Salam Sehat Sahabat YES. Senang sekali kami bisa hadir kembali menemani Anda, semoga kesehatan selalu menyertai semua aktifitas kita. Pada kesempatan kali ini kami akan menyampaikan pembahasan tentang penyakit Diabetes Mellitus. Diabetes merupakan penyakit yang bisa menjadi berbahaya jika sudah menimbulkan komplikasi sehingga membutuhkan perhatian dan perawatan khusus agar bisa terus sehat dan semangat.

Ilustrasi darah yang sehat
Ilustrasi darah yang sehat

Definisi Diabetes

Diabetes (diabetes mellitus) adalah penyakit yang diderita dalam jangka waktu panjang dengan tingkat ringan sampai kronis disebabkan oleh tingginya kadar gula dalam darah (glukosa) yang melebihi batas normal.  Kondisi ini akan menimbulkan gangguan kesehatan yang bisa menjadi berbahaya karena diabetes bisa menyebabkan komplikasi ke organ tubuh lain.

Gula darah sangat diperlukan oleh tubuh sebagai sumber energi, sehingga semua sel dapat bekerja dengan maksimal. Untuk bisa diserap tubuh, gula darah harus dirubah menjadi energi oleh hormon Insulin. Penyakit kemudian timbul ketika kondisi gula darah di dalam tubuh melebihi batas sehingga tidak bisa dirubah semua menjadi enregi. Banyak penyakit yang kemudian bisa terjadi setelah kadar gula darah tinggi. Komplikasi bisa terjadi pada banyak organ hingga menyebabkan kematian.

Gula darah di dalam tubuh bisa diperoleh dari makanan dan minuman yang kita konsumsi, semakin banyak kandungan zat gula yang kita konsumsi maka resiko terkena diabetes semakin tinggi. Sehingga faktor resiko terbesar dari terkena diabetes adalah karena pola hidup dan sebagian lagi karena faktor keturunan.

Apa itu Insulin ?

Insulin adalah hormon di dalam tubuh yang berfungsi mengubah gula menjadi energi. Insulin diproduksi oleh pankreas di dalam tubuh kita. Fungsi insulin sangat penting unntuk membantu menyediakan energi dari gula darah, sehingga kadar gula darah tetap seimbang.

Jika terjadi permasalahan dari pankreas maka produksi insulin menjadi terganggu sehingga kadar gula darah meningkat. Hal ini karena tidak semua diubah menjadi energi. Kadar gula darah yang masuk terlalu banyak juga akan membuat pankreas kewalahan dalam memproduksi insulin.

Lalu bagaimana yang terjadi ketika fungsi Insulin di dalam tubuh kita terganggu? Maka timbulah gangguan penyakit yang dikatakan diabetes atau di masyarakat dikenal juga dengan istilah kencing manis.

Jenis penyakit diabetes

Tingginya kadar gula dalam darah sampai kondisi diabetes bisa berkembang menjadi dua jenis yang berbeda yaitu :

1. Diabetes Tipe 1

Penderita tipe ini akan sangat bergantung kepada insulin, hal ini karena sitem kekebalan tubuh balik menyerang sel-sel pankreas yang memproduksi insulin. Setelah fungsi pankreas terganggu maka otomatis kadar gula jadi meningkat.

Diabetes jenis ini umumnya menyerang orang dengan usia dibawah 40 tahunan, sehingga sering disebut diabetes anak-anak. Dari 10 penderita diabetes diperkirakan hanya satu orang saja yang menderita tipe ini. Penderita tipe-1 ini harus menerima suntikan insulin untuk menjaga keseimbangan kadar gula darahnya. Belum diketahui pasti penyebab diabetes tipe 1.

2. Diabetes Tipe 2

Diabetes tipe ke dua ini lebih banyak diderita orang, karena hampir 90% penderita diabetes adalah diabetes tipe-2. Penyebab umumnya adalah karena resistensi insulin. Kurangnya respon insulin dalam memproses gula darah menjadi eneri. Gangguan pada pankreas sehingga produksi insulin terganggu. Untuk menyeimbangkan kadar gula darah pada diabetes tipe -2 ini haruslah terus menerus melakukan pola hidup sehat secara menyeluruh.

Orang dengan berat badan berlebih akan beresiko lebih tinggi menderita tipe ini. Jadi sangat penting untuk menjaga postur dan berat badan agar terhindar atau meminimalkan resiko terkena diabetes.

Siapa yang bisa terkena diabetes ?

Penyakit ini bisa diderita oleh semua orang dengan rentang usia berapapun, meskipun mayoritas diderita oleh orang dewasa. Sehingga semua orang haruslah waspada dengan pola hidup yang sehat. Apalagi jika orang tua mempunyai riwayat diabetes, maka resiko terkena menjadi semakin besar.

setiap orang harus waspada diabetes
setiap orang harus waspada diabetes

Gejala penyakit diabetes

Apa saja gejala yang ditimbulkan oleh diabetes? Secara umum orang yang kadar gula darahnya tinggi akan megalami beberapa hal seperti :

  • Sering buang air kecil
  • Sering merasa haus meskipun tidak beraktifitas berat
  • Sering merasakn lapar yang tidak wajar
  • Sering mengantuk
  • Berat badan turun
  • Luka menjadi sangat lama sembuh

Jika diabetes sudah kronis maka akan mengakibatkan komplikasi penyakit lain yang mempunyai gejala berbeda.

Untuk mengetahui pasti gejala yang anda rasakan adalah gejala diabetes maka haruslah dilakukan pemeriksaan kesehatan ke dokter dengan banyak metode, yang paling umum adalah cek darah unutk mengetahui kadar zat-zat yang terkandung dalam darah.

Pengobatan penyakit diabetes

ilustrasi obat
ilustrasi obat

Untuk mengobati diabetes haruslah dilakukan pemerikasaan terlebih dahulu untuk mengetahui kadar gula darah di dalam tubuh. Selain itu juga harus diketahui jenis diabetes yang diderita, tipe-1 atau tipe-2. Setelah diketahui penyebab dan jenis yang diderita barulah dokter akan memberikan saran medis yang sesuai dengan keadaan masing-masing.

Tindakan lebih serius pada diabetes yang sudah menimbulkan komplikasi akan berbeda pada tiap orang. Unutk tipe-1 maka penderita akan menerima suntikan insulin untuk menyeimbangkan kadar gula darah, tentunya disertai obat-obatan yang akan diresepkan oleh dokter. Untuk tipe-2 ada beberapa jenis obat (biasanya dalam bentuk tablet) obat hipoglikemik oral. Anda juga mungkin diberikan kombinasi dari dua jenis obat atau lebih untuk mengendalikan kadar gula darah Anda. Obat yang biasa diberikan adalah metformin, sulfonilurea, pioglitazone, gliptin, agonis, acarbose, nateglinide dan repaglinide.

Kami selalu menyarankan unutk melakukan pemeriksaan dan pengobatan ke dokter di fasilitas kesehatan yang memadai, sehingga mendapatkan pemriksaan dan pengobatan yang tepat. Meskipun  metode untuk membantu mengobati diabetes banyak jenisnyai mulai tradisional, alternatif sampai dengan pengobatan modern.

Obat diabetes alami

Untuk penggunaan bahan-bahan alami disekitar kita maka haruslah dikonsultasikan dengan tenaga medis professional. Banyak sekali jenis bahan alami dari makanan dan minuman yang berkhasiat untuk membantu meringankan bahkan mengobati penyakit diabetes. Untuk pembahasan obat diabetes alami akan kami uraikan di artikel berikutnya.

Pencegahan terkena penyakit diabetes.

Setelah mengetahui apa itu diabetes, jenis, bahaya dan penyebabnya maka  segeralah untuk melakukan tindakan-tindakan pencegahan supaya terhindar dari resiko. Berikut ini beberapa tips pencegahan penyakit diabetes :

1. Mengatur porsi makan

Karena gula yang masuk ke dalam tubuh tidak boleh berlebih sehingga porsi makan haruslah menjadi perhatian. Tidak berlebih dalam mengkonsumsi makanan apalagi yang mengandung gula tinggi akan meminimalkan resiko gula darah. Selain itu berat badan jadi lebih terkontrol.

2. Selektif memilih makanan

Bagi penderita diabetes maka pemilihan makanan menjadi hal yang wajib. Karena salah memillih makanan maka bisa berakibat fatal. Hindari makanan yang tinggi gula, lemak, dan kolesterol. Bahkan asupan karbohidrat pun harus dihitung jika kondisi gula darahnya sudah sangat tinggi sehingga diabetesnya sudah semakin kronis.

 3. Olah raga

Olah raga teratur
Olah raga teratur

Lakukan olah raga secara rutin dengan intensitas ringan sampai sedang. Selain membuat badan tetap fit, metabolisme lancar, olah raga juga dapat membantu mempertahankan berat badan ideal Anda.

Dengan olah raga dan aktifitas tubuh lainnya maka resiko terkena diabetes akan berkurang. Hal ini karena tubuh membutuhkan banyak energi saat berolahraga yang dihasilkan dari pembakaran lemak dan gula dalam tubuh.

4. Hindari stress berlebih

Dengan tingkat stress yang tinggi maka keadaan tubuh ikut terganggu, fungsi organ tidak maksimal, sehinggga beresiko meningkatkan kadar gula dalam darah. Rilekskan pikiran dan badan anda di sela-sela aktifitas, dengarkan lagu kesukaan atau menghirup aroma terapi dapat membantu menurunkan tingkat stress.

5. Tidur yang teratur, nyenyak  namun tidak berlebih

Dengan pola tidur yang terstur maka fungsi dari organ dalam tubuh akan maksimal. Cukup waktu tidur dan nyenyak membuat tubuh bisa beristirahat sehingga bisa segar kembali saat bangun.

Namun harus diperhatikan bahwa : jangan langsung tidur setelah makan karena bisa mengakibatkan diabetes. Tidur terlalu lama dan sering juga tidak baik untuk kesehatan.

6. Rutin cek darah

ilustrasi untuk pengecekan gula darah
ilustrasi untuk pengecekan gula darah

Melakukan pemeriksaan kesehatan termasuk cek darah secara rutin akan menghindari banyak gangguan kesehatan. Dengan mengetahui kadar zat yang terkandung dalam darah maka kewaspadaan akan meningkat sehingga pola hidup akan lebih teratur.

Mengetahui kadar gula darah pasti akan memberikan peringatan bagi anda dalam menjalani aktifitas sehari-hari. Dan dokter akan memberikan saran medis terbaik setelah mengetahui keadaan kesehatan anda.

Itulah beberpa tips untuk mencegah diabetes. Berkonsultasilah dengan tenaga kesehatan profesional untuk mengetahui kondisi tubuh, sehingga bisa terhindar dari banyak gangguan kesehatan.

Kesimpulan

Darah adalah komponen penting dalam tubuh kita, sehingga sudah seharusnya kita mengenali dan menyayangi darah kita. Banyak masalah kesehatan yang dapat timbul ketika kesimbangan zat yang terkandung dalam darah. Salah satunya adalah diabetes, penyakit yang sering disebut ibu dari segala penyakit. Karena diabetes bisa mengakibtakna banyak penyakit lain setelah menimbulkan komplikasi.

Lakukan pengecekan kesehatan secara rutin untuk mengetahui dengan pasti keadaan tubuh. Sehingga bisa meningkatkan kewaspadaan dalam mencegah timbulnya penyakit. Lakukan pola hidup sehat unutk terus beraktifitas tanpa gangguan kesehatan. Jangan biarkan gula darah yang penting untuk kesehatan tubuh berubah menjadi penyakit diabetes yang merugikan karena anda tidak peduli akan kesehatan diri sendiri.

Ikuti artikel berikutnya ya Sahabat, karena kami akan membahas obat penyakit diabetes alami. Semoga menambah wawasan dan bermanfaat bagi kita semua.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here