Salam Sehat Sahabat YES, semoga kesehatan selalu menyertai kita dan keluarga. Namun seiring dengan bertambahnya usia maka gangguan kesehatan semakin mudah dan banyak. Salah satu gangguan kesehatan yang banyak menyerang adalah sakit pinggang. Berikut akan kami sampaikan beberapa obat sakit pinggang alami dan tips kesehatan sehari-hari yang dapat membantu Sahabat tetap beraktifitas dengan sehat dan semangat.

Penyebab sakit pinggang

Sebelum memilih obat untuk sakit pinggang, maka sebaiknya ketahui dulu apa yang menyebabkan pinggang anda sakit? supaya pengobatan dan perawatannya tepat.

Sakit pinggang umumnya diderita oleh orang dewasa diatas 30 tahun. Nyeri yang ditimbulkan bisa terasa ringan sampai berat. Bagian yang umumnya terganggu terjadi di area bawah tulang rusuk hingga bagian atas tulang kaki. Serangan sakitnya bisa terjadi tiba-tiba dan hilang dengan sendirinya, namun di kasus lain bisa sangat sakit dalam waktu yang lama.

ilustrasi sakit pinggang
ilustrasi sakit pinggang

Banyak hal yang bisa menyebabkan gangguan pada pinggang. Secara garis besar penyebab sakit pinggang dibagi menjadi dua yaitu penyebab medis dan mekanis. Penyebab sakit pinggang secara medis dimugkinkan karena penyakit lain seperti batu ginjal, peradangan sendi, osteoporosis, penyebaran kanker dari organ tubuh lainnya, tumor, aneurisma aorta, hingga endometriasis. Sedangkan secara mekanis maka banyak yang bisa menyebabkan sakit pada pinggang anda, diantaranya :

  • Perubahan struktur tulang. Umum terjadi akibat lansia, mengakibatkan postur tubuh yang tidak lagi ideal, sehingga terjadi perubahan atau pergerakan struktur tulang.
  • Pengikisan cakram tulang. Seiring waktu maka pengikisan tulang terus terjadi sehingga tulang belakang dalam menahan beban atau beraktifitas lainnya jadi terganggu.
  • Insiden fisik seperti keseleo atau terjatuh bisa mengakibatkan cedera pada cakram tulang sehingga menimbulkan tekanan pada otot sekitar tulang.
  • Tekanan pada saraf. Beberapa hal bisa mengakibatkan saraf tulang belakang tertekan hingga menimbulkan nyeri seperti keram.

Karena sakit yang diderita saat sakit pinggang umumnya relatif sama, namun penyebabnya bisa berbeda-beda. Sehingga untuk mengetahui penyebab pasti sakit pinggang yang di derita haruslah diperiksa secra mendalam oleh dokter atau tenaga medis profesional lainnya di fasilitas kesehatan yang memadai.

Metode untuk mendiagnosis sakit pinggang modern seperti :

  • Pemindaian, seperti foto Rontgen, CT scan, dan MRI untuk memeriksa struktur tulang, otot, dan ligamen, serta mencari tahu jika ada kondisi pemicu lainnya.Pemeriksaan myelogram, untuk memperdalam hasil pemindaian dengan cara menyuntikkan cairan berwarna khusus melalui saluran tulang belakang sebelum pemeriksaan radiologi. Untuk memeriksa kondisi cakram, dapat dilakukan pemeriksaan diskografi.
  • Pemeriksaan kepadatan tulang, untuk memeriksa kepadatan struktur tulang, kelainan sendi, dan metabolisme tulang.
  • Pemeriksaan ultrasonografi, untuk memeriksa kondisi ligamen, otot ,dan tendon secara rinci melalui gelombang suara.
  • Pemeriksaan darah, untuk memeriksa adanya peradangan, infeksi hingga kondisi tertentu seperti arthritis. Pemeriksaan yang dilakukan meliputi pemeriksaan darah lengkap, laju endap darah (LED) dan protein C-reaktif.

Pengobatan Sakit Pinggang

segera obati gejala sakit pinggang
segera obati gejala sakit pinggang

Untuk mengobati sakit pinggang banyak sekali bentuk pengobatan yang dapat dilakukan. Kami selalu menyarankan unutk melakukan pengobatan terhadap sakit apapun ke dokter di fasilitas kesehatan yang mendukung. Sehingga diperoleh hasil pemeriksaan yang benar dan pengobatan yang tepat. Informasi berikut hanya untuk menambah informasi kesehatan saja.

Pengobatan untuk sakit pinggang bisa dipilih mulai dari metode tradisional sampai dengan yang modern. Anda bisa memlihi mulai dari pijat urut, akupuntur, pengobatan dengan herbal, obat-obatan kimia, sampai dengan pengobatan dengan menggunakan alat kesehatan modern. Dalam kesempatan ini kami hanya akan membahas bahan-bahan herbal alami yang banyak tersedia di sekitar kita.

Untuk semua metode pengobatan haruslah berkonsultasi dengan tenaga medis professional supaya tidak menimbulkan masalah kesehatan lainnya.

Obat sakit pinggang alami

Berikut bahan-bahan alami yang dapat digunakan unutk meringankan bahkan mengobati sakit pinggang. Semua bahan alami yang kami sampaikan bukan pengganti saran medis dari dokter untuk pengobatan sakit pinggang anda. Kami telah merangkum bahan alami berkhasiat yang bisa dicoba oleh Sahabat di rumah, berikut beberapa diantaranya :

1. Daun Sirsak

daun sirsak untukobat sakit pinggang
daun sirsak untukobat sakit pinggang

Daun sirsak dikenal memiliki banyak khasiat yang dapat mengobati banyak penyakit, termasuk untuk obat sakit pingang. Meskipun rasa dan baunya tidak sedap, namun manfaat yang terkandung luar biasa. Rebuslah beberapa lembar daun sirsak dengan tiga gelas air sampai tersisa segelas. Lalu minum saat hangat satu gelas per hari.

2. Daun Kumis Kucing

Daun kumis kucing sudah digunakan sejak lama untuk obat sakit pinggang alami, keampuhan kumis kucing dikaitkan dengan tingginya kandungan senyawa dengan dampak efek baik terhadap tubuh. Diantaranya adalah genkosid orthosifonin, asam lemak, minyak atsiri, minyak nabati, saponin, sapofonin, dan garam kalium. Penggunaannya dengan minum air rebusannya.

3. Jahe Merah

Khasiat jahe merah sudah tidak diragukan lagi, bahkan sudah digunakan sejak lama sebagai bahan dasar jamu untuk obat sakit pinggang. Minum air rebusan jahe atau minum langsung parutan air jahe sangat efeketif menghangatkan badan dan mengobati sakit pinggang anda. Mengoleskan parutan jahe ke area pinggang yang sakit juga cukup berkhasiat.

4. Kunyit

Sama halnya dengan jahe, kunyit juga memiliki khasiat ynag ampuh untuk kesehatan anda termasuk meringankan gejala sakit pinggang. Minum kunyit untuk kesehatan bisa dalam bentuk jamu, parutan langsung, bahkan sudah dikemas dengan metode modern.

5. Akar Ilalang

Ilalang merupakan rumput liar berwarna hijau yang banyak tumbuh di sawah atau ladang. Bagi yang tinggal di kota besar mungkin tidak bisa menemukan langsung dari alam, namun jangan khawatir karena sudah banyak yang menjual akar ilalang kering. Meminum rebusan akar ilalang sudah terbukti dapat mengurangi gejala sakit pinggnag. Minum pagi, siang dan petang, dan rasakan manfaatnya.

6. Bawang merah dan Bawang Putih

bawang merah dan putih
bawang merah dan putih

Manfat dari duo bawang ini sangat banyak, selain bumbu masakan juga berkhasiat sebagai obat, makan bawang mentah mampu mengurangi banyak gangguan kesehatan. Bisa juga dengan menggosok dan memijat dengan parutan bawang ke area pinggang yang sakit.

7. Lidah Buaya

Mengoleskan parutan lidah buaya dan memakan daging buahnya bisa memgurangi gejala sakit pinggang. Kandungan serat dan sifat antiradang pada lidah buaya bermanfaat unutk kesehatan tubuh. Lidah buaya juga aman unutk dikonsumsi secara rutin.

8. Daun Dewa

Siapkan beberapa lembar daun dewa dan satu siung temulawak dengan 600 ml air, rebus sampai mendidih. Tambahkan sedikit gula merah untuk menambah rasa. Minum saat hangat, satu atau dua gelas per hari. Efektif sebagai obat sakit pinggang.

9. Minyak kayu putih

 

Menghirup aroma kayu putih, akan membuat tubuh rebih rileks sehingga menurunkan tekanan pada saraf dan otot. Mengoleskan minyak kayu putih dengan melakukan pijatan kecil akan membantu meringankan sakit pinggang.

10. Koyo

Jika anda malas minum ramuan obat sakit pinggang maka menempelkan koyo panas yang banyak dijual di warung akan membantu meringankankan, bahkan pada kasus sakit pinggang ringan maka akan sembuh dengan menempelkan koyo dan pijatan kecil.

Itulah beberapa bahan alami yang sudah digunakan sejak lama dan dikenal mampu meringankan gejala sakit pinggang. Masih banyak bahan lain yang berkhasiat untuk obat sakit pinggang.

Pencegahan

Beberapa faktor penyebab gangguan pada tubuh termasuk pinggang tidak bisa dihindari seperti bertambahnya usia atau kelainan dari lahir. Namun bukan berarti tidak bisa dicegah secara maksimal dengan pola hidup dan meningkatkan kesadaran akan pentingnya kesehatan. Mencegah terjadinya gangguan kesehatan labih baik dari pada mengobati bukan Sahabat?.

Beberapa tips untuk mencegah sakit pinggang sehingga bisa terus sehat sampai tua :

1. Banyak minum air putih

berikan minum yang cukup bagi penderita diare
berikan minum yang cukup bagi penderita sakit pinggang

Sudah sangat jelas manfaat dari air untuk tubuh kita secara keseluruhan. Dengan tercukupinya kebutuhan cairan maka fungsi organ, jaringan dan semua sel dalam tubuh akan maksimal dan lebih terawat kesehatannya.

Memenuhi kebutuhan cairan tubuh bisa diselingi dengan jamu, susu atau minuman teh obat. Sehingga manfaat dan khasiat yang diperoleh tubuh menjadi beragam.

2. Pola makan

Perbaiki pola makan dengan makanan sehat, gizi berimbang dan berkhasiat obat sakit pinggang. Setiap makanan dan minuman yang kita konsumsi sangat berpengaruh terhadap kesehatan. Berikut jenis makanan dan minuman  yang baik untuk pencegahan sakit pinggang

  • Mengandung protein tinggi
  • Buah dan Sayur sumber serat, mineral dan vitamin
  • Mengandung kalium, kalsium, dan asam lemak omega-3

Sedangkan makanan dan minuman yang harus dihindari bagi para penderita sakit pinnggang adalah :

  • Mengandung alkohol
  • Mengandung kafein tinggi
  • Mengandung lemak trans dan kolesterol tinggi

3. Olah raga

Olah raga teratur
Olah raga teratur

Melakukan olah raga secara rutin dapat menghindarkan gangguan sakit pinggang akibat kurang gerak.  Minimal melakukan aktifitas fisik sseperti peregangan ringan disela aktifitas kerja yang menuntut posisi yang sama dalam waktu lama.

Pilihlah olah raga yang sesuai dengan usia dan minat anda, jangan memaksakan olah raga ekstrim yang justru beresiko cedera.

4. Menjaga postur dan berat badan ideal

Orang yang obesitas lebih beresiko menderita gangguan pada pinggangnya karena beban yang harus ditahan lebih besar. Menjaga berat tubuh ideal dengan diet sehat, olah raga dan lainnya bisa mengurangi resiko terkena sakit pinggang.

5. Menggunakan alas tidur yang nyaman dan perbaiki posisi tidur

Tidur memerlukan tempat yang nyaman bagi badan, sehingga ketika bangun menjadi segar. Tidur dengan posisi yang benar akan menghindarkan sakit pinggang. Sehingga sangat penting untuk memperbaiki tempat, posisi dan waktu tidur anda.

gunakan alas tidur yang nyaman

6. Hindari aktifitas berlebih

Beraktifitas seperti bekerja, olahraga dan tidur sekalipun maka sudah seharusnya tidaklah berlebihan agar tidak menjadi faktor yang menyebabkan pinggang anda sakit. Beraktifitaslah sesuai dengan kemampuan badan kita.

7. Jangan menahan buang air kecil

Menahan buang air kecil sangat berbahaya bagi kesehtan tubuh terutama ginjal. Dengan menahan buang air kecil bisa menyababkan pinggang terasa sakit. segara ke toilet jika sudah terasa ingin buang air kecil. Banyak diantara kita yang terlalu sibuk kerja atau dalam perjalanan sampai harus menahan buang air kecil.

Kesimpulan

Sakit pinggang sering kali tidak bisa kita hindari karena banyak faktor seperti usisa, pekerjaan, kecelakaan, atau karena penyakit lain. Namun semua bisa diobati, dirawat dan dicegah semaksimal mungkin. Banyak metode pengobatan untuk sakit pinggang, mulai dari yang tradisional sampai dengan modern. Tinggal kita yang memilih mana yang terbaik. Kami selalu menyarankan untuk berkonsultasi dan lakukan pemeriksaan dengan dokter di fasilitas kesehatan yang memadai.

Mulailah menerapkan pola hidup sehat dari usia muda supaya bisa menghindari gangguan sakit pinggang semaksimal mungkin. Semoga informasi yang kami sampaikan bermanfaat unutk kjita semua. Ayo Sahabat, kita mulai dari sekarang menerapkan hidup sehat unutk kesehatan dan kebahagiaan kita semua.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here