ini beberapa tanaman obat yang dimanfaatkan umbinya atau rimpangnya sebagai obat atau sebagai bumbu masakan. Penanamannya mudah yaitu dengan menanam potongan umbi yang mengandung bakal tunas. Medianya bisa di tanah langsung atau pot yang sudah dikondisikan. Beberapa diantaranya adalah :

Jahe.

jahe
jahe

Meskipun umumnya tanaman jahe ditanam di ladang dalam jumlah skala besar, namun tanaman ini bisa ditanam di pelataran atau di belakang rumah anda. Ada beberapa jenis jahe yang dapat dipilih seperti jahe merah yang berukuran kecil atau jahe gajah yang berukuran lebih besar.

Manfaat dari jahe sangat banyak seperti untuk bumbu, bahan dasar jamu tradisional,  bahan dasar minuman khas dan sudah tentu khasiat mengobati penyakit seperti : masuk angin, sakit perut, menghilangkan capek dan pegal-pegal.

Kunyit.

kunyit
kunyit

Umbi dari kunyit berwarna kunimg, sehingga di daerah Jawa Barat tumbuhan ini dikenal dengan koneng (kuning dalam bahasa Sunda). Ada banyak jenis dari tumbuhan kunyit ini yang kesemuanya berkhasiat untuk pengobatan. Selain dimanfaaatkan sebagai bahan obat dan jamu, kunyit juga sering digunakan sebagai bumbu masak.

Beberapa penyakit yang dapat disembuhkan oleh kunyit antara lain, kembung, masuk angin, dan meningkatkan napsu makan.

Kencur

kencur
kencur

Umbi dari pohon ini berukuran kecil berwarna putih dengan aroma yang khas dan rasa cukup pedas. Kencur bisa menjadi bumbu masakan, campuran sambal, bahan jamu tradisional (beras kencur) sehingga harus masuk dalam daftar tanaman yang ada di apotek hidup Sahabat. Khasiat dari kencur juga sangat baik dalam mengobati penyakit.

 

 

 

Temulawak

temulawak
temulawak

Merupakan keluarga dari kunyit dengan ukuran umbi paling besar. Manfaatnya untuk kesehatan sama baiknya dengan kunyit jadi sebaiknya temulawak masuk dalam daftar tanaman obat yang ditanam.

karena manfaatnya yang sudah terbukti dan banyak dijadikan bahan jamu tradisional. dan suplemen unutk anak-anak.

 

 

Bawang merah dan bawang putih

bawang putih
bawang putih

Keluarga bawang biasanya merupakan tanaman wajib yang ada di pekarangan. Karena mudah menanamnya dan kegunaannya yang beragam. Jadi sudah tidak perlu dijelaskan lagi manfaatnya, bukan? Tinggal ambil beberapa siung  lalu tanam di tanah/pot yang sudah disiapkan, jika belum ada di pekarangan rumah anda.

 

2. Jenis tumbuhan daun berkhasiat obat :

Berikut ini beberapa tanaman obat yang dimanfaatkan daunnya sebagai obat. Beberapa dari tumbuhan ini ada yang tumbuh liar namun bisa juga ditanam sendiri dan jadi bagian dari koleksi tumbuhan di apotek hidup Sahabat. Beberapa diantaranya adalah :

Kumis kucing

Daun Kumis Kucing
Daun Kumis Kucing

Tumbuhan ini memiliki bunga berwarna putih dan ada bagian yang panjang menyerupai kumis pada kucing sehingga disebut kumis kucing. Tingginya bisa mencapai satu meter. Banyak kegunaannya seperti untuk pengobatan asam urat, ginjal, masuk angin, dan sembelit.

ukuran tumbuhan kumis kucing yang kecil bisa ditanam pdi dalam pot atau pekarangan rumah.

 

Lidah Buaya

lidah buaya
lidah buaya

Tanaman lidah buaya hampir selalu ada di kebun obat Sahabat ya. Karena khasiat dan manfaatnya memang sudah terkenal sangat banyak seperti obat panas dalam, membantu mengatasi jerawat untuk nutrisi rambut dan daging lidah buaya bisa dimakan loh Sahabat. Lidah buaya yang berukuran besar dikupas lau bersihkan hingga tinggal daging buahnya saja yang berwarna putih, bisa dimakan bersama campuran sirup atau dijadikan manisan.

Sambiloto

sambiloto
sambiloto

Sambiloto merupakan tumbuhan daerah tropis berwarna hijau yang bisa tumbuh sampai dengan ketinggian 90 cm. bisa Sahabat tanam dipekarangan sebagai pagar hidup.  Manfaatnya juga banyak untuk kesehatan seperti penyakit asam urat, memperlancar buang air kecil dan lainnya. bisa ditam di dalam pot juga loh Sahabat.

Daun Binahong

 BINAHONG
BINAHONG

Daun ini memiliki bentuk daun yang menyerupai simbol cinta berwarna hijau. Sudah dikenal berkhasiat sebagai obat alami karena mengandung vit C, flavonoid, alkaloid dan minyak atsiri.

 

 

Seledri

Seledri
Seledri

Tanaman ini selain untuk bahan obat juga buat bumbu masak. Pastinya ibu-ibu sangat senang menanam pohon seledri di pot atau pekarangan.

 

 

Kemangi

kemangi
kemangi

Sama halnya dengan seledri, kemangi juga merupakan bumbu masak terutama buat pepes, yang juga berkhasiat obat. Untuk menenam pohon ini cukup menaburkan biji kemangi dari bunganya yang telah kering. Biji kemangi ini juga bisa dijadikan obat panas dalam atau bahan campuran minuman yang dikenal dengan nama biji selasih.

Daun kemangi juga biasa buat lalapn loh Sahabat

Daun sirih

daun sirih merah
daun sirih merah

Tumbuhan yang tumbuh merambat ini dikenal mengandung khasiat obat dan sudah digunakan secara turun temurun. Ada sirih hijau dan sirih merah yang sama-sama berkhasiat. Untuk menanam sirih memerlukan media perambatan sehingga sebaiknya ditanam di belakang rumah dekat dengan pohon yang lebih besar dan tinggi. Nenek kita dahulu sering mengkonsumsi sirih secara langsung yang dicampur bahan lain.

3. Jenis tumbuhan bunga yang berkhasiat obat :

Berikut ini beberapa tanaman obat yang dimanfaatkan bunganya sebagai bahan obat alami. Beberapa diantaranya adalah :

Melati

bunga melati
bunga melati

Selain indah dan mengeluarkan aroma wangi khususnya pada malam hari. Bunga melati memiliki banyak kegunaan untuk minuman terapi bersama teh, selain itu bunga melati juga banyak dibutuhkan oleh dekorasi dan hiasan. Jadi tidak ada salahnya untuk menanam bunga melati di halaman rumah Sahabat.

Bunga Soka

bunga soka
bunga soka

Bunga yang berwarna merah berukuran kecil tapi berkelompok ini sangat mudah ditanam. Cukup dengan sistem stek maka anda sudah bida punya tanamna bunga yang menghiasi rumah sekaligus bisa mengambil manfaat dari bunganya sebagai pengobatan alami. Contohnya untuk wanita yang haidnya tidak teratru dan suka berlebih, bisa meminum air rebusan bunga dan kulit dari pohon soka.

Bunga Rosella

bunga rosella
bunga rosella

Atau dikenal dengan nama frambozen, berkhasiat untuk mencegah ginjal, diabetes, jantung coroner hingga kanker. Hal ini dikarenakan kandungan anti oksidan tinggi yang terdapat pada kelopak bunga ini.

 

Selain berkhasiat obat, juga bisa memperindah halaman kita.

4. Jenis tumbuhan buah yang berkhasiat obat.

Banyak sekali pohon buah-buahan yang selain buahnya, bagian-bagian lainnya juga mengandung khasiat obat, seperti daun, akar, atau batangnya. Memang membutuhkan lahan yang cukup luas untuk dapat menanam pohon-pohon ini. Tidak bisa di dalam pot ya Sahabat, hehe… bagi warga perkotaan cukup sulit untuk menanam sendiri mengingat terbatasnya lahan. Namun untuk Sahabat yang tinggal di pedesaan tentunya masih banayk lahan kosong yang bisa dimanfaatkan sebagai kebun buah sekaligus obat.

Dan berikut beberapa diantaranya yang kami rekomendasikan untuk ditanam di kebun Sahabat :

Sirsak atau nagka Belanda

pohon Sirsak
pohon Sirsak

Pohon ini menghasilkan buah berwarna hijau dengan daging buah berwarna putih yang rasanya manis asam dan segar. Yang berkhasiat obat selain buahnya kaya vit C adalah daunnya. Banyak penyakit bisa diatasi dengan rajin minum air rebusan daun nangka. Diantaranya asam urat dan kolesterol.

Alpukat

pohon alpukat di dalam tong
pohon alpukat di dalam tong

Buah alpukat yang sudah matang biasa dibuat jus, rasanya memang mantap. Sudah banyak penelitian yang membuktikan khasiat dari buah alpukat untuk kesehatan baik dimakan langsung maupun sebagai masker kulit.

 

Manggis

buah manggis
buah manggis

Siapa yang tidak kenal buah manggis ?, meskipun dari luar nampak hitam, namun bagian daging buahnya putih dan lembut, rasanya sangat manis. Namun tahukan Sahabat jika kandungan vitamin dan mineral pada buah manggis lebih banyak terdapat pada bagian kulitnya? Ya, ekstrak kulit manggis bahkan sudah diproduksi menjadi pil dengan manfaat yang dahsyat.

Mengkudu

Buah mengkudu
Buah mengkudu

Dikenal juga dengan istilah pace, buahnya mengandung banyak manfaat dan dapat digunakan untuk pengobatan berbagai penyakit. Daun mengkudu juga bisa diolah sebagai bahan obat alami. Bahkan daun mudanya bisa dikonsumsi untuk lalapan setelah dikukus terlebih dahulu.

Jeruk

buah jeruk
buah jeruk

Berbagai pohon jeruk dengan aneka rasa dan manfaatnya, sebaiknya ada di antara tanaman obat di kebun Sahabat ya, karena sangat banyak kegunaan dari jeruk ini. Tanamlah beberapa pohon jeruk seperti jeruk nipis, lemon, dan jeruk manis, sebagai buah sumber vitamin. Karena bukan hanya buahnya saja yang dapat dimanfaatkan, melainkan daun untuk bumbu masak.

Butuh tulisan yang sangat panjang untuk menuliskan tumbuh-tumbuhan yang berkhasiat obat. karena Negara kita Indonesia yang sangat subur dan kaya akan tanaman berkhasiat obat. Artikel ini hanya menyampaikan beberapa contoh saja yang tidak berdasarkan peringkat manfaat atau kandungan pada masing-masing tumbuhan.

Kesimpulan

Masih sangat banyak sebenarnya jenis tumbuhan lain yang tidak kalah manfaat dan khasiatnya untuk mencegah dan mengobati berbagai penyakit. Dan akan kami bahas pada kesempatan lain secara mendetail dari masing-masing tumbuhuan tersebut.

Mari Sahabat kita hijaukan lingkungan tempat tinggal kita dengan menanam tanaman-tanaman yang berkhasiat obat. Sehingga lingkungan menjadi sehat dan nyaman. Pasokan oksigen yang dihasilkan tumbuhan akan membuat suhu disekitar menjadi lebih adem. Manfaatkan halaman rumah disekitar kita dengan menanam, bisa menggunakan pot, polybag, atau ember dan kaleng cat yang sudah tidak terpakai. Dari pada menjadi sampah dan menjadi sarang nyamuk. Lebih baik digunakan sebagai media untuk menanam apotek hidup yang akan memberikan manfaat untuk kita semua.

Ikuti terus artikel-srtikel berikutnya ya Sahabat, supaya lebih banyak tahu jenis dan manfaat dari tanaman obat di sekitar kita. Sehat terus keluarga Indonesia…

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here