Salam Sehat Sahabat, sedang mencari informasi tentang obat batuk alami? Yups,,,Sahabat sedang di artikel yang benar, karena kami sekarang akan membahas tuntas tentang apa saja bahan disekitar kita yang bisa dijadikan obat batuk alami.

Penyakit batuk umumnya dibagi menjadi dua kelompok besar yaitu batuk berdahak dan batuk kering. Sehingga pembahasan obat batuk alami pun akan kami bagi dalam dua bagian yaitu obat batuk kering dan obat batuk berdahak.

Obat batuk yang beredar di masyarakat sudah sangat banyak jenis dan khasiatnya baik untuk yang berdahak maupun kering. Bentuk nya pun bermacam-macam seperti obat sirup, pil atau yang dihirup dengan aroma yang bisa melegakan tenggorokan. Setiap perusahaan farmasi sudah dipastikan memiliki obat batuk yang dijual bebas dalam jajaran produknya. Sehingga memudahkan kita untuk memilih obat batuk yang tepat, baik yang berbahan kimia maupun produk herbal modern.

ilustrasi batuk yang mengganggu
ilustrasi batuk yang mengganggu

Pengobatan setiap penyakit termasuk batuk seharunya dilakukan di fasilitas kesehatan dan ahli kesehatan di bidangnya. Supaya mendapatkan hasil pemeriksaan dan penanganan yang tepat. Pengguanaan obat batuk yang dijual bebas di toko obat atau bahkan warung biasa haruslah memperhatikan informasi penting mengenai bahan, efek samping, dan dosis pemakaian.

Lalu apaakah ada bahan alami yang dapat digunakan sebagai bahan obat batuk alami baik itu obat batuk kering maupun obat batuk berdahak? Maka jawabannya akan kami uraikan dibawah ini :

Obat Batuk Berdahak Alami

obat batuk kering dari bahan alami lebih aman dan berkhasiat
obat batuk kering dari bahan alami lebih aman dan berkhasiat

Batuk berdahak terjadi ketika produksi dahak yang berlebih dalam tubuh kita disebabkan oleh infeksi yang terjadi di paru-paru. Batuk berdahak juga merupakan gejala yang menyertai seseorang saat terkena pilek, peunomonia, sinusitis atau gejala penyakit lain seperti asma, atau bronchitis kronis. Jika tidak segera diatasi maka kondisinya akan semakin buruk. Batuk berdahak terjadi karena tubuh berusaha mengeluarkan dahak sehingga saluran pernapasan tidak terganggu.

Berikut akan kami uraikan beberapa obat batuk berdahak alami yang aman berkhasiat :

1. Minum air putih hangat

Yang paling sederhana dan mudah dilakukan ketika mengalami batuk berdahak adalah dengan minum air putih hangat. Suhu hangat dapat membantu mengencerkan dahak di tenggorokan sehingga bisa mudah keluar. Dengan membiasakan minum air hangat, maka batuk berdahak akan segera sembuh. Dengan minum air hangat juga akan membantu menurunkan suhu tubuh saat demam dibandingkan minum air dingin.

2. Jahe

Rasa hangat yang terkandung dalam jahe efektip mengencerkan dahak. Bisa dengan meminum teh jahe yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda. Ini karena jahe memiliki sifat antibakteri dan antiradang yang dapat melawan infeksi penyebab batuk berdahak. Caranya, masukkan 20 sampai 40 gram irisan jahe segar ke dalam secangkir air panas. Diamkan selama beberapa menit sebelum diminum. Bisa ditambahkan sedikit gula merah unutk menambah rasa.

3. Kunyit

Bahan alami berikutnya adalah kunyit. Caranya juga mudah yaitu dengan mencampur air perasan kunyit dengan susu atau madu, dan diminum hangat-hangat.

4. Jeruk Nipis

Sepertinya sudah menjadi kebiasaan umum bahwa jeruk nipis yang dicampur kecap adalah obat batuk berdahak yang alami dan ampuh. Anda bisa mengganti kecap dengan madu jika memang tidak terlalu suka. Minum satu sendok sebanyak  3x sehari. Ulangi sampai batuk terasa berkurang.

5. Madu

Madu untuk kesehatan
Madu untuk kesehatan

Madu merupakan bahan alam yang berkhasiat untuk banyak sekali penyakit. Termasuk meredakan batuk. Penggunaan madu sebagai obat batuk alami bisa dicampur dengan bahan lain seperti teh hangat, atau air jeruk nipis. Yang paling mudah adalah dengan minum madu secara langsung, dalam jumlah secukupnya.

6. Kemangi

Menggunakan kemangi untuk pengobatan batuk berdahak secara alami sangat mudah karena kemangi sudah biasa digunakan untuk bahan makanan atau campuran bumbu. Campurkan beberapa lembar daun kemangi ke dalam air hangat lalu minum air rendamannya.

7. Berkumur dengan air garam

Kebiasaan mudah ini juga bisa dicoba saat menderita batuk berdahak, yaitu berkumur menggunakan air garam. Terbukti efektif untuk kesehatan gigi dan mulut juga bisa membantu meredakan gejala batuk.

8. Daun Asam Muda

Campurkan segenggam daun asam muda dengan kayu manis dan sedikit gula merah lalu rebus dengan tiga gelas air sampai tersisa satu gelas. Lalu minum saat hangat. Efektif mengobati batuk berdahak.

9. Bawang Putih

Bawang putih diketahui mengandung allicin, senyawa yang dapat membantu membunuh bakteri penyebab batuk berdahak. Sifat antimikroba dan antiradang pada bawang putih dinilai ampuh melawan infeksi yang bersarang di tenggorokan. Maka, bahan yang satu ini cocok menjadi pilihan obat batuk berdahak alami.

10. Daun Sirih

Meminum air rebusan daun sirih dengan campuran jahe sudah terbukti ampuh mengatasi batuk berdahak. Ulangi setiap pagi dan petang agar tubuh tetap hangat dan segera sehat.

Itulah beberapa diantara obat batuk alami yang berbahan disekitar kita. Penggunaanya mudah dan aman, serta sudah dibuktikan secara turun temurun di masyarakat.

Obat Batuk Kering Alami

pengobatan menggunakan bahan alami lebih aman
pengobatan penyakit batuk kering menggunakan bahan alami lebih aman

Batuk kering merupakan batuk yang tidak menghasilkan dahak. Batuk jenis ini bisa diakibatkan oleh banyak hal seperti alergi, udara kotor, atau penyakit asma. Batuk kering menyebabkan gatal di tenggorokan dan batuk yang lebih sakit.

Banyak obat batuk modern yang khusus untuk mengobati batuk kering. Lalu adakah obat batuk kering alami ? Berikut beberapa diantaranya :

1. Berkumur dengan air garam

Mudah  dan paling sederhana untuk mengatasi obat batuk kering adalah dengan berkumur air garam. Air garam dapat membunuh bakteri di area mulut yang dapat menyebabkan gangguan kesehatan termasuk tenggorokan gatal. Cukup dengan melarutkan setengah sendok teh garam ke dalam segelas air lalu pergunakan untuk berkumur lakukan beberapa kali untuk membantu mengurangi batuk kering.

2. Madu

Selain dapat digunakan untuk obat batuk berdahak, madu juga efektif mengurangi jenis batuk kering. Karena sifat obat yang terkandung di dalam madu itu sendiri. Untuk penggunaannya, madu dapat dikonsumsi langsung atau dengan dicampur bahan lain seperti teh hangat.

3. Lada Hitam

Anda dapat menggunakan lada hitam sebagai obat batuk kering dengan cara merebusnya seperti teh, dan diminum hangat. Tambahkan sedikit madu atau gula merah untuk menambah rasa. Minum teh lada hitam ini bisa dilakukan 2 – 3 kali sehari sampai batuk terasa berkurang.

4. Lidah Buaya

Sifat anti inflamasi dari lidah buaya cukup baik mengatasi sakit akibat batuk kering. Kupas lidah buaya sampai bagian dagingnya lalu bersihkan. Potong kecil-kecil dan dapat dimakan langsung, atau campuran jus.

5. Bawang Mereah dan Bawang Putih

obat batuk berdahak bisa menggunakan bahan alami di sekitar kita
obat batuk berdahak bisa menggunakan bahan alami di sekitar kita

Makan secara langsung satu atau dua siung bawang merah atau bawang putih sama baiknya untuk mengurangi batuk kering. Makan di pagi dan sore hari dan rasakan manfaatnya. Tapi jangan lupa langsung gosok gigi untuk menghilangkan aroma napas tidak sedap dari bawang mentah.

6. Sup Panas

Sup panas sebaiknya dipilih sebagai lauk ketika menderita batuk kering, hal ini karena sup akan menenangkan tenggorokan sehingga batuk akan berkurang.

7. Buah Nanas

Selain rasanya yang manis dan segar, kandungan vit C nya pun cukup tinggi. Selain itu mengkonsumsi buah nanas dapat membantu melegakan tenggorokan dan mencegah peradangan di tenggorokan.

8. Menggunakan Alat Pelembab Udara

Untuk melembabkan udara sehingga penyebab batuk kering akan berkurang bisa dibantu dengan menggunakan alat pelembab udara atau air humidifier. Telah terbukti dapat mengurangi akibat batuk kering dengan menghirup udara yang telah dilembabkan.

9. Uap minyak eucalyptus

Menggunakan uap dari minyak Eucalyptus dapat mengobati batuk kering, caranya teteskan minyak eucalyptus di dalam air hangat dan hirup uapnya.

10. Minum Air Putih

minum air putih
minum air putih

Yang terakhir namun yang paling wajib adalah minum air putih yang banyak. Selain dapat mengurangi sakit akibat batuk kering, minum air putih sudah pasti bermanfaat dan memang sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk semua aktifitas.

Nah itulah Sahabat beberapa bahan alami yang ada disekitar kita dan mudah digunakan sebagai obat batuk alami. Walaupun sederhana, namun khasiatnya sudah terbukti turun temurun bisa mengurangi derita akibat batuk kering.

ilustrasi batuk
ilustrasi batuk

Kesimpulan

Mengobati penyakit batuk harus cepat dan tepat. Cepat karena gangguan akibat batuk sangat merepotkan, selain sakit juga dapat mengganggu orang-orang disekitar kita dan jika tidak segera diatasi batuk sepele pun bisa berkembang menjadi penyakit yang berbahaya. Tepat maksudnya harus diketahui terlebih dahulu jenis batuk yang sedang diderita apakah batuk berdahak atau batuk kering ?, sehingga obat yang dikonsumsi benar dan efeknya maksimal. Selalu berkonsultasi dengan dokter jika mengalami masalah penyakit batuk supaya mendapat saran medis yang tepat. Untuk penggunaan obat modern yang dijual di warung harus sesuai dengan petunjuk pemkaian, sedangkan penggunaan obat batuk alami bisa dicoba sendiri di rumah karena lebih aman menggunakan bahan alami yang ada di sekitar kita.

Ikuti terus Yesehat.com untuk mendapat informasi dan tips kesehatan lainnya yang tidak kalah penting untuk kesehatan anda sekeluarga.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here