Salam Sehat Sahabat YES. Semoga kesehatan selalu menyertai kita, dan bahagia bersama keluarga tercinta. Pernah dengar lagu dangdut “lebih baik sakit gigi dari pada sakit hati ini….” ?. sepertinya itu hanya sebatas lirik lagu ya Sahabat, karena pada kenyataannya sangat menyakitkan ketika gigi kita terserang penyakit.

Menjaga kesehatan mulut sangat penting ya Sahabat. Karena di dalam mulut ini terdapat gigi untuk mengunyah makanan, lidah sebagai indera persasa, dan disinilah makanan dan minuman yang akan dicerna mulai diproses. Dalam kesempatan ini kita akan membahas seluk beluk permasalahan gigi dan solusinya.

pemeriksaan sakit gigi
pemeriksaan sakit gigi

Gigi adalah bagian penting dari tubuh kita, selain untuk memperindah senyuman, gigi berfungsi untuk menggigit, merobek, menghaluskan makanan yang akan kita telan. Ketika mengalamai sakit gigi pastilah proses penceranaan juga ikut terganggu. Belum lagi rasa sakit yang sangat akan terus mengganggu.

Lapisan terluar adalah email gigi yang sangat keras, namun bagian dalamnya tidaklah sekeras itu dan sangat mudah hancur akibat kuman, atau zat asama akibat makanan sisa yang menempel di gigi tidak dibersihkan.

Berikut adalah beberapa penyebab sakit gigi :

1. Gigi berlubang

Penyebab umum yang menyebabkan sakit gigi adalah gigi yang berlubang. Sehingga kuman bisa masuk dan sisa makanan yang tidak dibersihkan akan merusak bagian dalam gigi. Lubang sangat kecil sekalipun akan semakin membesar seiring waktu jika tidak dirawat dan diatasi sesegera mungkin.

Mengatasi gigi berlubang bisa dengan ditambal ke dokter gigi, sebelum semakin membesar dan mengakibatkan masalah serius.

2. Gigi sensitif

Gigi sensitif ini bisa diakibatkan oleh penipisan enamel gigi atau resesi gusi yang mengakibatkan permukaan akar gigi pada gusi menjadi terbuka. Bagi Sahabat yang memiliki gigi seperti ini akan sering mengalami sakit terutama ketika mengkonsumsi makanan minuman yang terlalu dingin atau panas. Rasanya pasti tidak nyaman.

Namun jangan khawatir, karena berkembangnya ilmu pengetahuan dan tekhnologi telah menghasilkan produk pasta gigi khusus untuk gigi sensitif . tinggal pilih sesuai merek yang Sahabat percayai.

3. Karies gigi

Gigi yang sudah mulai berlubang akan terus mengalami pembususkan yang akhirnya merusak gigi secara keseluruhan. Dalam proses karies gigi ini orang akan mengalami sakit gigi yang cukup intens. Pembusukan di bagian enamel dan email gigi biasanya belum menimbulkan rasa sakit yang sangat, namun ketika kerusakan sudah mencapai bagian dalam (dentin) atau bahakan ke bagian terdalam (pulp) maka sakit yang ditimbulkan akan semakin kuat.

Biasanya karies gigi sangat sering dialami anak-anak yang masih memiliki gigi susu, namun jika tidak merawat dengan rutin dan tepat maka orang dewasa pun sama saja beresiko menderita karies gigi. Faktor makanan dan perawatan kesehatan sangat menentukan seseorang menderita karies atau tidak.

gigi yang rusak
gigi yang rusak

4. Penyakit gusi

Penumpukan plak pada gusi akan menyebabkan peradangan pada gusi dan pembengkakan. Hal ini karena timbunan plak akan menjadi tempat bakteri dan kuman membuat gusi terasa sakit ketika terjadi peradangan hingga menyebabkan gingivitis.

Jika sudah terjadi peradangan serius maka akan beresiko menimbulakan sakit pada gigi yang berulang-ulang. Menjaga kebersihan gigi dan gusi mutlak dilakukan untuk menghindari gingivitis ini ya Sahabat.

5. Gigi yang patah/retak

Bentuk gigi yang sudah berubah dari bentuk awal karena patah atau retak pasti akan menimbulkan rasa sakit. Hal ini bisa disebabkan oleh kecelakaan seperti terjatuh atau benturan keras.

Jika terjadi insiden yang mengakibatkan patah atau retaknya gigi, maka sebaiknya Sahabat segera berkonsultasi ke doter gigi sebelum menimbulkan masalah yang serius.

6. Terlalu banyak makan makanan manis

makanan manis
makanan manis

Mengkonsumsi makanan manis merupakan favorit banyak orang, termasuk Sahabat bukan?, namun sadarkah bahwa dibalik rasanya yang enak, makanan manis mengandung resiko yang sangat besar jika konsumsinya tidak dibatasi. Selain bisa mengakibatkan diabetes, makanan manis yang teringgal di gigi akan mengakibatkan pengikisan dan kerusakan jika terakumulasi dalam jumlah banyak dan mengendap lama.

Makan dan minumlah yang manis-manis secara wajar dan terkontrol, segera gosok gigi atau minimal menggosok gigi sebelum tidur. Sehingga tidak ada sisa makanan manis yang tersisa di gigi.

7. Tambalan gigi

Bagi anda yang sudah memasang gigi palsu atau menambal sebagian gigi yang berlubang terkadang mengalami sakit di area tersebut. Hal ini dikarenakan karena adanya iritasi atau penyesuaian dengan struktur gigi yang lama. Bisa juga karena tambalan yang kurang baik sehingga masih menyisakan celah pada tambalannya.

Jika Sahabat akan memasang gigi palsu atau menambal yang bolong/retak maka lakukanlah di dokter gigi yang telah memiliki izin praktek. Karena banyak ahli gigi yang menyediakan jasa serupa padahal bukanlah seorang dokter gigi. Intinya harus lebih berhati-hati ya Sahabat.

8. Jangan mencabut gigi ketika terasa sakit

Sangat dilarang ya Sahabat, mencabut gigi pas lagi sakit. karena akan menimbulkan masalah kesehatan yang lebih fatal. Apalagi dilakukan sendiri. Obati dulu sakit giginya kalaupun memutuskan untuk mencabut gigi yang sering sakit tersebut. Pastikan Sahabat berkonsultasi ke dokter gigi untuk mendapatkan pengobatan dan perawatan terbaik.

9. Malas menggosok gigi

Hal yang sangat umum menyebabkan masalah gigi dan mulut adalah malas menggosok gigi secara rutin. Padahal sangat mudah dilakukan dan murah. Namun demikian masih saja banyak orang yang kurang peduli terhadap kesehatan dirinya sendiri.

Bukankah merawat dan menjaga kesehatan lebih baik dari pada mengobati gigi yang sudah rusak dan sering sakit ?

Rutinlah menggosok gigi minimal dua kali sehari dengan sikat gigi dan pasta gigi yang sesuai untuk kebutuhan anda. Apalagi untuk anak –anak Sahabat ya, ajaklah dan biasakan kebiasaan menggosok gigi ini sejak dini untuk gigi kuat dan sehat.

10. Cara dan perlengkapan gosok gigi yang tidak tepat

Banyak orang tidak terlalu memerhatikan cara menggosok gigi yang benar, sehingga hasilnya tidak maksimal. Sangat penting untuk memperhatikan lagi caranya supaya kesehatan dan kebersihan gigi dan mulut kita tetap terjaga.

Pemilihan pasta gigi yang tepat juga menjadi faktor utama, konsultasikan kesehatan gigi anda secara rutin ke dokter gigi minimal 6 bulan sekali sehingga anda mendapatkan rekomendasi yang tepat harus menggunakan jenis pasta gigi apa. Hal ini dikarenakan kebutuhan tiap orang berbeda-beda sehingga pabrikan pasta gigi mengeluarkan beragam jenis pasta gigi berbeda.

Itulah beberapa hal yang dapat menyebabkan sakit gigi. Sahabat harus mulai menyadari pentingnya menjaga dan merawat kesehatan mulut dasn gigi supaya terhindar dari sakit gig dan permasalahan kesehatan mulut lainnya.

ilustrasi dokter gigi
ilustrasi dokter gigi

Obat dan cara perawatan gigi yang ampuh untuk kesehatan gigi Sahabat

Namun bagaimana jika sakit gigi sudah diderita, berikut akan kami sampaikan beberapa pengobatan dan perawatan untuk gigi Sahabat YES :

11. Minyak Cengkeh.

cengkeh
cengkeh

Dari namanya sudah pasti bahwa minyak ini adalah hasil dari ekstrasi buah cengkeh. Kandungan utama dalam rempah ini adalah eugenol, yang berfungsi sebagai anestasi alami. Cengkeh adalah rempah asli Indonesia yang sudah terkenal sejak zaman dahulu kala karena berbagai khasiatnya. Rasa hangat yang dihasilkan sangat efektif untuk berbagai macam penyakit, salah satunya mengobati sakit gigi.

Tapi harus hati-hati juga ya Sahabat dalam pengguanaan minyak cengkeh ini, jangan berlebihan karena akan mengakibatkan kepanasan. Untuk mengobati sakit gigi berlubang, basahi kapas dengan minyak cengkeh secukupnya lalu tekankan ke bagian gigi yang berlubang tadi. Ulangi beberapa kali sampai rasa sakitnya reda.

Mendapatkan minyak cengkeh cukup mudah karena bisanya tersedia di took-toko obat baik apotek maupun tradisional.

12. Air Garam

Hal yang sederhana untuk mengobati sakit gigi adalah berkumur menggunakan air garam. Pengobatan ini merupakan langkah paling awal dan mudah meredakan sakit gigi sebelum berobat ke dokter. Dan bisa dilakukan beberapa kali di rumah, tapi ingat jangan sampai ditelan ya air garamnya, untuk berkumur saja, hehe…

Meskipun dinilai sangat sederhana, namun patut untuk dicoba, karena selain mudah dan murah, banyak orang telah membuktikan keampuhan air garam untuk meredakan sakit gigi.

Untuk membuat larutannya, cukup menambahkan setengah sendok teh garam ke dalam segelas air lalu aduk hingga larut dan kumur-kumur beberapa saat.

13. Daun Sirih

Penggunaan daun sirih untuk menjaga dan merawat kesehatan gigi sudah dikenal sejak zaman dulu. Bahkan efektif untuk mnyembuhkan rasa sakit pada gigi Sahabat loh. Orang tua dulu menguyah langsung daun sirih yang dicampur bahan-bahan lain seperti buah pinang, gambir, dan cengkeh. Namun bagi generasi sekarang sudah banyak produk hasil olahan daun sirih dalam berbagai bentuk yang praktis. Seperti pasta gigi yang mengandung ekstrak daun sirih untuk perawatan gigi anda.

Cobalah kembali ke alam dengan menggunakan bahan-bahan alami, sehingga tidak terlalu tergantung dengan produk kimia yang dihasilkan pabrik obat atau kecantikan.

14. Bawang Merah

Kita bisa menggunakan bawang merah untuk mengobati sakit gigi karena merupakan antiseptic alami dan anti mikroba. Seperti kita ketahui bahwa salah assut penyebab sakity gigi adalah infeksi kuman dan bakteri. Maka penggunaan bawang merah bisa sebagai alternatif.

Bawang merah yang digunakan adalah yang masih mentah ya Sahabat, cukup dengan mengunyah beberapa siung di area gigi yang sakit beberapa saat lalu muntahkan, ulangi beberpa kali sampai terasa sakitnya mereda. Bagi yang tidak sanggup mengunyah bawang merah mentah maka cobalah menempelkan irisannya pada gigi yang sakit.

15. Daun Jambu Biji

Seperti halnya daun sirih, daun jambu biji juga bisa digunakan untuk megobati sakit gigi secara alami. Terutama jambu biji merah ya Sahabat. Hal ini karena setelah diteliti, daun jambu biji ternyata mengandung anti bakteri alami, analgesic dan anti radang. Kunyahlah beberapa daun jambu biji yang masih muda sampai halus dan oleskan dengan lidah ke gigi yang sakit.

Atau bisa dengan merebus beberpa lembar menggunakan dua gelas air hingga tersisa segelas airnya, tambahkan sedikit garam tunggu hingga hangat lalu gunakan untuk berkumur. Bisa  dilakukan beberapa kali ya Sahabat.

16. Serai

Serai juga dapat digunakan untuk mengobati sakit gigi dan pembengkakan gusi. Cukup merebus beberapa batang serai dengan air secukupnya ditambahkan sedikit garam,  gunakan air rebusannya untuk berkumur. Ulangi beberapa kali sampai rasa sakitnya mereda.

17. Cuka dapur

Sebagai alternatif untuk pengobatanj sakit gigi secara mudah adalah dengan menggunakan cuka masak. Bisa dengan dikumur-kumur setelah dicampur air. Atau teteskan pada kapas dan tempelkan ke gigi yang sakit. Tahan beberapa saat dan segera berkumur dengan air putih untuk menghindari rasa masam dan bau yang ditimbulkan oleh cuka.

18. Jahe

Penggunaan jahe untuk meringankan sakit gigi sama seperti serai atau daun jambu biji, hanya saja yang digunakan berkumur adalah air perasannya saja. Gunakan beberapa potong jahe dengan cara diparut atau ditumbuk hingga halus dan peraslah menggunakan perasan yang bersih, gunakan air perasannya untuk dioleskan ke area yang sakit.

19. Jeruk lemon atau jeruk nipis.

Air perasan jeruk lemon atau jeruk nipis bisa membersihkan mulut dari kuman dan bakteri hingga bisa mencegah infeksi pada gigi akibat keduanya. Berkumur dengan air jeruk nipis atau lemon biasa dilakukan setelah gosok gigi untuk menambah kebersihan.

Tapi hati-hati buat yang mempunyai gigi sensitif, sebaiknya konsultasikan ke dokter anda.

20. Biji Asam Jawa

Pasti Sahabat pernah mendengar penggunaan biji asam jawa untuk mengobati sakit gigi. Yups,,,sangrai biji asam jawa sampai matang lalu tempelkan ke gigi yang sakit beberapa saat. Jangan ditempelkan ketika masih panas ya Sahabat.

Nah diatas tadi adalah beberapa alternatif penyembuhan sakit gigi dan gusi menggunakan bahan alami ya Sahabat. Penggunaan bahan-bahan tersebut bisa dilakukan di rumah karena menggunakan bahan di sekitar dan tentu harganya pun lebih murah.

ilustrasi pasta gigi
ilustrasi pasta gigi

Obat pereda sakit gigi yang dijual di apotek

Memeriksakan kesehatan gigi ke dokter tetap harus menjadi pilihan utama ya Sahabat, karena dengan obat yang tepat maka kesembuhan akan lebih mudah. Bagi yang ingin praktis pastinya akan memilih meminum obat sakit gigi yang tersedia secara bebas di apotek bahkan warung sekalipun, karena sudah banyak produk obat sakit gigi yang dijual perusahaan farmasi. Obat-obatan yang digunakan untuk mengobati sakit gigi biasanya mengandung zat :

  • Acetaminophen

Dikenal juga dengan paracetamol, merupakan zat yang dapat meredakan sakit gigi dan bisa juga untuk menurunkan demam, meredakan sakit kepala, dan mengatasi pegal-pegal.

  • Ibuprofen

Seperti halnya paracetamol, ibuprofen digunakan untuk meredakan rasa sakit pada gigi. Namun penggunaannya harus sesuai petunjuk dan dosis yang tidak berlebihan.

  • Naproxen

Zat ini juga ampuh untuk mengatasi rasa sakit pada gigi. Tersedia dalam berbagai bentuk seperti pil atau tablet.

Namun penggunaan obat-obatan kimia pastilah mengandung efek samping yang harus diwaspadai. Jadi perhatikan betul aturan pemakaian dan petunjuk lain yang biasanya terdapat dalam kemasan obat. Atau gunakan obat-obatan kimia sesuai petunjuk dokter.

Kesimpulan

Rawatlah kesehatan gigi dan mulut anda sejak dini, selain menunjang penampilan, dengan mulut  dan gigi yang sehat maka Sahabat akan terbebas dari resiko sakit gigi yang pasti sangat mengganggu.  Kenali segala gejala awal yang menandakan gigi atau gusi anda mulai terkena penyakit atau permasalahan yang beresiko. Cegahlah sebelum terlambat, karena mencegah lebih baik dari pada mengobati.

Penggunaan obat-obatan modern mengandung zat kimia yang banyak dijual di apotek dan warung memang sering menjadi pilihan ketika sakit gigi menyerang, namun tidak ada salahnya mencoba obat-obatan tradisional yang lebih aman digunakan terus menerus dan terbukti berkhasit secara turun temurun telah digunakan.

Rajin menggosok gigi dan rutin melakukan pemeriksaan kesehatan ke dokter gigi adalah langkah awal yang bisa Sahabat lakukan untuk kesehatan gigi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here