7 Obat Diare Alami Berkhasiat dan Tips (PENTING) Pencegahan Diare

Salam Sehat Sahabat YES. Sedang mencari obat diare alami yang ampuh dan terbukti berkhasiat? Yups…baca sampai tuntas ya! karena pasti bermanfaat untuk anda dan keluarga terutama buat anak-anak Sahabat.

Sekilas tentang diare

Seperti kita ketahui bahwa diare adalah penyakit yang menyerang sistem pencernaan sehingga penderitanya sering sekali buang air besar. Selain sering, diare biasanya disertai rasa sakit pada bagian perut dan kondisi tinja yang encer. Karena terlalu sering buang air besar maka tubuh si penderita menjadi lemas hingga dehidrasi.

Diare sendiri umumnya diakibatkan oleh infeksi bakteri, virus atau parasit lainnya pada sistem pencernaan. Hal ini mungkin dikarenakana makanan dan minuman yang telah terkontaminasi. Namun diare yang berlangsung dalam waktu lama/parah bisa disebabkan oleh :

  • Kolitis ulseratif, suatu kondisi yang berdampak kepada usus besar
  • Crohn, yaitu radang pada lapisan sistem pencernaan
  • kanker usus
  • Sindrom iritasi usus atau terganggunya fungsi usus
  • Radang pankreas kronis

Diare bisa digolongkan kategori penyakit sedang hingga berbahaya tergantung dari penyebab dan penanganan yang dilakukan. Sehingga kita, terutama orang tua harus memahami penyakit ini dan pengobatannya jika terjadi pada anak-anak.

Obat diare modern

Ilustrasi obat-obatan
Ilustrasi obat-obatan modern

Penggunaan obat-obatan modern yang dijual di apotek untuk penyakit diare bisa dibeli sesuai dengan resep dokter. Hal ini untuk menghindari keselahan jenis atau kelebihan dosis obat yang justru akan memperburuk keadaan.

Beberapa jenis obat diare yang biasa digunakan adalah :

  1. Loperamide (Imodium)
  2. Bismuth subsalicylate (Pepto-Bismol®)
  3. Attapulgite

Mungkin masih ada jenis obat lain atau kombinasai obat-obatan jika diare disertai gejala penyakit pencernaan lain. Kami tidak akan membahas panjang lebar obat-obatan jenis ini, karena penggunaan obat modern haruslah berdasarkan pemeriksaan dan resep yang dikeluarkan oleh dokter.

Obat diare alami

ilustrasi obat herbal alami
ilustrasi obat herbal alami

Terdapat banyak  bahan alam di sekitar kita yang sudah digunakan turun temurun dan berkhasiat mengatasi diare. Namun semua ini bukan pengganti saran medis sebagai cara untuk mengobati diare. Berikut bahan alam yang baik untuk meringankan penyakit diare :

1. Daun Jambu Biji

Pucuk daun jambu biji sudah digunakan sejak dulu dan terbukti efektif menghentikan diare. Caranya pun sangat mudah yaitu dengan merebus beberapa lembar daun dengan 3 gelas air sampai tersisa satu gelas. Minum  air rebusan saat hangat. Rasanya memang cukup sepet namun khasiatnya sangat baik sebagai obat diare.

2. Jahe

Minum air parutan jahe atau rebusannya bisa membuat perut hangat dan rileks. Sehingga bisa meredakan sakit akibat diare. Campurkan sedikit madu atau gula merah untuk menambah rasa dan khasiat.

3. Kunyit

kunyit untuk obat diare alami
kunyit untuk obat diare alami

Sifat kunyit yang merupakan anti bakteri alami, efektif membunuh bakteri penyebab diare, sehingga keadaan bisa cepat kembali normal. Minum air parutan kunyit pagi dan petang.

4. Daun Sendok

Jenis tumbuhan ini mungkin mempunyai nama berbeda di setiap daerah. Namun khasiatnya sebagai obat diare alami sudah terbukti ampuh. Rebus beberapa daun sendok dan minum air rebusannya pagi dan petang masing-masing segelas. Jika anak anda yang diare maka cukup berikan setengah gelas saja.

5. Cuka Apel

Nutrisi antibiotik pada cuka apel mampu mengatasi dan mengobati diare. Tambahkan beberapa tetes cuka apel pada makanan atau minuman yang akan dikonsumsi. Lakukan hingga gejala diare mereda.

6. Kayu Manis

kayu manis untuk obat diare
kayu manis untuk obat diare

Sama seperti daun sendok, dan daun jambu biji, minum air rebusan kayu manis juga bisa dilakukan untuk meringankan penyakit diare. Sahabat bisa membeli kayu manis di supermarket atau di pasar yang menjual rempah-rempah. Tambahkan sedikit madu untuk memberikan rasa.

7. Teh Chamomile

Minum teh chamomile pagi siang dan sore efektif mengobati diare karena mengandung nutrisi dan antioksidan kuat.

Masih ada bahan lain berkhasiat untuk mengatasi diare yang tersedia di sekitar kita. Nah di atas adalah beberapa diantaranya.

Perawatan ketika diare

Ketika menderita diare, tubuh kehilangan banyak cairan dalam waktu cepat, sehingga membuat tubuh lemas dan dehidrasi. Sementara keadaan saluran pencernaan sedang terganggu sehingga tidak bisa sembarangan  mengkonsumsi makanan dan minuman. Beberpa tips untuk para penderita diare yaitu :

1. Perbanyak minum air putih

Memperbanyak minum air putih bisa menahan kondisi tubuh tidak dehidrasi. Terpenuhinya kebutuhan cairan tubuh juga akan menunjang semua organ dan sistem di dalam tubuh sehingga bekerja optimal.

berikan minum yang cukup bagi penderita diare
berikan minum yang cukup bagi penderita diare

2. Berikan larutan oralit

Sebagai cairan elektrolit buatan yang mampu menggantikan cairan yang hilang. Oralit bisa dibuat dengan melarutkan 1 sendok teh gula putih dengan seperempat sendok teh garam ke dalam satu gelas air, lalu minum. Memberikan larutan oralit bisa diberikan beberapa kali sehari.

3. Makan makanan lunak

Ketika diare keadaan pencernaan sedang terganggu, sehingga sebaiknya diberikan makanan yang lembek untuk meringankan kerja usus yang mungkin sudah mengalami perdangan jika diare sudah dalam tahap kronis. Setelah gejala akibat diare mereda maka mulai berikan makanan semi padat sampai benar-benar pulih dan pencernaan kembali normal.

4. Hindari makanan tertentu

Ketika diare maka harus dihindari makanan pedas, terlalu asam, bertekstur keras, atau yang beralkohol dan berkafein tinggi. Hindari juga meminum susu sampai diare benar-benar reda. Jangan mengikuti keinginan atau selera yang justru memperburuk keadaan pencernaan.

5. Probiotik

Mengkonsumsi makanan dan minuman yang mengandung probiotik sangat baik bagi penderita diare karena mengandung bakteri baik untuk kesehatan usus. Bakteri baik pada probiotik terdapat pada produk seperti yoghurt dan keju.

6. Istirahat yang cukup

Ketika diare kondisi tubuh menjadi lemah sehingga perlu istirahat yang cukup untuk membantu memulihkan keadaan tubuh kembali normal.

ilusstrasi BAB karena Diare
ilusstrasi BAB karena Diare

Pencegahan

Untuk mencegah terserang diare maka faktor utama yang harus diperhatikan adalah kebersihan. Kebersihan ini mencakup makanan dan minuman yang dikonsumsi harus bersih, sehat, dan bergizi. Kebersihan lingkungan juga berperan penting supaya tidak menjadi sarang kuman, virus dan bakteri. Memilih makanan dan minuman juga harus menjadi perhatian agar tidak menjadi faktor penyebab terjangkit diare.

Rutin melakukan pemeriksaan kesehatan juga bisa mengurangi resiko terkena berbagai penyakit termasuk diare. Dengan pemeriksaan dini akan diketahui penyebab sakit diare sehingga bisa dicegah.

Kesimpulan

Ketika diare menyerang kita akan sangat menderita karena harus bolak-balik ke kamar mandi untuk buang air besar. Selain perut sakit badan juga terasa lemas akibat kehilangan banyak cairan apalagi yang sakit diare adalah anak-anak, perasaan khawatir pasti dirasakan semua orang tua. Segera bawa ke dokter untuk mendapatkan pemeriksaan dan resep obat yang sesuai untuk mengatasi diare.

Dan bantu dengan obat-obatan alami yang sudah kami uraikan diatas untuk diare ringan, atau bahan alami pendamping obat-obatan modern. Jangan anggap sepele diare, karena bisa semakin buruk jika tidak ditangani dengan benar.

Mari tingkatkan kesadaran akan kebersihan diri sendiri, keluarga dan lingkungan agar keluarga sehat Indonesia tetap sehat bahagia bebas penyakit. Baca juga artikel lain tentang informasi penyakit, obat dan tips kesehatan bermanfaat hanya di Yesehat.com ya Sahabat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here