ilustrasi lambung

Salam Sehat Sahabat YES. Beberapa waktu lalu kami membahas tentang penyakit asam lambung dan pengobatannya, nah kali ini kami akan memberikan informasi mengenai penyakit dan gejala yang mirip namun berbeda yaitu penyakit Maag. Ikuti sampai selesai karena kami telah merangkum obat maag alami yang bisa dicoba di rumah, aman dan berkhasiat.

Apa perbedaan maag dengan asam lambung?

Keluhan, gejala dan area yang sama antara penyakit asam lambung dan maag seringkali membingungkan. Untuk itu kita harus tahu definisi masing-masing.

Asam lambung

Penyakit asam lambung adalah naiknya asam yang dihasilkan lambung ke kerongkongan karena jumlah produksi asam lambung yang berlebih atau karena faktor lainnya. Akibat yang ditimbulkan adalah nyeri di ulu hati dan sensasi panas seperti terbakar di area dada sampai ke tenggorokan. Asam lambung yang naik akan mengiritasi saluran tenggorokan hingga menimbulkan keluhan lain. Asam lambung bisa diakibatkan oleh faktor makanan, kebiasaan tidur setalah selesai makan, mengkonsumsi alkohol dan kafein berlebih, merokok dan lainnya.

Maag

Maag merupakan penyakit yang diderita setelah terjadinya peradangan di dalam lambung. Akibat yang ditimbulkan adalah rasa nyeri yang bisa terasa sampai sangat kronis. Penyakit maag bisa kambuh sewaktu-waktu. Kondisi ini tidak bisa diobati sampai total karena dinding lambung sudah mengalami luka sehingga mengalami perubahan reaksi ketika makanan masuk ke lambung. Selain menimbulkan rasa nyeri, mual, maka gejala lain mungkin menimbulkan : kehilangan mafsu makan, kesulitan tidur, kehilangan konsentrasi, penurunan berat badan, dan lainnya. Penyakit maag bisa ditimbulkan oleh : pola makan yang tidak teratur dan sering ditunda-tunda, porsi makan yang berlebih, mengkonsumsi makanan yang terlalu asam atau pedas, kekurangan cairan dalam tubuh.

ilustrasi lambung
ilustrasi lambung

Pengobatan penyakit maag

Untuk pengobatan dan penjelasan mengenai asam lambung bisa dilihat di sini. Sementara untuk penyakit maag akan kita uraikan di bawah ini.

Obat maag modern

Untuk pengobatan penyakit maag menggunakan obat modern sangat umum dilakukan. Banyak produk obat maag yang dijual secara bebas di apotek dan warung-warung. Namun sebaiknya sahabat melakukan permeriksaan dan konsultasi dengan dokter supaya mendapat diagnosa yang tepat. Sehingga penggunaan obat tepat dan cepat meredakan sakit maag.

Produk obat yang beredar di masyarakat bisa ditemukan dalam bentuk padat seperti pil, atau cair. Baca aturan pakai jika memang memilih meredakan gejala maag dengan menggunakan obat maag yang dijual bebas.

Obat maag alami

Untuk mengobati penyakit maag secara alami, maka banyak sekali bahan yang bisa digunakan dan mudah didapat di sekitar kita. Rangkuman obat maag alami yang akan kami sampaikan adalah berdasarkan penggunaan turun temurun telah terbukti ampuh berkhasiat. Namun semunya bukanlah pengganti saran medis dari dokter anada unutk pengobatan yang lebih maksimal.

ilustrasi obat herbal alami
ilustrasi obat herbal alami

Berikut beberapa obat maag alami yang bisa dicoba di rumah :

1. Kunyit

Sebagai rempah, bumbu masak, bahan jamu, kunyit juga ampuh mengatasi gejala maag. Selain berkhasiat bahkan unutk maag yang kondisinya sudah kronis, penggunaan secara rutin juga tetap aman tanpa efek samping.

Minum air perasan kunyit pagi dan petang bisa langsung terasa manfaatnya bagi kesehatn tubuh. Semua karena zat aktif yang banyak terkandung di dalam kunyit.

2. Temulawak

Temulawak sebenarnya masih keluarga kunyit namun dengan ukuran lebih besar. Khasiatnya sama seperti kunyit. Efektif unutk mencegah dan meredakan gejala akibat maag. Pengolahannya sama seperti pada kunyit.

Meminum air perasan dari parutan temulawak bisa dilakukan pagi dan sore. Atau anda bisa membeli jamu temulawak yang biasanya ada di tukang jamu.

3. Jahe

Sepertinya tidak lengkap menyebutkan obat alami tanpa menyebutkan jahe. Karena memang telah terbukti khasiatnya dalam mengatasi banyak penyakit. Minum air perasannya atau direbus dengan sedikit gula merah, bisa membantu meredakan gejala maag

4. Sawo muda

Buah sawo yang masih muda sangat ampuh untuk meredakan dan mencegah penyakit maag kambuh kembali. Parut buah sawo muda dicampur dengan bawang merah secukupnya. Minum 2 kali sehari dan ulangai beberapa hari sampai gejala maag reda.

5. Daun jambu biji

Selain berkhasiat mengatasi diare, rebusan daun jambu biji telah terbukti mampu mengobati gejala penyakit maag hingga jarang kambuh lagi. Cuci beberapa lembar daun jambu biji lalu rebus sampai mendidih, saring dan minum saat air rebusan hangat. Minum 2 kali pada pagi dan petang sampai sakit maag berkurang

6. Lidah buaya

Sifat antiradang dalam lidah buaya efektif mengatasi peradangan di lambung, sehingga bisa mengurangi gejala penyakit maag. Untuk menambah khasiat maka tambahkanlah madu secukupnya ke dalam ramuan lidah buaya. Caranya dengan membuat jus madu lidah buaya dan minum 3 gelas per hari.

7. Daun salam

Selain untuk bumbu masakan, daun salam mengandung zat aktif yang bisa membantu meredakan banyak serangan penyakit termasuk maag.

Caranya pun mudah, cukup dengan merebus daun salam dan meminum air rebusannya. Tambahkan sedikit madu atau gula merah unutk menambah rasa.

8. Daun pepaya

Daun dan biji pepaya bisa digunakan untuk pengobatan penyakit maag dengan cara merebusnya atau makan daun pepaya muda. Daun pepaya juga bisa diolah menjaadi masakan berikut dengan bunga pepaya. Meskipun rasanya pahit namun khasiat dan manfaatnya bagi tubuh tidak perlu diragukan.

9. Teh chamomile

Meskipun ada yang mengatakan penderita tidak boleh minum teh, namun untuk teh chamomile ini merupakan pengecualian karena justru akan membantu pencernaan akibat kandungan minyak esensial yang terkandung di dalamnya. Minum teh chamomile pada pagi dan petang.

Itulah beberapa bahan alami di sekitar kita yang ampuh unutk mengtasi penyakit maag.

Bagi penderita maag harus sangat memperhatikan pola makan dan jenis makanan yang dikonsumsi. Karena akan sangat berpengaruh terhadap kondisi maag anda.

 

Berikut ini beberapa makanan yang sebaiknya dihindari oleh penderita maag :

  • Makanan terlalu pedas
  • Makanan tinggi gula
  • Makanan tinggi lemak
  • Gorengan
  • Minuman berkafein
  • Minuman bersoda
  • Minuman beralkohol

Kendalikan nafsu makan anda supaya penyakit maag tidak kambuh. Perhatikan juga pola makan yang teratur dengan gizi berimbang. Berkonsultasi dengan ahli gizi tentang makanan dan minuman unutk anda akan sangat membantu supaya gejala maag tidak kambuh dan menyiksa.

Cara mencegah penyakit maag

Untuk mencegah terkena penyakit maag atau untuk anda yang sedang dalam masa perawatan maka sebaiknya memperhatikan beberapa tips yang akan kami sampaikan berikut ini :

Berhenti merokok

Zat yang terkandung dalam rokok sudah terbukti sangat berbahaya bagi kesehatan. Nikotin yang tekandung dalam rokok akan memberikan efek relaksasi pada otot sehingga otot di saluran pencernaan ikut lemah sehingga tidak bisa mempertahankan isi lambung agar tidak naik.

Perbaiki pola makan

Faktor utama yang menyebabkan masalah pada lambung adalah makanan dan minuman sehingga untuk menjaga fungsi dan kondisi lambung, wajib bagi kita untuk memperbaiki pola makan yang sehat dan benar. Waktu makan yang teratur, porsi seimbang, dan kandungan gizi beragam. Pilih makan yang berkhasiat obat dan hindari makanan yang telah kami uraikan di atas.

Pertahankan postur dan berat badan ideal

Dengan memiliki postur tubuh ideal, maka sudah pasti terbebas dari obesitas yang beresiko menderita penyakit lebih besar. Selain itu juga lebih enak dipandang dan percaya diri. Orang dengan berat badan berlebih biasanya disertai jumlah makanan yang dikonsumsi sehari-hari dalam jumlah besar, sehingga kerja lambung menjadi semakin berat.

Berhati-hati mengkonsumsi obat

Penggunaan obat-obatan tanpa pengawasan atau saran dari dokter sangat berbahaya bagi lambung anda. Karena semua makanan dan minuman akan melewati lambung, termasuk obat-obatan yang melebihi dosis atau tidak sesuai dengan sakit yang sedang didertita. Jadi berkonsultasilah dengan dokter setiap akan mengkonsumsi obat-obatan atau suplemen. Jika menggunakan obat dengan izin edar bebas di warung atau apotek maka perhatikan dengan teliti semua petunjuk yang terdapat di dalam kemasan.

Perbaiki pola istirahat

jangan makan langsung tidur. dan tidurlah yang cukup

Dengan waktu tidur yang teratur maka proses pencernaan menjadi lebih lancar. Dan resiko maag jadi menurun jika dibandingkan dengan orang yang tidak teratur dalam waktu, durasi dan kebiasaan tidur lainnya.

Hindari stress tingkat tinggi

Dengan tingkat stress yang tinggi maka kinerja organ dalam tubuh biasanya akan terganggu sehingga tidak bekerja optimal. Ketika stress orang cenderung mengalami berbagai perubahan seperti berkurangnya nafsu makan atau sering marah-marah sehingga meningkatkan resiko maag.

Itulah beberapa tips untukĀ  mencegah terkena penyakit maag.

Kesimpulan

Meskipun gejala dan area yang sakit relatif sama, nyatanya ada perbedaan antara penyakit asam lambung dengan penyakit maag. Namun dua-duanya memerlukan tindakan medis sesegera mungkin sebelum bertambah parah dan semakin menyiksa.

Lambung yang sudah terluka kronis tidak bisa disembuhkan total, namun bukan berarti penyakit maag tidak bisa diatasi. Banyak pengobatan yang bisa dipilih, tentunya setelah berkonsultasi dan memeriksakan kesehatan Sahabat dengan dokter. Dengan memulai menerapkan pola hidup sehat secara menyeluruh maka anda akan terhinadar dari berbagai masalah penyakit.

Semoga informasi yang kamai sampaikan bermanfaat untuk kita semua sehingga bisa terus sehat dan bahagia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here