Salam Sehat Sahabat Yes. Sedang mengalami rasa nyeri di persendian? Mungkin asam urat anda tinggi dan sudah menyebabkan peradangan. Kali ini kami akan sampaikan secara detail mengenai penyakit asam urat, mulai dari penjelasan umum, penyebab, obat asam urat dan cara pencegahannya. Baca sampai selesai ya Sahabat!

Asam Urat

Asam urat yang dalam bahasa Inggris disebut uric acid, merupakan senyawa bersifat asam yang terdapat dalam darah setiap mahluk hidup. Senyawa ini dihasilkan dari pemecehan purin yang dihasilkan secara alami oleh tubuh. Purin itu sendiri adalah zat alami yang dapat ditemukan pada manusia, hewan maupun tumbuhan. Selain yang dihasilkan oleh tubuh manusia itu sendiri, purin dari hewan atau tumbuhan yang dimakan akan diubah menjadi asam urat dalam proses metabolisme.

Asam urat sebenarnya dibutuhkan oleh tubuh sebagai antioksidan yang melindungi lapisan pembuluh darah. Dalam kadar tertentu asam urat akan selalu ada di dalam darah kita Sahabat. Masalah kemudian terjadi ketika kadar asam urat ini melebihi batas wajar yang dibutuhkan oleh tubuh. Kelebihan dari asam urat ini akan dibuang bersama dengan urine (air kencing) dan feses (buang air besar).

ilustrasi penyakit asam urat menyerang sendi-sendi di dalam tubuh
ilustrasi penyakit asam urat menyerang sendi-sendi di dalam tubuh

Penyakit asam urat

Asam urat menjadi penyakit yang mengganggu kesehatan dan aktifitas ketika kelebihan kandungannya telah Menumpuk dan mengendap dalam tubuh. Dalam waktu lama, kelebihan dan endapan asam urat akan menjadi semacam Kristal yang tajam di sendi-sendi tubuh sehingga menimbulkan peradangan bahakan sampai tingkat pembengkakan sehingga mengakibatkan rasa nyeri.

Pengendapan bisa terjadi karena konsentrasi zat yang sudah terlalu tinggi sehingga tubuh kesulitan dalam membuangnya. Tidak lancarnya metabolisme tubuh dan sistem pencernaan juga dapat menimbulkan asam urat di dalam tubuh tidak seimbang.

Kelebihan dan kekurangan asam urat dalam tubuh  akan menimbulkan banyak permasalahan. Sehingga sangat penting untuk mengetahui berapa jumlah kandungan asam urat dalam tubuh kita. Sahabat bisa melakukan pengecekan asam urat dengan cek darah secara berkala supaya diketahui berapa kadar asam urat dan zat lainnya sehingga bisa menjalani hari dengan lebih terkontrol.

Jika tidak diobati dan ditangani dengan segera dan tepat, penyakit asam urat dapat menjadi penyakit kronis yang sangat mengganggu. Pengobatan harus segara dilakukan ketika timbul gejala yang dirasakan bagi Sahabat yang kadar asam uratnya masih normal maka mencegah penyakit ini harus disadari dari sekarang dengan memperhatikan makanan sehat dan pola hidup sehat lainnya.

Kondisi ini bisa menimbulkan penyakit yang terjadi pada laki-laki dan perempuan, meskipun laki-laki lebih banyak yang menderita asam urat ini. Rentang  usia penderita penyakit asam urat umumya orang dewasa hingga lansia. Sangat jarang ditemui kasus ini terjadi pada anak-anak dan remaja. Karena sistem metabolisme dan pencernaannya erlatif masih sangat baik.

Penyakit asam urat tidak menular. Hal ini disebabakan murni oleh keadaan tubuh seseorang dan gaya hidupnya selama ini, meskipun ada penelitian yang mengungkapkan jika orang yang keluarganya menderita asam urat maka dia beresiko lebih tinggi untuk terkena asam urat.

Karena pengendapan terjadi di persendian pada umumnya, asam urat mengakibatkan rasa nyeri pada bagian jari kaki, pergelangan kaki, lutut, pinggul, lengan, pergelangan tangan, siku dan sebagian tulang punggung meskipun jarang terjadi. Rasa sakit yang ditimbulkan sering datang secara tiba-tiba meskipun kadang berhenti sendiri dan berulang-ulang. Ketika rasa nyeri sedang terasa pastinya akan menghambat aktifitas Sahabat.

ilustrasi penyakit asam urat menyerang sendi-sendi di dalam tubuh
ilustrasi penyakit asam urat menyerang sendi-sendi di dalam tubuh

Faktor penyebab timbulnya penyakit asam urat

Beberapa faktor yang dapat menyebabkan seseorang terkena penyakit asam urat sehingga  Sahabat harus mewaspadai agar terhindar dari serangan penyakit ini. Diantaranya :

  • Pola makan tidak sehat.

Menerapkan pola hidup sehat dapat mambantu anda terhindar dari berbagai resiko penyakit termasuk asam urat. Terlalu banyak makan makanan yang mengandung purin tinggi menjadi faktor utama penumpukan asam urat berlebih sampai menimbulkan pengkristalan dan peradangan di persendian tubuh yang sudah secara alami menghasilkan purin ditambah dari luar melalui makanan dapat membuat tubuh kewalahan dalam memproses pengeluaran sisa dari asam urat yang tidak dibutuhkan.

  • Kurang minum

Kekurangan pasokan air mineral buat tubuh sangat berbahaya. Banyak hal negatif akan dialami ketika kekurangan cairan, dehidrasi misalnya. Dengan kekurangan cairan sistem pencernaan akan terganggu, hal ini meningkatkan resiko terhambatnya pengeluaran asam urat melalui sistem pembuangan.

  • Mengkonsumsi jenis obat tertentu

Beberapa jenis obat yang biasa dikonsumsi untuk meredakan penyakit lain, dapat menambah resiko penumpukan asam urat jika dikonsumsi terlalu banyak dan sering atau melebihi dosis yang sudah ditentukan. Obat seperti aspirin pun jika terlau sering dan lama dikonsumsi bisa meningkatkan resiko.

  • Kurang tidur

Dengan tidak teraturnya waktu dan lama tidur dapat menyebabkan proses metabolisme di dalam tubuh tidak berjalan normal sehingga menggnaggu fungsi dari organ lain. Orang dengan waktu tidur dan durasi yang tidak teratur apalagi sering begadang, maka akan meningkatkan resiko asam urat.

  • Faktor usia.

Tidak dapat dipungkiri, semakin bertambah usia maka resiko munculnya berbagai gangguan kesehatan semakin besar. Apalagi berkenaan dengan asam urat yang mungkin mengendap sejak lama. Menurunnya fungsi organ dalam tubuh juga mempengaruhi resiko menderita penyakit ini. Jadi kesadaran dan kewaspadaan haruslah dimulai sejak dini, demi mengindari berbagai serangan penyakit di usia lanjut.

  • Berat badan.

Orang dengan berat badan berlebih apalagi yang sudah dalam tahap obesitas lebih beresiko terkena asam urat. Hal ini disebabkan oleh jumlah makanan yang biasanya berbanding lurus dengan berat badan.

  • Riwayat kesehatan

Memiliki riwayat kesehatan sebelumnya dapat meningkatkan peluang terkena asam urat. Gangguan kesehatan yang bisa meningkatkan risiko asam urat seperti : Gangguan fungsi ginjal, diabetes, penyakit jantung, darah tinggi, pembuluh darah tersumbat atau penyakit infeksi.

  • Riwayat keluarga

Meskipun bukan faktor utama, namun orang yang mempunyai keluarga penderita asam urat relatif memiliki resiko yang sama sehingga kewaspadaan perlu ditingkatkan.

Itulah beberpa faktor yang dapat menyebabkan seseorang terkena asam urat.

ilustrasi penyakit asam urat menyerang sendi-sendi di dalam tubuh
ilustrasi penyakit asam urat menyerang sendi-sendi di dalam tubuh

Gejala penyakit asam urat

Gejala yang dirasakan oleh penderita pada awalnya tidaklah serius, sehingga banyak yang tidak menyadari bahwa sudah terjadi penumpukan asam urat di persendian mereka. Barulah setelah fase akut gejala baru terasa, yang pada umumnya berupa : nyeri sendi yang mendadak dari ringan sampai parah, persendian terasa panas, areanya berwarna agak kemerahan (pada sebagian kasus kemerahan ini tidak nampak), hingga pembengkakan di area persendian. Gejala yang timbul juga tidak mempunyai waktu atau intensitas tertentu, bisa terasa kapan saja dan hilang dengan sendirinya. Namun pada tahapan kronis, rasa sakit yang ditimbulkan terasa sampai waktu yang lama.

Penyakit asam urat adalah penyakit yang terjadi secara berangsur, tidak terjadi begitu saja. ada beberapa fase sampai timbunan asam urat ini menimbulkan sakit dan masalah serius lainnya.

  • Tahap awal

Fase dimana kandungan asam urat dalam darah sudah melebihi batas dan sisanya tidak mampu dikeluarkan dari tubuh. Sehingga penimbunan asam lemak sudah mulai terjadi. Namu pada tahapan ini orang tersebut tidak merasakan gejala apa-apa.

  • Tahap akut

Pada fase ini endapan asam urat di sendi sudah mulai membentuk seperti kristal-kristal yang menimbulkan rasa nyeri yang suka terasa tiba-tiba. Intensitas terasa sakitnya dan kemunculannya akan sering seiring dengan semakin banyaknya Kristal asam urat di persendian. Pada tahapan ini pengobatan harus sudah dilakukan intensif supaya tidak berkembang ke tahapan yang kronis.

  • Tahap kronis

Fase setelah peradangan akibat kristal asam urat sudah terjadi di banyak persendian dan sudah menggumpal, sehingga rasa nyeri yang ditimbulkan akan terasa lebih hebat dan sering dalam waktu yang cukup lama. Penanganan serius oleh ahli kesehatan harus dilakukan untuk pengobatan sampai bisa membaik.

Pada kasus dimana pengkristalan terjadi di ginjal maka dapat menjadi batu ginjal yang sangat berbahaya. Segara lakukan pemeriksaan medis ke dokter di bidangnya ketika Sahabat mulai merasakan adanya gangguan kesehatan berupa nyeri yang sering timbul di persendian kaki atau tangan sejak pertama kali terasa. Supaya tidak mencapai tahapan berikutnya, dan segera teratasi dengan baik.

Pencegahan

Untuk mencegah supaya tidak menderita penyakit asam urat adalah dengan beberapa langkah yang bisa Sahabat lakukan :

jeroan
jeroan
  • Menghindari makanan mengandung purin tinggi

Seperti sudah dibahas sebelumnya, maka penting untuk menghindari atau meminimalkan konsumsi makanan tinggi purin seperti:

  1. Jeroan

Kambing atau sapi sama-sama mengandung purin tertinggi. Jadi demi hidup sehat sebaiknya menghindari makan jeroan, dan pilihlah daging  rendah lemak dengan porsi secukupnya saja.

2. Seafood / makanan laut

Ikan asin, tiram, kerang, udang, atau kepiting merupakan bahan makana yang mengandung purin tinggi dan sangat beresiko bagi penderita asam urat.

3. Sayuran

Beberapa jenis seperti bayam, kembang kol, asparagus, kacang polong, dan jamur mengandung purin tinggi. Jadi bagi penderita asam urat harus pintar memilih jenis sayuran ya Sahabat.

4. Minuman berlkohol dan minuman tinggi gula

Kedua jenis minuman ini sangat beresiko tinggi bagi munculnya dan kambuhnya sakit akibat asam urat.

Selain cermat dalam memilih makan yang boleh dan tidak boleh dimakan bagi yang ingin terhindar dari penyakit asam urat, maka pola yang diterapkan juga harulah tepat. Waktu makan teratur, kandungan gizi berimbang dan porsi tidak berlebihan harus menjadi kebiasaan sehari-hari.

  • Melakukan olah raga rutin

Berolahraga secara rutin dan benar akan membantu meningkatkan kebugaran dan melancarkan metabolisme dalam tubuh. Sistem pembuangan dari tubuh juga lebih lancar dengan berkeringat setelah olahraga. Dengan beraktifitas fisik secara rutin maka dapat menurunkan resiko terkena asam urat. Namun bagaimana dengan yang sudah terlanjur menderita penyakit ini? Pasti akan kesulitan untuk berolahraga. Konsultasikan dengan ahli kesehatan, tentang bagaimana cara atau aturan berolahraga yang baik untuk penderita asam urat. Jangan memaksakan diri karena justru akan membuat keadaan lebih buruk.

  • Mengkonsumsi suplemen khusus sendi bila dirasa perlu

Tentunya setelah berkonsultasi dengan dokter jika ingin mengkonsumsi suplemen dan multi

itamin, atau obat asam urat yang banyak beredsar di masyarakat. Berhati-hatilah dalam memilih obat asam urat, baik itu berupa obat kimia yang dikeluarkan pabrik obat atau jamu/herbal yang banyak macamnya. Pastikan keaslian produk dan masa kadaluwarsa. Jangan salah memilih karena dapat berakibat buruk.

  • Rutin melakukan tes kesehatan meneyeluruh

Melakukan medical checkup, secara rutin di rumah sakit atau fasilitas kesehatan yang mendukung akan memberikan informasi keadaan tubuh secara detail. Sehingga bisa diambil keputusan-keputasan penting untuk kesehatan tubuh. Hal ini karena banyak penyakit yang tidak menimbulkan gejala tertentu di tahap awal seperti penyakit asam urat.

pemeriksaan kesehatan
pemeriksaan kesehatan
  • Manajemen stress yang baik.

Langsung tidak langsung berpengaruh terhadap kesehatan tubuh. Dalam keadaan stress tinggi, biasanya mengacaukan pola hidup menjadi berantakan dan memicu banyak gangguan dan meningkatkan resiko terkena banyak penyakit.

  • Menjaga berat badan tetap ideal

Selain enak dipandang, berat badan ideal memang diperlukan untuk tubuh supaya sehat dan tetap gesit. Dengan berat badan tidak berlebih apalagi obesitas maka Sahabat dapat mengurangi resiko terkena berbagai macam penyakit.

Pengobatan

Pengobatan secara alami efektif selain mengobati juga mencegah penyakit asam urat kembali. Selain lebih murah dan mudah, pengobatan secara alamai menggunakan bahan-bahan yang terdapat di sekitar kita lebih aman dari berbagai efek samping disbanding obat asam urat berbahan zat kimia. Banyak alternatif yang dapat sahabat pilih untuk mengobati atau meredakan sakit akibat asam urat, meskipun tidak dapt mengobati sampai 100%, setidaknya pengobatan ini akan mengurangi rasa nyeri dan tidak kambuh-kambuh lagi, sehingga anda dapat terus beraktifitas tanpa terganggu.

Banyak sekali bahan alami yang sudah dipergunakan secara turun temurun untuk mengobati dan meringankan sakit akibat kelebihan asam urat di dalam tubuh. Nah Sahabat semua, untuk obat-obatan apa saja yang merupaka obat asam urat alami yang ampuh berkhasiat, akan kami bahas pada artikel selanjutnya, jangan sampai terlewatkan ya…

Bolehkah mengobati sakit pada sendi karena asam urat dengan cara dipijat? Maka jawabanya adalah tidak direkomendasikan memijat langsung di persendian yang sudah terjadi peradangan akibat endapan asam urat karena dikhawatirkan malah menambah peradangan atau pembengkakan di area tersebut. Namun, beberapa ahli pijat sudah mengembangkan teknik pijat untuk penderita kelebihan asam urat. Jadi balik lagi ke Sahabat mau menggunakan metode apa untuk mengobati. Yang pasti berkonsultasi dengan dokter, cek kesehatan di fasilitas kesehatan yang memadai, pilih obat yang tepat dan yang paling utama adalah pola hidup sehat sehari-hari harus dibiasakan. Pencegahan mulai dari sekarang bagi Sahabat yang belum merasakan gejala sehingga terhindar dari menderita dan dapat terus sehat.

ilustrasi obat dan suplemen
ilustrasi obat dan suplemen

Kesimpulan

Setalah membaca uraian yang panjang lebar, maka dapat disimpulkan bahwa, penyakit asam urat ini dapat dihindari dengan kesadaran akan pola hidup sehat. Pengobatan bagi yang sudah terlanjur sakit harus melibatkan ahli kesehatan dibidangnya yaitu dokter, jangan berobat ke dukun atau paranormal, karena penyakit asam urat adalah penyakit fisik murni karena tubuh dan gaya hidup. Tidak ada hubungannya dengan dunia spiritual. Jika ingin dipijat unutk mengurangi nyeri, maka pastikan dipijat ke ahli yang memang sudah terbukti menguasai teknik memijat yang benar. Meskipun pastilah oleh tukang pijatnya diberikan obat-obatan juga terutama yang alami/herbal.

Sehat itu nikmat dan anugerah yang sudah seharusnya dijaga, dipertahankan dan disyukuri dengan mengisi waktu sehat oleh hal yang bermanfaat. Jalani pola hidup sehat dan kenali obat asam urat alami yang aman berkhasiat. Ikuti artikel berikutnya yang akan membahas apa saja dan bagaimana cara mengolahnya hingga efektif mengobati asam_urat dan mencegah agar tidak kambuh lagi.

Tetap sehat dan bahagia Sahabat…

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here