Salam Sehat Sahabat YES. Senang rasanya kami selalu menjadi bagian dari kehidupan keluarga sehat Indonesia. Pada pertemuan kita kali ini kami akan membahas obat darah tinggi alami. Yups…karena sangat vitalnya fungsi darah di dalam tubuh setiap mahkluk hidup.

Sebelum menguraikan obat darah tinggi alami, maka sebaiknya kita ketahui apa yang disebut dengan tekanan darah tinggi?

Apa yang dimaksud dengan tekanan darah tinggi

Tekanan darah tinggi adalah kondisi ketika tekanan darah naik melebihi batas normal. Kenaikan tekanan darah dapat menimbulkan berbagai resiko yang membahayakan. Untuk mengetahui berapa tekanan darah kita, maka harus dilakukan pemeriksaan tekanan darah atau sering disebut dengan tensi darah.

Tekanan darah yang normal berada di kisaran 120/80 mmHg (angka atas = 120, angka bawah = 80). Ketika tensi darah mencapai 140/90 mmHg atau lebih maka sudah termasuk hipertensi atau darah tinggi.

Penyebab darah tinggi

Beberapa hal yang dapat menyebabkan tekanan darah tinggi pada seseorang antara lain :

Makan makanan pemicu tekanan darah menjadi tinggi

Mengkonsumsi makana yang dapat meningkatkan tekanan darah diantaranya : fastfood, makanan kalengan, makanan dengan pemanis buatan, pengawet dan pewarna, jeroan, kulit ayam, dan lainnya. Namun kondisi ini mungkin berbeda pada tiap orang.

Kebiasaan merokok

Bagi perokok maka resiko terkena darah tinggi menjadi lebih besar dibandingkan yang terbebas dari asap rokok. Nikotin yang terkandung di dalam rokok dapat mempengaruhi pembuluh darah, selain itu, darah yang mengandung banyak nikotin dapat mengganggu kerja jantung sehingga bekerja lebih keras.

Faktor keturunan

Bagi anda yang mempunyai orang tua dengan riwayat hipertensi maka perlu berhati-hati karena resiko untuk menderita hal yang sama lebih tinggi. Meskipun beresiko lebih besar, faktor genetika ini masih dapat dikontrol agar tidak menjadi gangguan kesehatan.

Obesitas

Salah satu penyebab yang masih bisa dihindari dengan memperbaiki pola makan adalah tekanan darah tinggi akibat kegemukan atau obesitas. Orang dengan berat badan melebihi ukuran ideal maka bisa mempengaruhi sistem renin angiotensin aldosterone yaitu sistem yang mengatur volume darah dalam tubuh. Jika sistem ini sudah terganggu maka darah yang keluar akan semakin tidak terkendali dan meningkatkan terjadinya hipertensi

Konsumsi garam berlebih

Garam dapat mengendap dalam pembuluh darah sehingga membuat dinding pembuluh darah menebal. Karena dinding darah menebal maka tekanan darah akan meningkat, sehingga menimbulkan gangguan tekanan darah tinggi.

Minuman beralkohol

Dengan kebiasaan mengkonsumsi minuman beralkohol, maka detak jantung akan semakin cepat. Semakin cepat jantung memompa darah mendorong tekanan darah naik sampai terjadi hipertensi.

Faktor usia

Penyebab yang satu ini tidak bisa dihindari. Seiring bertambahnya usia maka kinerja dari organ tubuh semakin menurun. Apalagi jika bertambahnya usia tidak disertai oleh olah raga atau aktifitas fisik yang cukup. Maka resiko untuk menderita tekanan darh tinggi semakin meningkat. Mulailah menjalankan pola hidup sehat dari sekarang supaya tidak mudah sakit di uisa lanjut.

Tingkat stres yang tinggi

Tingginya tingkat stres akan berpengaruh buruk terhadap fungsi dan kinerja dari organ di dalam tubuh kita, sehingga beresiko memunculkan berbagai gangguan kesehatan termasuk tekanan darah tinggi.

Bahaya tekanan darah tinggi

Semakin tinggi tekanan darah di dalam tuibuh maka semakin berbahya pula bagi kesehatan bahkan bisa menyebabkan kematian. Berikut beberapa bahaya yang mungkin ditimbulkan akibat hipertensi :

Sakit kepala disertai pusing

Salah satu akibat tekanan darah tinggi di kepala bisa menenyebabkan sakit yang ringan sampai parah.

Rasa sakit di bagian dada

Saat tekanan darah naik berarti kerja jantung terganggu, hal ini yang menyebabkan rasa sakit di area dada.

Terkena serangan jantung

Sebagai alat pemompa darah ke seluruh tubuh maka jantung adalah organ yang sangat beresiko terkena dampak terbesar jika tekanan darah sangat tinggi. Bahkan yang paling parah bisa menyebabkan serangan jantung hingga kematian.

Bisa menyebabkan gagal ginjal

Salah satu dampak buruk dari hipertensi adalah timbulnya kelainan pada ginjal. Gagal ginjal akan mengakibatkan gangguan kesehatan lain yang menambah penderitaan.

Beresiko mengakibatkan stroke

Tekanan darah tinggi bisa menimbulkan masalah lain yang tidak kalah berbahaya yaitu stroke. Pecahnya atau tersumbatnya aliran darah ke kepala menyebabkan sel-sel otak mati dan tidak bisa mengontrol organ dibawh kendali sel yang mati tersebut.

Tips supaya terhindar dari tekanan darah tinggi

Kami akan menyampaikan beberapa tips yang dapat Sahabat terapkan dalam kehidupan sehari-hari agar resiko tekanan darah tinggi menjadi berkurang:

Olah raga secara teratur

Melakukan olah raga dengan intensitas ringan sampai sedang akan membuat tubuh fit, fungsi organ menjadi normal dan kinerjanya pun optimal. Lakukan secara rutin agar terus sehat dan terhindar dari tekanan darah tinggi

Pola makan sehat

Dengan menerapkan pola makan yang sehat maka anda dapat terhindar dari banyak penyakit seperti kolesterol, diabetes dan termasuk hipertensi. Pilihlah makanan sehat dengan gizi berimbang dan porsi yang sesuai. Selain terpenuhinya kebutuhan gizi harian. Anda juga tidak akan terkena obesitas.

Anda juga bisa membantu mennjaga kesehatan tubuh dengan minum suplemen dan multivitamin. Tentunya setelah berkonsultasi dengan dokter apa yang boleh dan apa yang harus dihindari agar tekanan darah tetap normal.

Rileks kan tubuh dan pikiran dengan terapi

Mendengarkan musik atau menghirup aroma terapi bisa membantu menurunkan tingkat stres. Hal ini sangat bermanfaat agar terhindar dari serangan darah tingi. Jangan mudah marah, dan perbanyak senyum akan mengurangi resiko akibat tekanan darah tinggi.

Minum air putih yang cukup

Karena darah adalah cairan didalam tubuh maka kebutuhan akan cairan sehari-hari harus terpenuhi. Dengan asupan cairan yang cukup, tubuh akan terbebas dari dehidrasi dan berbagai resiko serangan penyakit termasuk hipertensi.

Pengobatan tekanan darah tinggi

Dalam artikel ini kami hanya kan membahas obat darah tinggi tradisional berbahan alami. Untuk pengobatan modern anda harus melakukan pemeriksaan kesehatan ke dokter sehinga akan mendapat saran medis dan obat darah tinggi yang tepat.

Bahan alam yang digunakan unutk pengobatan tekanan darah tinggi berikut ini bukanlah pengganti saran medis dari dokter anda, berkonsultasilah jika ingin menggunakan pengobatan alami bersama dengan pengobatan modern. Pengurutannya bukan berdasarkan khasiat. Semua yag disampaikan hanya informasi umum yang kami rangkum dari berbagai sumber. Untuk cara penggunaan dan dosis sebaiknya anda berkonsultasi dengan dokter, pakar herbal atau tenaga kesehatan profesional lainnya.

Obat darah tinggi alami yang banyak terdapat di sekitar kita dan bisa dipraktekan di rumah

Golongan rempah            : jahe, kunyit, kapulaga

Golongan sayuran           : bawang putih, wortel tomat, seledri, cabe rawit

Golongan buah              : delima, kelapa ( air kelapa),

Golongan lainnya           : minyak ikan (omega-3) cokelat, minyak wijen,

Untuk pembahasan mendetail dari bahan-bahan alami tersebut akan kami uraikan pada artikel berikutnya. Masih banyak sebenarnya bahan lain yang tidak kalah khasiatnya unutk mengatasi tekanan darah tinggi sebelum menjadi sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh.

Kesimpulan

Darah merupakan bagian vital dari tubuh. Oleh karena itu sudah seharusnya kita menjaga agar darah, jantung, dan semua organ dalam tubuh tetap sehat. Menerapkan pola hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari harus dimulai dari diri sendiri kemudian keluarga dan lingkungan. Sehingga kita semua bisa terus sehat bahagia dan bersemangat.

Semoga informasi yang kami berikan bermanfaat unutk kita semua. Terima kasih Sahabat YES atas kebersamaan kita selama ini. Ikuti terus Yesehat.com unutk informasi dan tips kesehatan lainnya…

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here