Salam Sehat Sahabat YES. Pada artikel bagian kedua tentang radang tenggorokan ini, kami akan uraikan tentang gaya hidup sehat agar anda terhindar dari sakit tenggorokan dan obat radang tenggorokan alami yang mudah didapat disekitar kita. Langsung saja kita mulai ya Sahabat.

Pola hidup sehat agar tidak mudah terkena radang tenggorokan.

Seperti sudah dijelaskan pada bagian pertama bahwa sakit tenggorokan bisa diakibatkan banyak hal, yang diantaranya adalah serangan virus dan bakteri maka untuk menjaga diri dan keluarga anda dari radang tenggorokan terapkan pola hidup sehat dalam menjalani aktifitas sehari-hari diantaranya :

1. Minum air putih yang cukup

perbanyak minum air putih
perbanyak minum air putih

Yang paling mudah dilakukan namun memiliki manfaat yang luar biasa untuk kesehatan adalah minum air putih. Kekurangan pasokan air akan membuat tubuh dehidrasi, metabolisme tidak sempurna, daya tahan tubuh menurun dan resiko lainnya. Dengan mencukupi kebutuhan air mineral maka fungsi dari organ tubuh akan optimal. Suhu tubuh juga akan stabil sehingga tidak mudah terkena panas dalam.

2. Makanan yang mengandung serat, antioksidan dan vitamin

Dengan makan makanan berserat tinggi maka proses pencernaan akan lancar. Vitamin yang masuk ke dalam tubuh akan membantu meningkatkan daya tahan tubuh sehingga bisa mebantu menangkal serangan virus dan bakteri. Begitu juga dengan antioksidan yang mampu menghalau radikal bebas yang tidak sengaja memasuki tubuh kita. Kombinasi makanan yang mengandung gizi berimbang akan membuat tubuh fit dalam menjalani aktifitas harian.

3. Stop merokok

stop merokok
stop merokok

Sudah sangat jelas bahaya dari kebiasaan merokok, mengakibatkan banyak penyakit mulai dari yang teringan seperti radang tenggorokan hingga penyakit berat. Bahkan bagi anda yang tidak merokok sekalipun harus menghindari menghirup asap rokok.

4. Gunakan masker saat berada di luar ruangan

Menggunakan masker ketika berada di luar ruangan dapat mengurangi resiko dari polusi udara atau tertular virus dan atau bakteri yang disebarkan orang lain. Apalagi ketika Sahabat memasuki rumah sakit, selalu gunakan masker yang standar ya.

5. Rawat kesehatan gigi dan mulut

ilustrasi pasta gigi
ilustrasi pasta gigi

Tenggorokan yang merupakan bagian dari sistem pencernaan berkaitan erat dengan kesehatan mulut dan gigi. Sehingga keseluruhannya haruslah selalu dalam keadaan sehat terawat. Menggosok gigi dan menggunakan obat kumur bisa mencegah berbagai masalah kesehatan mulut.

6. Cuci tangan dengan cairan antiseptik

Selalu mencuci tangan dengan sabun kesehatan atau cairan antiseptik harus rutin dilakukan untuk mencegah masuknya bakteri dan virus melalui tangan yang mungkin menempel setelah bersentuhan dengan benda yang dipakai secara bersama atau berada di tempat umum.

7. Jauhkan benda penyebab alergi dan iritasi

Bagi Sahabat yang mempunyai alergi terhadap sesuatu maka bersihkan rumah dan tempat kerja dari benda-benda tersebut, seperti debu, binatang berbulu atau lainnya. Jangan meresikokan kesehatan saat berinteraksi dengan benda yang dapat menyebabkan alergi.

8. Meningkatkan kewaspadaan di musim penghujan

cuaca hujan
cuaca hujan

Saat musim pancaroba dan memasuki musim penghujan, biasanya disertai dengan merebaknya penyakit flu dan demam sehingga menuntut kewaspadaan lebih. Informasi selengkapnya bisa dilihat di sini.

Obat radang tenggorokan alami

Berikut ini akan kami sampaikan bahan-bahan dari alam yang sudah digunakan turun-temurun dan terbukti berkhasiat mengatasi sakit di tenggorokan ringan. Obat radang tenggorokan berikut ini sangat mudah didapatkan dan mudah digunakan. Diantaranya adalah:

1. Teh hangat

Minum teh hangat dapat meredakan sakit pada tenggorokan dan memberikan perasaan tenang. Untuk menambah khasiat maka dapat dicampurkan madu secukupnya. Kombinasi madu dalam teh hangat akan memberikan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh kita.

2. Berkumur dengan air garam

Siapkan air hangat dan larutkan garam secukupnya lalu berkumurlah, lakukan berulang-ulang. Air garam efektif membunuh bakteri yang menyebabkan radang pada tenggorokan. Mudah sekali bukan, Sahabat.

3. Susu kunyit

Minum susu hangat yang dicampur dengan kunyit bubuk secukupnya akan membantu meredakan sakit tenggorokan, karena sifat kunyit yang merupakan anti bakteri dan anti peradangan. Bisa diminum 1 – 2 gelas per hari, selain efektif sebagai obat radang tenggorokan juga bisa memenuhi kebutuhan gizi harian.

4. Bawang Putih

bawang putih
bawang putih

Sebagai antioksidan dan anti bakteri, mengunyah dan memakan bawang putih terbukti efektif mengatasi sakit pada tenggorokan Sahabat. Memang rasa dan bau yang muncul tidak sedap, tapi demi kesehatan harus dicoba untuk mengunyah satu siung saja dan rasakan khasiatnya.

5. Minuman sari jahe

Minum air jahe hangat sudah terbukti untuk menjaga kesehatan dan mengobati banyak penyakit, termasuk saat digunakan sebagai obat radang tenggorokan, tambahkan sedikit gula merah untuk menanambah rasa. Bisa diminum saat pagi dan petang. Selain rasanya enak dan menghangatkan juga berkhasiat.

6. Air Lemon

Minum jus lemon dengan kadar gula rendah dapat membantu meredakan, atau campur air perasan lemon kedalam teh hangat. Jika tidak kuat dengan rasa asamnya, maka cukup berkumur dengan perasan lemon yang dicampur air hangat.

7. Permen pelega tenggorokan

Banyak sekali produk permen yang dibuat untuk membantu melegakan tenggorokan, meskipun  bukan obat tapi bisa membantu meringankan sakit akibat radang tenggorokan. Bahan-bahan yang terkandung di dalamnya juga biasanya dari bahan obat seperti jahe, mint, dan rempah lainnya.

8. Peppermint atau Daun Mint

teh hangat dengan dauun mint
teh hangat dengan dauun mint

Minyak dari daun mint sudah sejak lama digunakan sebagai bahan obat, campuran permen pelega tenggorokan, atau campuran pasta gigi. Campurkan beberapa tetes ke dalam air hangat atau teh hangat lalu minum.

9. Cuka Apel

Berkumur dengan cuka apel dapat membantu meringankan gejala radang tenggorokan. Sifat apel yang merupakan antioksidan dan anti bakteri efektif membunuh bakteri penyebab radang. Lakukan beberapa kali untuk mendapatkan hasil maksimal.

10. Baking soda

Campurkan segelas air hangat dengan 1/4 sendok teh baking soda dan 1/8 sendok teh garam, aduk hingga larut gunakan untuk berkumur, ulangi setiap tiga jam. Cukup efektif mengatasi radang tenggorokan karena sifat baking soda yang merupakan anti inflamasi atau peradangan.

11. Madu

Madu
Madu

Madu merupakan bahan obat yang paling banyak manfaatnya untuk berbagai penyakit. Tentu saja dapat digunakan sebagai obat radang tenggorokan alami yang ampuh. Dalam penggunaannya bisa dicampurkan ke dalam teh hangat, diminum langsung secukupnya, atau dicampur dengan bahan lain seperti : perasan air jeruk nipis atau lemon, kayu manis, atau jahe.

12. Buah-buahan

pola hidup sehat - buah-buahan
pola hidup sehat – buah-buahan

Untuk melawan bakteri dan virus yang masuk, maka tubuh membutuhkan antioksidan dan vitamin tambahan, terutama vit C. yang mengandung banyak vitamin dan merupakan antioksidan alami adalah buah-buahan, maka perbanyaklah makan buah untuk mencegah dan mengobati radang tenggorokan. Buah yang direkomendasikan bagi yang sedang menderita radang tenggorokan diantaranya : jeruk, pisang, wortel, dan kiwi. Buah-buahan lain juga tentunya bagus unutk kesehatan tubuh.

Kesimpulan

Itulah Sahabat, beberapa bahan alami di sekitar kita yang dapat digunakan uuntuk mengatasi sakit akibat radang tenggorokan. Tentunya bahan-bahan diataas hanyalah pilihan untuk menjaga dan merawat kesewhatan. Sahabat harus pergi ke dokter untuk mendapatkan saran medis yang tepat. Menjaga diri dan keluarga dari penyakit harus menyatukan semua faktor sehingga bisa terus berkumpul bersama dalam sehat dan bahagia. Terima kasih sudah meluangkan waktu bersama kami, dan ikuti terus tips dan informasi kesehatan penting lainnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here