Salam Sehat Sahabat YES, kembali bertemu dengan kami untuk berbagi informasi dan tips kesehatan terbaru. Apa yang anda bayangkan ketika mendengar kata “kolesterol”?, penyakit? makanan tertentu? atau lainnya? Kita akan bahas tuntas tentang apa itu kolesterol, resiko akibat kolesterol tinggi dan apa obat kolesterol ?

Kolesterol adalah?

Kolesterol adalah zat yang terdapat di dalam tubuh dan dibutuhkan untuk proses pembentukan hormon (seperti estrogen, testosteron, dan kortisol), vitamin D, dan asam empedu untuk membantu mencerna lemak dari makanan. Tubuh kita sendiri dapat memproduksi kolesterol dalam jumlah kecil. Sedangkan sebagian besar kolesterol yang terdapat dalam tubuh diperoleh dari makanan yang kita konsumsi. Makanan yang mengandung kolesterol adalah jenis makanan yang mengandung lemak jenuh dan lemak trans. . Namun, jumlah kolesterol yang berlebihan di dalam darah bisa membahayakan karena akan menumpuk pada dinding-dinding arteri. Penumpukan ini berakibat kepada penyempitan dan terhambatnya aliran darah di pembuluh nadi.

Bentuknya sendiri adalah lilin seperti lemak yang terdapat di dalam semua sel di dalam tubuh. Di dalam tubuh kolesterol bergerak melalui darah dalam bentuk lipoprotein. Lipoprotein ini sendiri terbuat dari protein yang bagian luarnya terbungkus lemak. Di dalam tubuh kita lipoprotein terdiri dari dua jenis yaitu :

1. Low Density Lipoprotein (LDL)

Jenis ini disebut sebagai kolesterol jahat, sehingga jumlahnya di dalam tubuh tidak boleh tinggi melebihi batas normal. Jika terlalu tinggi maka dapat menyebabkan pembentukan dinding-dinding yang menyumbat pembuluh nadi sehingga mengganggu peredaran darah. Untuk batas LDL yang masih dianggap normal adalah dibawah 100mg/dL

2. High Density Lipoprotein (HDL)

Jenis ini disebut kolesterol baik. Sehingga jumlahnya di dalam tubuh tidak boleh kurang, bahkan lebih baik jika angka HDL lebih tinggi dari pada LDL. Karena HDL akan mebawa kolesterol dari bagian tubuh lain kembali ke hati untuk dipecah dan dikeluarkan dari tubuh.

Kadar normal kolesterol di dalam tubuh

Sangat penting untuk mengetahui kadar kolesterol yang terdapat di dalam tubuh kita. Hal ini akan membantu Sahabat terhindar dari berbagai resiko penyakit kronis akibat tumpukan kolesterol jahat. Lakukan pengecekan sebelum kolesterol anda tinggi karena mencegah lebih baik dari pada mengobati. Konsultasikan dengan dokter mengenai kondisi kolesterol anda sehingga mendapatkan saran medis yang tepat.

Dengan mengetahui kadar kolesterol di dalam tubuh Sahabat tentunya akan lebih waspada dengan berbagai faktor yang membahayakan seperti konsumsi makanan dan lainnya.

Ilustrasi pembuluh darah yang sehat
Ilustrasi pembuluh darah yang sehat

Resiko kolesterol jahat tinggi

Jika kandungan kolesterol jahat tertalu tinggi di dalam tubuh maka resiko yang ditimbulkan sangat banyak dan berbahaya. Beberapa diantara resiko bisa menyebabkan penyakit kronis seperti stroke dan serangan jantung. Berikut beberapa resiko lain yang mungkin akan dialami jika kolesterol terlalu tinggi di dalam tubuh :

1. Meningkatkan resiko stroke dan serangan jantung

Kolesterol yang menyumbat dan mempersempit pembuluh nadi, mempersulit peredaran darah menuju jantung sehingga bisa terjadi gagal jantung, sedangkan terhambatnya aliran darah ke otak dapat menyebabkan stroke.

2. Memicu Aterosklerosis

Adalah pengerasan dan penyempitan pembuluh nadi yang bisa beresiko menimbulkan gangguan kesehatan di berbagai organ dan fungsinya.

3. Menyebabkan pembentukan batu empedu

Dengan konsentrasi kolesterol jahat tinggi maka keseimbangan di empedu menjadi terganggu dan akhirnya endapan kolesterol ini mengakibtakan penyakit batu empedu.

Resiko dari kolesterol tinggi lebih berbahaya karena tidak menunjukan gejala khusus sebelumnya. Sehingga penderita baru akan menyadari setelah meraskan penyakit lain yang diakibatkan oleh kolesterol jahat yang tinggi. Untuk mengurangi resiko maka jalan satu-satunya adalah pengecekan secara rutin kondisi tubuh anda. Selain menerapkan pola hidup sehat tentunya dan menghindari semua faktor yang dapat memicu kolesterol tinggi.

Faktor yang dapat menyebabkan kolesterol jahat tinggi di dalam tubuh.

Baik kadar LDL maupun HDL sebenarnya diproduksi secara alami oleh tubuh, namun jumlahnya bertambah besar akibat beberapa faktor berikut :

1. Makanan

hindari makanan berkolesterol tinggi
hindari makanan berkolesterol tinggi

Karena kolesterol diproduksi secara alami oleh hampir setiap mahkluk hidup, maka ketika kita makan, tubuh kita mendapat kolesterol tambahan dari makanan tersebut. Beberapa jenis makanan yang mengandung kolesterol tinggi adalah : gorengan, lemak pada daging, jeroan dan kulit ayam.

2. Usia

Semakin bertambah usia kita maka tumpukan kolesterol di dalam tubuh kita juga cenderung bertambah. Fungsi dari organ-rgan tubuh juga menurun sehingga semakin tua, resiko kolesterol tinggi semakin tinggi. Sehingga harus semakin mewaspadai dan menyadari diri.

3. Berat Badan

Orang dengan berat badan tinggi apalagi mencapai obesitas, maka memiliki kadar LDL lebih tinggi dari pada orang yang relatif kurus. Sehingga mempertahankan bentuk dan berat badan ideal harus selalu diperhatikan.

4. Keluarga

Faktor keturunan mempunyai resiko dalam hal kandungan resiko kolesterol tinggi. Meskipun bukan faktor utama, namun waspada harus lebih tinggi bagi orang dengan keluarga yang mempunyai riwayat kolesterol tinggi.

5. Kurang Olahraga

Olahraga atau aktifitas fisik lain sangat penting untuk kebugaran dan membantu tubuh tetap sehat. Dengan berolahraga akan merubah partikel LDL menjadi HDL. Sehingga olahraga harus rutin dilakukan supaya kadar kolesterol dalam tubuh tetap seimbang.

Obat kolesterol alami

Untuk mengobati atau menyeimbangkan kadar kolesterol dalam tubuh, sudah tersedia beragam obat-obatan modern berbahan kimia, maupun suplemen herbal yang dapat dibeli di apotek. Kami selalu mengingatkan bahwa penggunaan obat-obatan baik modern maupun herbal alami haruslah dikonsultasikan terlebih dahulu dengan tenaga kesehatan professional. Supaya diketahui kadar kolesterol dalam tubuh kita dan pengobatan apa yang sesuai, karena pastinya berbeda tergantung keadaan setiap orang.

Berikut akan kami sampaikan beberapa obat kolesterol alami yang aman dan berkhasiat karena menggunakan bahan alami di sekitar kita. Dan diantaranya adalah :

1. Buah-buahan

buah-buahan cegah kolesterol jahat
buah-buahan cegah kolesterol jahat

Mengkonsumsi buah-buahan dengan porsi harian yang mencukupi dan beragam akan membantu anda menjaga kesehatan dan mencegah gangguan penyakit. Untuk menyeimbangkan kadar kolesterol dalam tubuh Sahabat bisa mengkonsumsi buah-buahan sebagai berikut :

  • Pisang

Buah tropis yang satu ini memang memilki banyak khasiat termasuk menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh. kandung an vitamin dan mineral dalam pisang mampu membantu keseimbangan kadar kolestertol darah.

  • Jeruk

Jeruk kaya akan serat larut air yang dapat mengikat kolesterol yang terserap di usus halus. Kandungan vit C nya yang tinggi membantu mencegah penumpukan kadar LDL dan penyakit kardiovaskuler. Selain rasanya yang manis, jeruk juga ternyata manfaatnya sangat baik ya Sahabat.

  • Apel

Apel juga kaya serat larut air yang dapat mengikat kolesterol jahat. Terutama kulit buah apel yang mengandung pektin dalm jumlah yang tinggi. Jadi makan buah apel dengan kulitnya ya Sahabat, jangan dikupas, cuci saja sampai bersih.

  • Pepaya

Papaya mengandung antioksidan seperti likopen, vitamin C, dan vitamin E. Kolestrol menempel pada pembuluh darah jika terjadi oksidasi, hingga akhirnya berkumpul membentuk plak dan menutupi pembuluh darah. Vitamin E dan C pada pepaya akan menyatu dengan enzim yang disebut paraxonase yang akan menghambat terjadinya oksidasi kolesterol di dalam pembuluh darah.

  • Alpukat

Selain enak rasanya apalagi ketika dibuat jus, buah alpukat adalah sumber lemak tak jenuh tunggal yang baik untuk kesehatan jantung. Selain itu alpukat juga mengandung vitamin, mineral, serta senyawa yang menghambat penyerapan kolesterol dalam tubuh.

  • Keluarga Berries

Yang termasuk buah-buahan keluarga berries ini adalah seperti strawberry, blueberry, atau cranberry. Semuanya mengandung pektin, serat larut air yang tinggi. Dengan mengkonsumsi buah mengandung pektin tinggi maka kadar LDL akan menurun dan tergantikan oleh HDL.

  • Buah Pir

Buah yang berwarna putih dan mengandung banyak air ini kaya akan serat yang ampuh mengatasi kadar kolesterol tinggi.

  • Jambu Biji

Buah jambu biji merupakan sumber vit C dan antioksidan yang sangat tinggi. Sehingga berkhasiat sebagai obat kolesterol alami.

  • Anggur

Buah anggur merupakan antioksidan tinggi dan serat latur air, terutama anggur berwaran merah. Tapi makan anggur yang segar ya sahabat untuk mengambil manfaatnya sebagai obat kolesterol alami, bukan anggur yang sudah diekstrak menjadi minuman beralkohol.

Tentunya masih ada buah-buahan lain yang manfaatnya baik untuk kesehatan tubuh dalam menyeimbangkan kadar kolesterol di dalam tubuh.

2. Kulit Manggis

Sudah sejak lama kulit manggis terbukti dapat digunakan sebagai obat kolesterol. Kenapa manggis tidak dimasukan ke dalam kelompok buah-buahan? Kerana  kandungan vitamin dan mineral pada manggis ternyata lebih tinggi ada pada kulitnya. Sudah banyak produk ekstrak kulit manggis di pasaran yang praktis dan tinggal minum. Namun untuk mengolah sendiri di rumah bisa dengan mengeringkan kulitnya lalu direbus hingga mendidih dan minum air rebusannya.

3. Oat

Mengganti menu sarapan dan makan siang anda dengan oat lebih sehat dan berkhasiat menurunkan kadar LDL dalam darah. Karena serat alami dan vitamin yang lebih komplek pada oat atau gandum. Bagi Sahabat yang belum terbiasa memang akan kesulitan, namun jika sudah rutin dijalani maka akan terbiasa juga. Jangan ada pikiran lagi kalau belum makan nasi berarti belum makan, ya Sahabat.

4. Sayur-sayuran

sayuran bisa menurunkan kolesterol jahat
sayuran bisa menurunkan kolesterol jahat

Mengkonsumsi sayuran merupakan menu wajib karena berkhasiat sebagai obat kolesterol alami. Diantara sayuran yang baik adalah :

  • Bayam

Bayam mengandung banyak lutein, yang mampu menjaga kesehatan mata akibat degenerasi makula terkait usia. Penelitian juga menunjukkan setengah cangkir makanan yang kaya akan lutein setiap hari mampu mencegah serangan jantung.

  • Brokoli

Sama seperti halnya bayam, brokoli juga mengandung serat alami yang bisa mengikat kolesterol jahat. Sehingga menurunkan resiko kolesterol tinggi.

  • Biji-bijian utuh

Nutrisi yang tinggi di dalam biji-bijian utuh dapat meningkatkan kemampuan sel di dalam tubuh berkembang dengan baik untuk mencegah efek dari radikal bebas baik dari luar atau dalam tubuh. Biji-bijian utuh sangat penting untuk kesehatan dan menyediakan berbagai nutrisi seperti protein, fiber, zat besi, magnesium, fosfor, seng, tembaga, mangan, selenium dan vitamin B.

5.Bekatul

Bekatul adalah kulit ari pada beras, yang banyak mengandung Tokotrienol berfungsi menghambat kerja enzim yang bisa menimbun kolesterol di tubuh. Memang cukup sulit untuk mendapatkan bekatul pada zaman sekarang ini.

6. Teh

Minum teh hangat ampuh membantu menyeimbangkan kadar koleterol di dalam tubuh. Jadi selain minum air putih yang cukup, selingi dengan minum teh hangat untuk memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh.

7. Minyak zaitun

minyak zaitun mengandung kolesterol baik
minyak zaitun mengandung kolesterol baik

Minyak zaitun yang penuh dengan lemak tak jenuh ini sangat baik untuk tubuh dan mampu menurunkan kadar kolestrol jahat. Gunakan minyak zaitun untuk membuat salad atau memasak makanan lainnya.

8. Minyak ikan

Minyak ikan yang mengandung omega-3sangat baik untuk kesehatan tubuh. Lemak omega-3 terbukti mampu menangkal penyakit jantung, demensia, dan penyakit lainnya.

Itulah Sahabat beberapa bahan alami yang berkhasiat sebagai obat kolesterol alami yang mudah didapat dan dapat dikonsumsi secara rutin. Masih banyak sebenarnya bahan alami lainnya yang berkhasiat. Konsultasikan dengan ahli gizi Sahabat untuk mendapatkan rekomendasi jumlah dan jenis makanan apa saja yang harus dikonsumsi agar kadar kolesterol dalam tubuh tidak membahayakan.

Pencegahan agar kadar kolesterol tidak berbahaya bagi tubuh.

Untuk menjaga agar kadar kolesterol tetap simbang dan tubuh terus sehat maka dapat dilakukan berbagai upaya berikut ini :

1. Ubah pola makan

Bagi Sahabat yang sudah terbiasa makan apa saja tanpa memperhatikan kandungan gizi dan resiko yang mungkin ditimbulkan, maka mulai dari sekarang mulailah rubah pola tersebut. Sayangi diri anda dengan menjalani pola hidup sehat berimbang dengan makanan yang rendah lemak, tinggi serat, vitamin dan nutrisi lainnya. Hindari makanan yang dapat memicu tingginya kadar LDL dalam tubuh seperti gorengan, jeroan dan sebagainya.

2. Olahraga secara teratur

olahraga untuk kesehatan tubuh
olahraga untuk kesehatan tubuh

Biasakan berolahraga atau beraktifitas fisik untuk menjaga metabolisme tubuh tetap lancer, membakar timbunan lemak, serta menjaga kebugaran tubuh agar tetap fit dalam berkatifitas lainnya. Jangan malas-malasan karena hanya akan berakibat buruk bagi kesehatan. Pilihlah olah raga ringan yang dapat dilakukan disela aktifitas jika anda terlalu sibuk bekerja.

3. Menjaga berat dan ukuran tubuh

Usahakan untuk terus menjaga ukuran dan berat badan Sahabat agar tetap ideal. Karena kegemukan atau obesitas lebih beresiko menderita berbagai penyakit. Selain lebih sehat, dengan bentuk tubuh ideal maka akan dapat meningkatkan rasa percaya diri.

4. Turunkan tingkat stress

Dengan stress yang tinggi maka akan mempengaruhi pikiran dan fungsi dari organ-organ dalam tubuh tidak bekerja secara optimal. Hal ini akan mengundang berbagai penyakit. Dan biasanya sangat berpengaruh terhadap pola hidup Sahabat.

5. Perbaiki pola istirahat

Dengan pola waktu istirahat yang benar dan tercukupi maka kinerja dari seluruh sistem tubuh akan maksimal. Dengan fungsi organ yang normal maka anada dapat terhindar dari resiko penyakit kronis.

6. Berhenti Merokok

jangan merokok
jangan merokok

Sudah sangat jelas bahaya perokok aktif, bahkan membahayakan juga bagi perokok pasif. Sehingga mulai dari sekarang berhentilah merokok sebelum anda terserang berbagai penyakit. Alihkan perhatian anda dengan melakukan aktifitas lain yang menyenangkan dari pada menghabiskan waktu dan uang untuk merokok.

Nah semoga beberapa tips mencegah kadar kolesterol tinggi diatas bermanfaat untuk Sahabat.

Kesimpulan

Jangan lagi takut ketika mendengar kata kolesterol ya Sahabat. Karena zat ini dibutuhkan oleh tubuh kita agar tetap sehat loh. Yang harus diperhatikan adalah bagaimana cara agar kadar kolesterol dalam tubuh kita tetap seimbang sehingga tidak berbahaya untuk kesehatan. Karena jika kita tidak peduli, maka resiko yang dihadapi adalah berbagai penyakit yang mengkhawatirkan. Sebut saja resiko serangan jantung sampai stroke.

Untuk itu mulailah peduli dengan keadaan tubuh kita. Lakukan pengecekan kesehatan, dalam hal ini kadar kolesterol dalam darah supaya lebih waspada dalam menjalani pola hidup Sahabat. Mulailah dari sekarang untuk menerapkan pola hidup sehat dengan mengkonsumsi makanan yang juga berfungsi sebagai obat kolesterol alami dibanding yang justru dapat memicu naiknya kolesterol dalam tubuh. Sehingga bisa mencegah timbulnya gangguan kesehatan yang dapat berdampak buruk bagi kesehatan.

Demikianlah Sahabat informasi mengenai kolesterol dan obat kolesterol alami. Pastinya bermanfaat untuk kita semua. Bagikan informasi ini kepada orang-orang yang anda cintai sehingga kita semua bisa tetap sehat dan bahagia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here