Salam Sehat Sahabat YES. Semoga kesehatan selalu menyertai kita semua. Sehingga bisa terus beraktifitas tanpa masalah. Namun bagaimana jika hari-hari kita terganggu akibat asam lambung naik? Berikut akan kami uraikan penyebabnya dan apa saja obat asam lambung alami yang bisa Sahabat coba di rumah.

Kenali dan sayangi lambung anda

ilustrasi lambung
ilustrasi lambung

Lambung adalah salah satu organ di dalam tubuh manusia yang berfungsi untuk mencerna makanan. Lambung merupakan bagian dari proses pencernaan pada tubuh mahkluk hidup. Lambung atau stomach (Inggris) dan maag (Belanda), terletak dibawah sekat rongga badan berbentuk kantong untuk menampung makanan yang ditelan sebelum diteruskan ke usus. Fungsi lambung sangat penting di dalam tubuh.

Di dalam lambung terdapat kelenjar-kelenjar yang menghasilkan getah lambung mengandung asam lambung (HCI), pepsin, musin dan renin. Masalah atau penyakit dalam lambung terjadi ketika produksi asam lambung berlebih.

Di dalam lambung sendiri sudah terjadi proses penyerapan molekul makanan atau  absorpsi meskipun dalam jumlah yang kecil, karena proses ini akan terjadi di jalur usus. Oleh karena itu kita harus lebih mengenali dan menyayangi lambung karena pentingnya fungsi organ ini dan penyakit yang ditimbulkan akan sangat mengganggu jika kita tidak peduli akan kesehatan lambung kita.

Apa itu asam lambung ?

Asam lambung secara alami diproduksi untuk mencerna makanan, asam lambung tidak bertambah dari luar seperti halnya asam urat atau kolesterol. Asam lambung berfungsi untuk membunuh mikroorganisme dan mengaktifkan enzim-enzim pepsinogen menjadi pepsin. Pepsin sendiri berperan mengubah protein menjadi molekul protein yang lebih kecil. Sedangkan Musin merupakan mukosa protein yang membantu melicinkan makanan yang akan dicerna. Renin  yang juga dihasilkan lambung berperan mengubah kaseinogen menjadi kasein untuk mencerna susu. Enzim renin hanya terdapat pada lambung mamalia saja ternyata, Sahabat.

Kerja dari asam lambung dan enzim lain di dalam lambung serta pelumasan oleh otot-otot lambung akan mengubah makanan yang sudah dikunyah dan ditelan menjadi lembut seperti bubur halus. Hal ini untuk memudahkan penyerapan nutrisi di usus dan dikeluarkan melalui sistem pembuangan.

Apa itu penyakit asam lambung

ilustrasi lambung
ilustrasi lambung

Gangguan kesehatan yang terjadi pada lambung atau Gastroesophageal Reflux Disease (GERD)  merupakan penyakit yang ditandai dengan gejala seperti nyeri pada ulu hati, dan panas di bagian dada. Penyebabnya adalah produksi dari asam lambung yang berlebih hingga naik menuju esophagus (kerongkongan). Penyakit asam lambung sangat umum ditemui di masyarakat. Penyakit ini bisa dikategorikan dari ringan hingga kronis. Jika tidak segera diatasi dengan pengobatan dan pola hidup sehat yang benar.

penyakit asam lambung identik dengan penyakit maag, namun apakah sama antara penyakit maag dengan penyakit asam lambung ? untuk pembahasan lengkap masalah ini akan kami bahas tuntas pada artikel lainnya.

Penyebab naiknya asam lambung

Naiknya asam lambung ke kerongkongan atau diistilah medis disebut Refluks asam lambung merupakan hal yang normal dalam proses pencernaan, namun saat produksi asam lambung berlebih dan proses refluks terlalu sering terjadi akan mengakibatkan rasa seperti terbakar di area dada dan tenggorokan. Artinya cincin lambung yang berfungsi sebagai katup sudah tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Dalam kondisi seperti ini, maka seseorang dikatakan mengalami penyakit asam lambung.

Gangguan naiknya asam lambung yang terlalu sering meningkat menjadi GERD jika setidaknya sudah terjadi lebih dari 2x per minggu. Hal ini umumnya disebabkan oleh konsumsi makanan tertentu yang dapat menjadi pemicu. Dalam beberapa kasus GERD dapat juga disebabkan oleh faktor lain seperti obesitas, tekanan perut saat kehamilan, asma, dan faktor peningkat resiko naiknya asam lambung. Beberapa hal yang harus dihindari karena dapat meningkatkan resiko asam lambung diantaranya mengkonsumsi alkohol dan merokok.

Gejala apa yang ditimbulkan ketika asam lambung naik ?

ilustrasi sakit akibat asam lambung naik
ilustrasi sakit akibat asam lambung naik

Beberapa gejala yang timbul saat asam lambung naik diantaranya : mulut terasa asam, sakit tenggorokan, kesulitan menelan, batuk, suara serak, dan serti yang sudah disebutkan diatas yaitu nyeri pada ulu hati disertai sensasi seperti panas terbakar di area dada.

Hal ini dikarenan asam lambung sudah mengikis sepanjang jalur dinding kerongkongan hingga terjadi iritasi. Jika iritasi semkain parah maka sakit yang dirasakan akan semakin berat disertai gangguan kesehatan yang lain juga semakin banyak.

Segera periksakan ke dokter sebelum semakin parah sehingga bisa diberikan pengobatan ynag tepat. Meskipun sudah banyak produk obat asam lambung yang dijual dan memliki izin edar bebas di masyarakat, sebaiknya konsultasikan dengan dokter untuk mengetahui jenis dan dosisi yang tepat.

Bisakah GERD disembuhkan ?

Obat-obatan yang diminum hanya untuk membantu menstabilkan kadar asam lambung dalam tubuh kita, sehingga bisa meredakan gejala dan mencegah penyakit asam lambung kambuh. Jika sudah mengakibtkan kerusakan pada cincin lambung (sfingter) maka bagian ini tidak akan bisa kembali normal dengan meminum obat asam lambung. Pengobatan pada gejala sakit asam lambung ini hanya bersifat sementara untuk menurunkan asam lambunjg ke keadaan normal. Pola hidup yang sehat dan tepat akan membantu mencegah penyakit ini tidak kambuh lagi.

Selalu berkonsultasi dengan dokter Sahabat untuk mendapatkan saran medis yang benar sehingga kedepannya asam lambung tetap dalam kondisi yang stabil.

ilustrasi obat
ilustrasi obat modern

Obat asam lambung

Untuk pengobatan, kami selalu menyarankan untuk berkonsultasi ke dokter ssehingga pemerikasaan dilakukan secara menyeluruh dan diberikan resep obat asam lambung yang tepat. Di apotek atau toko obat sebenarnya sudah banay obat asam lambung yang dijual bebas dan dapat dikonsumsi kapan saja. obat-obatan jenis ini terdiri daari golongan Antasida, Histamin-2 (H-2) receptor blockers dan Proton pump inhibitors (PPIs). Dari ketiga jenis obat diatas ada juga yang harus menggunakan resep dokter, tergantung dari dosis yang diperlukan dan kondisi dari lambung.

Selain obat-obatan modern, ada juga beberpa jenis bahan alami yang dapat digunakan sebagai  obat asam lambung alami yang berkhasiat, diantaranya adalah :

1. Buah-buahan

Pilihan buah-buahan yang baik untuk lambung anda adalah : pisang, apel, papaya, pir dan melon, buah-buahan yajng meiliki kadar asam rendah baik untuk penderita penyakit asam lambung.

2. Sayur-sayuran

Sayur-sayuran yang dapat membantu meredakan tingginya asam lambung diantaranya adalah mentimun, lidah buaya, brokoli, seledri, kol dan bayam. Karena tinggi serat dan nutrisi yang dapat menjaga kestabilan asam lambung

3. Umbi rempah

Dari jenis rempah, maka jahe, temulawak dan kunyit sangat bagus dan berkhasiat sebagai obat asam lambung. Penggunaannya sebagaai obat bisa dengan meminum air parutan dari masing-masing. Campurkan dengan sedikit gula merah untuk menambah rasa, atau dikombinasi dengan teh menjadi teh jahe hangat. Dalam minum ramuan jamu tradisional disarankan jangamn berlebihan karena justru bisa mengakibatkan ganggaun pada lambung.

4. Teh Chamomile

Membuat seduhan teh dengan bunga chamomile mampu meredakan gejala naiknya asaam lambung. Dengan meminum teh ini dapat menyeimbangkan tingkat keasaman di dalam perut.

5. Baking soda

Bahan yang satu in idapat menurunkan asam lambung secara efektif menyerap kelebihan asam lambung. Seduh satu sendook teh baking soda dengan segelas air hangat lalu minum. Ulangi jika mulai terasa sakit atau gejala kembali muncul.

6. Kacang hijau

Kacang hijau terbukti mampu menetralisir kelebihan asam lambung dan menebalkan dinding pada lambung sehingga sangat bermanfaat bagi penderita asam lambung. Buatlah bubur kacang hijau dengan gula sedikit gula dan dapat dikonsumsi sesering mungkin.

7. Sarapan Oatmeal

Oatmeal yang mengandung gandum utuh kaya akan serat dan vitamin yang mamapu menyerap asam lambung berlebih, sehingga baik untuk mengawalai hari tanpa khawatir asam lambung akan naik.

8. Putih telur dan daging tanpa lemak

Untuk lauk pauk yang aman bagi penderita penyakit asam lambung, maka pilihlah daging tanpa lemak dan putih telur tanpa bagian kuningnya, karena kuning telur lebih tinggi lemak sehingga beresiok memperburuk keadaan lambung.

Pencegahan naiknya asam lambung

Untuk mencegah agar produksi asam lambung tidak berlebih dan naik menjadi penyakit, maka beberapa tips kesehatan berikut harus dicoba ya Sahabat.

hindari makanan pemicu asam urat
hindari makanan pemicu asam urat

1. Hindari makanan pemicu naiknya asam urat.

Beberapa makanan dapat memicu produksi asam lambung berlebih, namun kondisi ini tentunya berbeda pada masing-masing orang. Secara umum beberpa makanan yang harus dihindari diantaranya adalah : cokelat tinggi gula dan lemak, soda, gorengan, minuman dan makanan beralkohol, susu dan daging berlemak tinggi, kafein, buah-buahan golongan citrus, dan bawang Bombay.

2. Pola makan yang benar.

Dengan pola makan yang teratur maka produksi asam lambung akan lebih stabil dibandingkan dengan waktu makan yang sembarangan. Sehingga resiko untuk penyakit asam lambung menjadi lebih kecil. Pilihlah makanan yang aman untuk lambung dengan berkonsultasilah dengan ahli gizi supaya mendapatkan panduan jenis dan menu makanan yang sehat dan aman.

3. Kunyah makanan sampai halus.

Hal ini akan membantu enzim dalam lambung mencerna makanan yang masuk, sehingga pengolahan makanan menjadi lebih cepat dan lebih baik. Menguyah makanan dengan benar juga akan mengeluarkan kandungan gizi di makanan tersebut dengan lebih baik.

4. Jangan makan sebelum tidur.

Dengan makan sebelum tidur, maka lambung akan memproduksi asam lambung untuk mencerna makanan tersebut sehingga resiko asam lambung naik ketika posisi tidur menjadi tinggi. Bahkan tidak dianjurkan tiduran setelah makan karena sama saja  mebuat posisi badan memungkinkan asam lambung naik ke tenggorokan.

jangan makan langsung tidur. dan tidurlah yang cukup
jangan makan langsung tidur. dan tidurlah yang cukup

5. Tidur yang cukup

Dengan waktu tidur yang cukup maka proses pencernaan dan metabolisme di dalam tubuh akan sempurna sehingga semua organ bekerja optimal termasuk lambung.

Kesimpulan

Gangguan yang terjadi pada sistem pencernaan karena produksi asam lambung berlebih dan naik ke esophagus terjadi karena berbagai faktor yang sebenarnya masih bisa dihindaari dengan menerapkan pola hidup sehat teratur dan berimbang. Namun banyak diantara kita yang kurang peduli bahkan terhadap kesehatan dirinya sendiri. Jika saja kita lebih peduli sejak dini, banyak penyakit dan gangguan kesehatan bisa diatasi sebelum menjadi penyakit kronis.

Dengan meningkatkan kesadaran dan pengetahuan seputar asam lambung, kita akan lebih menyayangi dan menjaga fungsi dari lambung agar tetap sehat dan optimal. Meskipun obat asam lambung banyak tersedia di sekitar kita baik dai yang alami sampai modern, namun bukankah  mencegah terjadinya panyakit ini lebih baik dari pada mengobati.

Semoga semua kita selalu sehat dan bahagia dan artikel kami kali ini dapat menambha pengetahuan Sahabt seputar aasam lambung. Ikuti terus kami untuk mendapatkan informasi dan tips kesehatan lainnya ya Sahabat, Sampai jumpa lagi…

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here