Salam Sehat Sahabat YES, melanjutkan tulisan sebelumnya tentang penyakit kulit, kali ini akan kami bahas mengenai obat penyakit kulit alami yang dapat dicoba di rumah. Pengobatan dengan bahan alami disekitar kita ini bukan merupakan pengganti saran medis yang diberikan oleh dokter kulit ya Sahabat. Tulisan ini merupakan rangkuman dari kebiasaan turun temurun masyarakat dalam mengobati penyakit kulit yang biasa diderita menggunakan tanaman berkhasiat obat disekitar kita.

Pengobatan penyakit kulit

ilustrasi penyakit kulit
ilustrasi penyakit kulit

Untuk mengobati penyakit kulit haruslah dilakukan pemeriksaan oleh dokter kulit untuk mengetahui jenis dan penyebab penyakitnya. Hal ini mengingat penyakit kulit bisa diakibatkan oleh berbagai macam penyebab seperti sudah dijelaskan dalam artikel sebelumnya. Dengan mengatahui jenis dan penyebabnya maka dokter akan memberikan obat penyakit kulit yang sesuai serta saran medis lainnya.

Penanganan cepat dan pemberian obat yang tepat akan segera menyembuhkan penyakit kulit yang sedang diderita sebelum semakin parah. Ikuti saran medis yang diberikan supaya anda segera sehat dan beraktifitas sebagaimana biasa.

Untuk penggunaan obat penyakit kulit secara alami juga sebaiknya berkonsultasi dengan pakar herbal untuk mendapatkan ramuan yang tepat sehingga hasilnya bisa maksimal. Berikut ini beberapa tips penggunaan bahan alami di sekitar kita yang bisa digunakan untuk mengobati penyakit kulit ringan :

Obat penyakit kulit modern

Ilustrasi obat penyakit kulit modern
Ilustrasi obat penyakit kulit modern

Untuk mengobati penyakit kulit ringan kita dengan mudah dapat menemukan berbagai macam merek penyakit kulit modern yang dijual bebas di apotek. Umumnya berbentuk salep dan obat oles. Meskipun ada juga yang berbentuk pil atau kapsul seperti pada obat anti alergi. Penggunaan salep dan obat oles lain haruslah mengikuti petunjuk pemakaian dan penjelasan lain tentang kekhususan obat tersebut untuk jenis penyakit kulit apa?

Perhatikan peringatan yang terdapat pada kemasan obat untuk menghindari efek samping atau kesalahan dalam penggunaan obatnya. Sehingga sakit yang diderita bisa terobati tanpa menimbulkan masalah kesehatan lain.

Obat penyakit kulit alami

bahan alami untuk pengobatan penyakit kulit
ilustrasi bahan alami untuk pengobatan penyakit kulit

Dengan beragamnya tanaman obat disekitar, maka untuk mengobati penyakit kulit pun tersedia di alam sekitar kita. Berikut beberapa bahan alam yang telah digunakan secara turun temurun dan berkhasiat mengatasi penyakit kulit, diantaranya adalah :

1. Daun Salam

Bisa dipergunakan untuk mengobati kudis dan gatal-gatal. Caranya dengan menghaluskan daun, kulit pohon dan atau akar pohon salam hingga halus, oleskan ke bagian kulit yang terkena kudis dan atau gatal lalu bisa dibungkus dengan kain kasa atau perban. Diamkan sampai kering dengan sendirinya. Sebelumnya cuci bagian yang gatal atau kudis menggunakan air bersih dan alkohol unutk obat.

2. Jahe

Parutan jahe bisa digunakan untuk menyembuhkan penyakit eksim. Campuran parutan dengan parutan lobak bisa langsung dioleskan ke bagian kulit yang terkena eksim.

3. Lengkuas dan bawang putih

Campuran keduanya berkhasiat untuk mengobati koreng dan panu. Tumbuk hingga halus 1 bagian rimpang lengkuas dengan 4 bagian bawang putih. Campurkan dan oleskan ke bagian kulit yang terkena panu atau koreng hingga kering. Selain untuk panu, khasiat bawang putih juga ampuh sebagai obat penyakit kulit lain seperti kurap. Sedangkan lengkuas efektip mengatasi peradangan pada kulit akibat penyakit lain.

4. Daun Tembakau

Sebagai bahan utama pembuatan rokok yang berbahaya untuk kesehatan, ternyata daun tembakau memiliki khasiat sebagai obat penyakit kulit alami dalam keadaan segar. Beberapa penyakit seperti kudis, kurap dan kutu air bisa diatasi dengan mengoleskan daun tembakau setelah dihaluskan.

5. Lidah Buaya

Tanaman herbal yang biasanya digunakan sebagai tanaman hias ini merupakan tanaman yang sudah terkenal akan khasiatnya dalam menyembuhkan berbagai penyakit pada tubuh. Lidah buaya ampuh untuk mengatasi berbagai penyakit kulit, karena mengandung gliko-protein yang akan berperan sebagai zat anti-inflammasi yang akan menyembuhkan peradangan akibat bakteri maupun jamur di kulit juga kandungan hormon giberelin dan polisakarida yang sangat ampuh untuk membunuh bakteri maupun jamur yang dapat menyebabkan penyakit kulit secara seketika.

6. Brotowali

Air rebusan brotowali berkhasiat untuk mengobati kadas kurap dan lainnya. Caranya dengan merebus -/+ 1 meter batang brotowali yang dipotong kecil-kecil dengan 4 liter air hingga mendidih, campur dengan air dingin dan gunakan untuk berendam.

7. Jintan

Atau dikenal juga sebagai jinten merupakan bahan alami berikutnya yang ampuh sebagai obat penyakit kulit alami. Kandungan senyawa zat fitosterin-B yang memiliki sifat anti-inflammasi dan antiseptik alami. Selain itu kandungan anti oksidan alami pada jintan ampuh menghalau serangan virus dan bakteri yang  menginfeksi kulit.

8. Biduri atau Widuri

Daun biduri mengandung saponin, flavonoid, dan polifenol, dimana semuanya merupakan antioksidan yang luar biasa untuk menyembuhkan peradangan pada kulit akibat jamur. Daun biduri juga mengandung tanin. Senyawa ini telah dikenal dapat bermanfaat sebagai antidotum atau penawar racun, sehingga akan menyembuhkan berbagai penyakit kulit baik karena jamur maupun alergi.

9. Getah pohon Jambu Monyet

Efektif mengeringkan luka pada borok. Bisa dioleskan langsung disekitar area kulit yang borok. Lakukan berulang-ulang sampai luka mengering.

10. Sulfur atau Belerang

Penggunaan belerang pada penyakit kulit sudah dilakukan sejak dahulu. Dan sudah terbukti efektif mempercepat pengeringan pada luka. Berendam di mata air pegunungan yang airnya mengandung belerang alami juga sangat eefektif merawat tubuh dan bisa menjadi obat penyakit kulit alami. Selain pengobatan, Sahabat juga bisa sekalian berwisata di area pemandian air panas.

Itulah beberapa bahan alami yang dapat dipergunakan secara alami dan aman sebagai obat penyakit kulit alami. Untuk pembahasan mendetail tentang penyakit kulit dan obat alaminya akan dibahas dalam artikel-artikel khusus yang terpisah, seperti artikel tentang jerawat yang dapat sahabat lihat di sini.

Tips menangani dan mencegah gatal-gatal ringan pada kulit

mandi untuk membersihkan badan
mandi untuk membersihkan badan

Untuk gatal-gatal pada kulit yang disebabakan oleh hal sederhana seperti gigitan serangga, terkena bulu dari ulat, atau racun tumbuhan maka ada beberapa tips yang dapat dilakukan untuk mengurangi dan mengobati rasa gatalnya, yaitu :

1. Jangan digaruk

Respon pertama saat kulit terasa gatal biasanya adalah dengan menggaruknya. Hal ini normal dan merupakan langkah paling mudah untuk mengatasi gatal. Namun tahukan Sahabat bahwa dengan menggaruk dapat menyebarkan gatal dan menyebabkan luka baru pada area yang digaruk justru membuat kondisi kulit semakin tidak baik. Maka usahakan untuk menahan dan mengobati dengan obat yang tepat sampai rasa gatalnya hilang.

2. Kompres air dingin

Dengan mengkompres bagian yang luka dengan air dingin, maka kondisi kulit tersebut akan menjadi lembab dan tidak kering. Dengan mengkompres membuat anda tertahan untuk menggaruk.

3. Menggunakan pakaian yang nyaman

Menggunakan pakain yang lembut akan menghindari iritasi dan terlindung dari pengaruh luar terutama bagi yang beraktifitas di luar ruangan.

4. Menggunakan lotion tabir surya

Sudah banyak produk kesehatan kulit yang mengandung anti UV, baik digunakan bagi orang-orang yang terpapar sinar matahari langsung.

5. Menggunakan lotion anti nyamuk

lindungi anda dan keluarga dari gigitan nyamuk
lindungi anda dan keluarga dari gigitan nyamuk

Gatal dan bentol akibat gigitan serangga adalah hal yang paling sering kita rasakan. Menggunakan lotion anti nyamuk sebelum tidur atau ketika akan melakukan aktifitas di luar ruangan sangat membantu menghindari gigitan serangga.

Kesimpulan

Nah itulah beberapa bahan alami yang dapat digunakan sebagai obat penyakit kulit alami. Sangat mudah didapat dan digunakan, bukan ?. Untuk pembahasan detailnya akan kami bahas masing-masing pada artikel terpisah.

Sekali lagi uraian ini bukanlah pengganti saran medis dari dokter. Segera lakukan pemeriksaan kesehatan kulit anda saat terasa sesuatu yang aneh atau terasa sakit pada bagian kulit tertentu supaya segera diketahui penyebabnya dan ditangani dengan pemberian obt-obatan yang tepat.

Semoga kita semua terhindar dari penyakit kulit, sehingga bebas dari sakit dan dapat beraktifitas dengan percaya diri sepanjang hari…

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here