Salam Sehat Sahabat, setelah kita membahas apa itu asam urat pada bagian pertama, maka pada bagian kedua ini kita akan bersama mempelajari bahan alami apa saja yang dapat digunakan untuk obat asam urat.

Yang akan kami sampaikan bukan untuk menggantikan saran medis dari dokter ya Sahabat. Walau demikian, bisa tetap dilakukan dan dikonsumsi secara rutin karena bahan yang akan kami uraikan adalah bahan alami di sekitar kita yang murah, aman, dan berkhasiat.

Bahan alami untuk obat asam urat :

1. Daun Sambiloto

daun sambiloto
daun sambiloto

Sambiloto merupakan tumbuhan daerah tropis berwarna hijau yang bisa tumbuh sampai dengan ketinggian 90 cm. beberapa penelitian telah mengungkapkan bahwa daun sambiloto mengandung kalium, kalsium, natrium, senyawa flavonoid dan senyawa penting liannya untuk mengatasi asam urat.

Untuk pengobatan dan pencegahan, bisa dengan cara merebus daun sambiloto sebanyak 10 gram dengan 5 gelas air putih. Campuran yang bisa ditambahkan adalah temulawak, -/+ 10 gr dan lada -/+ 1 gr saja. Rebus sampai air yang tersisa tinggal 3 gelas saja. Minum saat hangat 3 gelas sehari, pada pagi, siang dan petang.

2. Daun Binahong

DAUN BINAHONG
DAUN BINAHONG

Daun ini memiliki bentuk daun yang menyerupai simbol cinta berwarna hijau. Sudah dikenal berkhasiat sebagai obat alami karena mengandung vit C, flavonoid, alkaloid dna minyak atsiri.

Pengolahannnya pun sangat mudah untuk dijadikan sebagai obat asam urat, cukup merebus 20 lembar daun dengan 7-8 gelas air sampai mendidih. Sebelum direbus remas-remas dahulu sampai daun binahongnya mengeluarkan semacam lendir. Biarkan mendidih hingga tersisa 3 gelas. Dan minum 3 gelas air rebusannya saat pagi, siang dan petang.

3. Daun Seledri

Daun Seledri
Daun Seledri

Selain sebagai bumbu masak, daun ini memiliki banyak khasiat untuk kesehatan dan tentu salah satunya dapat dimanfaatkan sebagai obat asam urat alami. Hal ini dikarenakan seledri mengandung banyak vit C namun rendah kalori yang baik untuk menurunkan kadar kolesterol dan membantu menurunkan berat badan. Sehingga berkaitan dengan meminimalkan juga resiko kelebihan asam urat.

4. Daun Sirsak / Nangka Belanda

Daun Sirsak
Daun Sirsak

Daun sirsak, meskipun memiliki aroma yang kuat dan rasa yang cukup pahit, namun kandungan serat dan vitamin serta nutrisi lain seperti zat besi, kalsium, potassium dan lainnya sangat berguna untuk mengikis Kristal asam urat.

Seperti pengolahan daun-daunan pada umumnya maka daun sirsak untuk obat asam urat juga harus direbus. 8-10 lembar daun sirsak remas dalam 2 gelas air lalu rebus sampai mendidih dan air berkurang setengahnya. Setelah air rebusan tinggal segelas, angkat lalu dinginkan. Minum 2 gelas air rebusan pada pagi dan petang. Untuk mengurangi ras pahit setelah minum air rebusan, maka dapat mengkonsumsi madu .

5. Daun Salam

Daun Salam
Daun Salam

Sering sekali digunakn sebagai campuran bumbu masak karena aroma yang sedap, ternyata menyimpan khasiat lain yang efektip untuk meringankan sakit asam urat. Hal itu berkat kandungan  tannin, flavonoid, alkaloid dan senyawa penting lainnya.

Cara pengolahannya hampir sama dengan dengan pengolahan daun-daunan sebelumnya yaitu dengan direbus dengan 3-4 gelas air sampai tersisa segelaa saja. Pada daun salam bisa ditambahkan serai. Minum secara rutin tiap hari satu atau dua gelas.

6. Daun Sirih merah

daun sirih merah
daun sirih merah

Daun sirih ada yang hijau polos dan ada yang bercampur warna merah, pada bagian bawahnya berwarna merah semua. Daun sirih merah telah digunakan sejak lama sebagai bahan obat dan menurut penelitian ternya mengandung allylprokatekol, alkaloid, cineole, ekstragol, eugenol, fenil propoda, ekstragol dan lainnya. Sehingga efektif dan berkhasiat cegah dan atasi asam urat.

Rebus beberapa lembar daun sirih merah dengan tambahan bagian batangnya -/+ 15 cm lalu iris semua dan rebus dengan 4 gelas air hingga tersisa satu gelas saja, saring lalu dinginkan. Minum pada pagi atau sore sehari sekali.

7. Daun Kumis Kucing

Daun Kumis Kucing
Daun Kumis Kucing

Tumbuhan ini biasanya ditanam dan pasti ada di antara koleksi tanaman apotek hidup. Karena khasiatnya yang banyak untuk berbagai penyakit. Dalam pengolahannya untuk obat asam urat alami maka lakukan seperti cara pengolahan daun-daunan sebelumnya diatas.

8. Kulit Manggis

Kulit anggis
Kulit anggis

Pasti Sahabat sudah tahu buah manggis kan? Yups …buah berwarna ungu kehitaman ini mempunyai rasa yang sangat manis dan tekstur yang lembut. Buah manggis juga sering dijadikan tebak-tebakan jumlah isi biji manggis. Namun kita sangat jarang peduli dengan kulitnya bukan? Padahal kandungan antioksidan, protein, kalsium dan lain sebagainya padas kulit manggis sangat baik untuk kesehatan tubuh.

Bahkan sudah banyak produk kapsul atau pil yang merupakan olahan ekstrak kulit manggis. Untuk pengolahan di rumah bisa dengan memotong kecil kulit manggis dan menjemurnya sampai kering lalu diminum seperti saat menyeduh teh.

9. Mengkudu / Pace / Cangkudu

Buah mengkudu
Buah mengkudu

Tumbuhan khas asia tenggara yang memlikli buah yang mirip-mirip granat tapi agak lonjong. Rasanya tidak enak jika dikonsumsi langsung, tapi jangan salah kalo sudah menjadi bagian dari rujak rasanya berpadu dengan bahan lain menjadi kesatuan yang nikmat. Tentunya khusus yang menyukai ya Sahabat.

Buah mengkudu atau pace dan disebut cangkudu di daerah Jawa Barat mengandung zat penting untuk kesehatan tubuh. Mengkonsumsi buah mengkudu untuk obat bisa dengan meminum perasan buah matang yang sudah diblender. Memang rasa dan aromanya tidak sedap, namun khasiatnya sangat ampuh.

10. Minyak Zaitun

Minyak Zaitun
Minyak Zaitun

Pohon zaitun merupakan pohon yang tumbuh di daerah gurun seperti Saudi Arabia. Buahnya sangat berkhasiat sebagai obat-obatan dan olahan dari buah ini menghasilkan minyak zaitun. Dikenal juga dengan nama olive oil. Mengandung lemak baik, vitamin E dan K, phenolic, dan berdasarkan penelitian bahwa minyak zaitun lebih baik dan lebih sehat dibandingkan minyak sawit.

Untuk membantu meredakan asam urat,  minyak zaitun dapat dikonsmsi secara rutin dengan meminumnya langsung, tentunya dalam jumlah sedikit saja ya sahabat. Atau dengan mencampur sedikit minyak zaitun kebahan makana anda, dan kalau sudah terbiasa maka mengganti minyak goreng biasa dengan minyak ini bisa jadi pilihan.

11. Jahe Merah

Jahe Merah
Jahe Merah

Nama yang satu ini sudah sangat populer sebagai bahan obat alami untuk berbagai penyakit. Jahe juga merupakan bagian penting bumbu masakan di dapur. Jahe sudah sejak lama diolah sebagai bahan jamu tradisional. Dan di zaman sekarang bahkan sudah digunakan dalam banyak produk seperti jamu herbal modern, minuman jahe, susu jahe, campuran suplemen anak dan lainnya.

Yang paling mudah untuk menjadikan jahe sebagai obat asam urat adalah dengan merebusnya dan meminum air sisa rebusannya. Tambahkan sedikit saja gula merah untuk mengurangi rasa pedaasanya jika anda tidak kuat.

12. Kopi

minuman kopi
minuman kopi

Pertanyaannya adalah, apakah seorang penderita asam urat boleh dan aman minum kopi? Maka jawabanya adalah boleh dalam jumlah sedikit tidak melebihi 3 gelas perhari dengan gula yang juga sedikit. Maksudnya jika penderita asam urat ingin minum kopi maka janganlah terlalu manis dan terlalu sering ngopi.

Karena ada manfaat dan resiko yang terkandung dalam kopi bagi penderita asam urat, maka harus bijak dalam mengkonsumsi kopi per harinya.

15. Buah Ceri

Selain sebagai antioksidan tinggi, kandungan allopurinol yang bertanggung jawab untuk mengurangi kadar asam urat juga sangat bagus bagi kesehatan tubuh. Mengkonsumsi buah ceri lebih mudah sebagai obat asam urat dibanding dengan daun-daunan karena rasanya juga enak.

16. Buah Pisang

Buah Pisang
Buah Pisang

Buah khas daerah tropis ini sudah tidak asing buat kita Sahabat. Kandungan kalium yang tinggi dan vit C pada pisang bermanfaat untuk menurunkan kadar asam urat dalam tubuh kita. Selain rasanya yang enaktentu. Namun  hati-hati mengkonsumsi pisang, sebaiknya jangan digoreng karena lebih baik dikonsumsi langsung keetika masih fresh.

17. Buah Apel

Buah Apel
Buah Apel

Selain memenuhi serat, vitamin dan anti oksidan tinggi, buah apel yang rasanya enak juga berkhasiat untuk mengatasi penyakit asam urat. Produk olahannya pun sangat ampuh unutk mengobati banayk jenis penyakit, yaitu cuka apel.

Buah apel harus disimpan di tempet sejuk seperti lemari es. Dan usahakan makan satu buah apel langsung habis sekali makan, karena buah ini sangat mudah mengalami oksidasi. Warnanya akan berubah cepat sekali dari putih menjadi kecoklatan.

18. Buah Jeruk Lemon

lemon
lemon

Kandungan vit C nya sangat tinggi, bisa membantu menetralisir kelebihan asam urat di dalam tubuh. Sehingga ampuh untuk mencegah penyakit asam urat. Untuk mengkonsumsinya bisa dengan mencampur perasan lemon kedalam teh, atau dengan membuat jus lemon, tentu dengan tambahan pemanis alami yang tidak berlebihan.

19. Madu

Madu
Madu

Sudah tidak diragukan lagi khasiat madu untuk obat berbagai penyakit. Baik madu biasa atau madu hitam yang rasanya pahit bahkan lebih berkhasiat. Madu adalah satu-satunya makanan yang tidak akan basi loh Sahabat.

Madu dapat dikonsumsi secara langsung atau dicampur ke makanan/minuman lain. Dan bisa juga diminum setelah minum jamu atau air rebusan daun-daunan untuk mengurangi rasa pahitnya.

20. Suplemen vit C

suplemen kesehatan
suplemen kesehatan

Mengkonsumsi buah dan sayur yang tinggi kandungan vit C nya sangat dianjurkan bagi penderita asam urat. Namun bagi yang tidak banayk waktu atau kurang menykai buah dan sayur maka mengkonsumsi suplemen vit C yang banyak dijual di apotek bisa jadi alternatif. Perhatikan aturan pakai dengan teliti ya Sahabat.

21. Semut Jepang

Semut Jepang
Semut Jepang

Apakah Sahabat pernah mendengar spesies Semut Jepang ? meskipun disebut semut, pada kenyataannya bentuk dari semut ini lebih mirip kumbang tapi kecil. Banyak beredar di masyarakat tentang manfaat dan khasiat semut ini untuk mengobati berbagai penyakit termasuk asam urat. Namun belum ada penelitian ilmiah yang hasilnya menunjukan manfaat semut jepang sebagai pengobatan. Jadi sebaiknya jika Sahabat mendapatkan saran tentang penggunaan semut jepang untuk pengobatan alami, berkonsultasilah terlebih dahulu dengan dokter.

22. Mengurangi sakit akibat asam urat dengan merendam bagian yang sakit

Untuk mengurangi rasa nyeri yang ditimbulkan maka Sahabat dapat merendam bagian yang sakit dengan air dingin beberpa waktu. Ada juga bahan lain yang dapat dicampurkan yaitu arang.

Arang merupakan karbon aktif yang dapat menyerap asam urat. Sehingga bisa membantu meredakan sakit yang ditimbulkan akibat endapan asam urat. Banyak produk yang telah dikemas praktis  untuk mengobati asam urat, ada yang ditempel atau digunakanan sebagai bahan rendaman. Arang yang akan digunakan harus ditumbuk sampai halus lalu dicampur dengan air hangat.

Kesimpulan

Itulah Sahabat beerbagai bahan lamai yang dapat digunakan untuk mengobati dan mencegah penyakit asam urat kembali. Sudah terbukti ampuh berkhasiat turun temurun. Zaman sekarang ini sudah banyak orang yang mengolah produk diatas menjadi bahan yang lebih mudah dikonsumsi seperti diekstrak menjadi pil, atau lainnya. Semua nya aman dilakukan karena merupakan bahan alami yang ada di sekitar kita.

Untuk pencegahan dan pengobatan penyakit asam urat Sahabat harus pergi ke dokter supaya mendapat pemerikasaan dan penanganan yang tepat. Disertai dengan pola hidup sehat, dan mengkonsumsi bahan herbal natural yang berkhasiat di sekitar kita.

Semoga pembahasan lengkap mengenai asam urat ini dapat bermanfaat untuk kita semua. Sehingga kita terbebas dari resiko dan penyakit asam urat, hidup terus sehat, produktif dan bahagia. Ikuti kami untuk mendapatkan informasi dan tips kesehatan lainnya. Terima kasih Sahabat YES…

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here