Salam Sehat Sahabat YES, sedang mencari obat flu alami yang aman dan berkhasiat?. Ikuti artikel ini sampai selesai karena kami telah merangkum bahan-bahan alam yang berkhasiat untuk mengurangi gejala flu secara efektif.

flu
flu

Pilek atau Influenza ?

Seiring dengan pergantian musim atau pancaroba, biasanya disertai dengan merebaknya penyakit musiman seperti flu. Namun di masyarakat sering sekali menyamakan antara pilek, demam dan flu. Padahal ada perbedaan antara pilek biasa dengan Influenza/flu. Lalu apa perbedaannya ?, maka berikut akan kami uraikan

Pilek Biasa

Merupakan infeksi saluran pernapasan atas disebabkan oleh banyak jenis virus, salah satu yang paling terkenal mudah dan banyak menularkan adalah jenis rhinovirus. Gejala pilek lebih ringan dari pada flu. Penderita akan mengalami bersin-bersin, sakit tenggorokan dan hidung berair kemudian tersumbat. Pilek juga biasa diikuti dengan demam. Namun pilek akan hilang antara 5-7 hari (berbeda pada tiap orang tergantung kondisi dan daya tahan tubuh). Meskipun cenderung ringan dan diderita dalam waktu singkat, namun pilek bisa terjadi sepanjang tahun dan dapat menyerang berkali-kali.

Flu atau Influenza

Meskipun mirip dengan gejala pilek biasa, namun penyebab flu berbeda jenis virusnya yaitu virus influenza tipe A, B dan C. Penyebran flu bisa terjadi sepanjang tahun meskipun lebih cenderung musiman terutama terjadi saat musim penghujan. Gejala yang ditimbulkan lebih berat dari pada pilek, diantaranya : sakit tenggorokan, kepala terasa berat, badan gemetar mengigil, nyeri otot di sekujur tubuh, disertai demam tinggi.

ilustrasi sakit
ilustrasi sakit

Obat Flu

Kami selalu menyarankan untuk melakukakn pemeriksaan ke dokter jika mengalami gejala atau tanda awal suatu penyakit termasuk flu. Sehingga diketahui dengan pasti penyebab dan akan diberikan saran medis yang tepat. Namun sering sekali kita cukup  minum obat bebas atau obat warung unutk meredakan gejala flu.

Mungkin diantara obat-obatan berizin edar bebas di apotek atau warung sebagian besarnya adalah obat pilek, flu dan demam. Sehingga kita tidak akan kesulitan unutk mencari obat kimia pereda sakit flu. Untuk pengobatan dengan menggunakan obat bebas atau istilahnya obat warung maka harus diperhatikan benar tentang aturan pakai, komposisi, efek samping dan dosis pemakaian. Hal ini penting supaya tidak terjadi hal yang lebih buruk.

ilustrasi obat
ilustrasi obat

Zat kimia yang lazim digunakan sebagai obat flu diantaranya Asetaminofen alias Parasetamol, Asetosal, Salisilamida, Fenilefrin, Efedrin, Phenylpropanolamin HCl, dan lainnya.

Lalu apakah ada obat-obatan dari bahan alami yang mampu mengurangi gejala flu atau setidaknya meringankan ?

Maka dibawah ini adalah beberapa bahan di sekitar kita yang memiliki khasiat dan dapat dijadikan obat flu di rumah.

Obat Flu Alami

1. Minum Air Putih

minum air putih
minum air putih

Terasa bukan obat ya Sahabat?. Tapi jangan salah, minum air putih yang mencukupi, selain untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh juga memiliki banyak manfaat termasuk mengatasi akibat dari pilek dan flu. Dengan minum air putih yang banyak tubuh akan terbebas dari dehidrasi, menjaga suhu tubuh tetap normal, membantu mengeluarkan partikel racun, dan membuat fungsi semua organ tetap optimal.

2. Berkumur air garam

Dengan berkumur menggunakan air garam maka akan membantu mengeluarkan lendir dan dahak yang diakibatkan oleh flu. Garam juga bisa membunuh virus dan bakteri yang bersarang di mulut hingga, flu bisa segera sembuh.

3. Sup Ayam

Sup Ayam hangat dapat mengurangi peradangan di tenggorokan akibat flu, sehingga tenggorokan kembali lega dan membantu membersihkan lendir yang mengganggu pernapasan. Kandungan gizi dalam sup ayam campur sayur juga sangat dibutuhkan untuk tubuh supaya tetap fit melawan serangan virus.

4. Bawang Putih

Rasa dan aromanya memang tidak disukai, namun khasiat dari bawang putih mentah sangat bermanfaat unutk membantu meringankan peradangan pada tenggorokan, dan sebagai anti oksidan alami. Jika memang tidak menyukai jangan dipaksakan dan lebih baik menggunakan alternatif lain dari pada muntah karena rasa dan aromanya.

5. Madu dan jahe

Madu untuk kesehatan
Madu untuk kesehatan

Khasiat madu dan jahe sudah tidak diragukan sebagai obat alami yang ampuh mengatasi banyak penyakit termasuk flu. Minum rebusan jahe plus madu juga dapat menghangatkan badan saat cuaca dingin.

6. Kunyit

Satu lagi dari jenis rempah yaitu kunyit. Seperti jahe, minum air kunyit juga ampuh membantu mengatasi flu. Karena kunyit merupakan antibakteri dan antivirus alami. Sahabat bisa minum jamu kunyit atau mencampur bubuk kunyit ke dalam susu hangat.

7. Kayu Manis

Kayu manis merupakan antioksdian dan antibakteri alami, selain ampuh unutk melawan flu, kayu manis juga berkhasiat meredakan batuk dan sinus yang mungkin menyertai flu.

8. Teh Hijau

Selain sebagai minuman tradisi di beberapa Negara seperti Cina dan Jepang, teh hijau ternyata merupakan antioksidan kuat yang mampu menangkal virus dan bakteri yang masuk ke dalam tubuh.

Selain berkhasiat obat. minum teh hijau hangat dapat membantu tubuh dan pikiran menjadi lebih rileks.

9. Buah-buahan mengandung vit C

buah-buahan mengandung vitamin c
buah-buahan mengandung vitamin c

Untuk membantu tubuh melawan virus influenza maka daya tahan tubuh harus prima, hal ini bisa dibantu dengan memakan buah-buahan yang mengandung vitamin C tinggi seperti : Jambu Biji, Jeruk, Apel, dan Manggis.

10. Jeruk Nipis

Selain mengandung vitamin C, jeruk nipis merupakan obat batuk alami. Jeruk nipis akan sangat membantu ketika flu anda disertai dengan batuk.

11. Minyak kayu putih

Oleskan dekat hidung atau hirup aroma minyak kayu putih dapat melegakan tenggorokan dan mengencerkan dahak. Oleskan ke perut bisa menghangatkan badan ketika flu membuat anda menggigil.

Pencegahan Flu

Untuk mencegah terkena flu ada beberpa tips yang dapat dilakukan dalm menjalani aktifitas sehari-hari daintaranya:

1. Menggunakan masker

Pilek dan Influenza sangat mudah menyebar melalui udara dari batuk atau bersin penderita. Oleh karena itu menggunakan masker mulut dapat meminimalkan resiko anda tertular influenza dari orang lain.

2. Meningkatkan pola hidup sehat saat musim hujan

lindungi keluarga saat musim hujan
lindungi keluarga saat musim hujan

Musim hujan adalah saat yang beresiko terjadinya penyebaran influenza. Jadi kewaspadaan perlu ditingkatkan dengan pola makan, istirahat, dan olah raga yang diperbaiki.

3. Menggunakan pakaian yang aman dan nyaman

Kehujanan dan udara dingin memudahkan tubuh terkena flu, maka dari itu menggunakan pakaian tebal yang hangat, seta menyiapkan payung atau jas hujan sangat membantu saat cuaca tidak menentu.

4. Biasakan mencuci tangan dan mandi pakai air bersih dan sabun

Jadikan kebiasaan sehat seperti mencuci tangan dan mandi dengan sabun kesehatan, akan meghindarkan anda dari resiko terkena flu.

cuci tangan dengan sabun
cuci tangan dengan sabun

Kesimpulan

Banyak orang yang menganggap pilek dan flu sebagai penyakit ringan sehingga pengobatannya cukup dengan menggunakan obat warung, namun sebaiknya segera periksakan ke dokter jika anda mulai merasakan gejala influenza supaya tidak berkembang menjadi penyakit yang lebih parah. Pengobatan dengan bahan alam di sekitar kita bisa dicoba di rumah meskipun itu bukanlah pengganti saran medis dari dokter atau tenaga kesehatan profesional lainnya.

Menjaga kesehatan diri dan lingkuangn serta meningkatkan kewaspadaan saat pergantian musim sangat diperlukan agar kita dan sekitar tidak menjadi tempat penyebaran virus influenza. Terapkan pola hidup sehat di keluarga Sahabat supaya terhindar dari berbagai penyakit.

Semoga informasi yang kami berikan bermanfaat untuk kita semua. Sehingga bisa terus sehat dan bahagia. Terima kasih Sahabat YES, dan jangan lupa ikuti informasi dan tips kesehatan lainnya hanya di Yesehat.com…

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here