Salam Sehat Sahabat YES. Melanjutkan artikel sebelumnya tentang penyakit diabetes, maka dalam pembahasan kali ini akan kami sampaikan obat diabetes dari bahan alami yang mudah ditemukan dan digunakan di rumah.

Bahan-bahan yang akan kami sampaikan bukanlah pengganti saran medis dari tenaga kesehatan professional. Berkonsultasilah dengan dokter anda untuk mendapatkan pemeriksaan dan pengobatan diabetes yang sesuai.

ilustrasi untuk pengecekan gula darah
ilustrasi untuk pengecekan gula darah

Obat Diabetes Alami

Berikut beberapa bahan alam yang bisa dicoba di rumah untuk mengurangi bahkan menyembuhkan gejala diabetes :

1. Brotowali

Minum air rebusan daun dan batang brotowali efektif menurunkan kadar gula darah loh Sahabat. Rasanya yang sangat pahit ternyata berasal dari zat anti diabetes, sehingga ampuh berkhasiat dan sudah digunakan secara turun temurn.

Lebih baik minum pahit beberapa saat dari pada harus menderita lebih lama akibat diabetes bukan?

2.Daun Sirsak

daun sirsak untuk obat diabetes
daun sirsak untuk obat diabetes

Sama seperti brotowali, minum air rebusan daun sirsak cukup efektif menyeimbangkan kadar gula darah dalam tubuh. Tambahkan sedikit madu untuk mengurangi rasa pahitnya. minum dua gelas pagi dan petang, tahan rasa

pahitnya saat diminum.

 

3. Buah Pare

Rutin makan buah pare mampu mengurangi resiko diabetes. Untuk pengolahannya bisa dengan makan rebusan buah pare sebagai lalapan, atau kalau berani lebih baik jika pare dimakan mentah langsung.

Rasanya memang agak pahit, namun bagi yang sudah terbiasa maka rasanya enak dan bisa disajikan sebagai lalapan bersama sambal atau campuran siomay.

4. Kunyit

kunyit untuk obat diabetesalami
kunyit untuk obat diabetes alami

Bumbu masak yanjg satu ini memiliki sifat antibakteri, antiradang dan juga anti diabetes. Sehingga tidak heran sejak lama kunyit sudah dijadikan bahan baku jamu.

 

Minum  air rebusan kunyit atau mencampur parutannya dengan madu sangat bermanfaat unutk kesehatan tubuh.

 5. Jintan Hitam

Jintan ada dua macam yang pertama jintan putih untuk bumbu, dan jintan hitam yang lebih berkhasiat obat, termasuk sebagai obat diabetes alami. Minum air rebusan jintan hitam secara rutin bisa menurunkan kadar gula darah dengan cepat.

6. Jahe

Jahe Merah
Jahe Merah

Jahe juga berkhasiat atasi diabetes hanya dengan minum air rebusannya. selain menghangatkan badan, manfaat kesehatan yang terkandung dalam jahe sangat baik untuk kesehatan tubuh.

Sahabat bisa mengolah langsung jahe di rumah atau membeli jamui berbahan dasar jahe hingga produk herbal modern yang mengandung jahe.

7. Tanaman Keladi Tikus

Tanaman yang satu ini berkhasiat untuk obat diabetes maupun penyakit lain seperti jantung dan kaner, karena Tanaman ini mengandung Ribozome Inactivating Protein yakni zat yang bisa meregenerasi sel-sel tubuh sehingga fungsi sel-sel tubuh yang dapat mengubah glukosa menjadi normal seperti semula. Namun Anda harus berhati-hati dalam mengonsumsi tanaman ini karena mengandung racun atau toksin. Jadi sebaiknya berkonsultasilah dengan pakar herbal sebelum menggunakan daun ini.

8. Lidah Buaya

lidah buaya
lidah buaya

Kandungan antioksidan dan serat tinggi pada lidah buaya terbukti mengurangi gejala diabetes. Disamping manfaat lain dari daging lidah buaya ini untuk mengobati berbgai jenis penyakit, rasanya juga lebih lumayan enak dibanding obat lain.

Kupas dan bersihkan beberapa potong lidah buaya lalu cuci bersih dan potong daging buahnya kecil-kecil unutk campuran minuman atau dimakan langsung.

9. Kulit Manggis

Sudah tidak diragukan lagi jika kulit manggis mempunyai banyak zat yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh. Minum rebusan kulit manggis kering pagi dan petang atau minum produk herbal ekstrak kulit manggis yang banyak dijual secara bebas bisa jadi pilihan.

Selain berkhasiat untuk diabetes, kulit manggis juga bisa mengatasi penyakit lainnya. hal ini berasal dari kandungan antioksidan di kulit manggis.

10. Kayu Manis

kayu manis
kayu manis

Meskipun namanya kayu manis, jangan khawatir ya sahabat, karena khasiat yang terkandung di dalamnya tidak membahyakan kadar gula darah tubuh. Karena sebaliknya katu manis mempunyai kemampuan unutk mengurangi resistansi insulin.

Meskipun masih membutuhkan penelitian lanjutan tentaang manfaat obat pada kayu manis terhadap diabetes.

11. Buah Mengkudu

Buah yang biasa digunakan sebagai campuran bahan rujak bebek ini memiliki manfaat untuk menurunkan gejala diabetes. Minum air perasan mengkudu setiap pagi dan petang akan terasa manfaatnya bagi tubuh.

Blender beberapa mengkudu yang sudah tua lalu peras dan minum air perasannya. untuk menambah rasa campurkan sedikit madu.

12. Buah Mahkota Dewa

Buah berwarna merah ini memiliki rasa yang cukup pahit namun berkhasiat ampuh sebagai obat diabetes alami. Keringkan daging dan kulit buah mahkota dewa dengan cara dijemur lalu seduh seperti membuat teh, minum air seduhannya pagi siang dan petang, lalu rasakan khasiatnya.

13. Daun Sambiloto

sambiloto
sambiloto

Rupanya obat-obatan untuk diabetes cenderung pahit semua ya sahabat. Hal ini bisa bermanfaat untuk menurunkan kadar gula darah di dalam tubuh penderita diabetes, maupun menjaga keshetan bagi yang masih sehat.

Caranya sama seperti mengolah brotowali, yaitu dengan merebus beberapa lembar daun Sambiloto lalu minum air rebusannya.

14. Daun Tapak Dara

Tapak dara mengandung sebanyak 70 jenis alkaloid yang bisa mengurangi kadar gula yang berlebih dalam darah. Tanaman ini berasal dari Amerika Tengah dengan ciri-ciri yaitu berdaun tebal, bunga berwarna merah keunguan dan putih pada setiap ujung daunnya. Bagian daun tanaman tapak dara bisa menyembuhkan diabetes.

15. Kumis Kucing

Daun Kumis Kucing
Daun Kumis Kucing

Tanaman ini mengandung senyawa myoinotisol, minyak atsiri, serta saponin yang dapat mengaktifkan sel beta pankreas sehingga kinerja pankreas untuk memproduksi insulin tetap normal. Kandungan lainnya yaitu sapofonin, kalium, atau sinensetin yang berperan sebagai anti-inflamasi untuk menyembuhkan luka dan peradangan akibat diabetes yang sulit sembuh.

Pengguanaan kumis kucing untuk pengobatan sudah dikenal sejak lama.

16. Daun Salam

Daun Salam
Daun Salam

Selain sebagai bumbu masakan, daun salam jua merupakan obat berkhasiat untuk memperlancar sirkulasi darah dan sistem metabolisme glukosa sehingga kadar gula darah menjadi normal (diabetes teratasi). Daun salam mengandung senyawa seperti tannin, eugenol, dan flavonoid yang dapat menurunkan kadar gula darah dalam waktu cepat.

 

Caranya dengan merebus beberapa lembar daun salam dengan tiga gelas air hingga satu gelas lalu dinginkan dan minum air rebuisannya.

Itulah beberapa bahan alami yang berkhasiat obat dan mudah ditemukan di sekitar rumah kita. Meskipun bukan saran medis, namun dengan menerapkan pola hidup sehat dengan herbal. Maka kita akan terhindar dari penyakit diabetes yang menakutkan.

Apa yang harus dihindari penderita diabetes?

Karena penderita diabetes harus cermat memilih makanan dan minuman yang dikonsumsi maka ada mkanan dan minuman yang harus dihindari. Berikut ini diantaranya :

  • Tinggi gula : makanan dan minuman yang menggunakan pemanis buatan
  • Tinggi lemak : daging berlemak, jeroan, kulit ayam
  • Produk susu berlemak tinggi
  • Gorengan
  • Minuman beralkohol

 Kesimpulan

Beragamnya pilihan makanan dan minuman di sekitar kita harus dipilih dengan teliti supaya tidak menyebabkan gangguan kesehatan apalagi bisa menimbulkan penyakit yang berbahaya. Mulai sejak dini untuk memilih makanan alami yang sehat dan berkhasiat obat sehingga tubuh mendapatkan gizi berimbang dan bisa menghindarkan diri kita dari resiko terkena penyakit.

Lakukan pengecekan darah secara rutin unutk mengetahui pasti berapa kadar zat yang terkandung di dalamnya. Sehingga bisa melakukan pencegahan sebelum tubuh terserang penyakit sehingga harus bergantung pada obat-obatan. Semoga bermanfaat ya Sahabat YES. Ikuti terus Ysehat.com untuk informasi kesehatan lainnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here