Salam Sehat Sahabat YES, semoga kita dalam keadaan sehat dan bahagia. Pada pertemuan kali ini kami akan membahas gangguan kesehatan yang menyerang bagian terluar tubuh yaitu kulit. Apa saja jenis penyakit kulit, penyebab dan perawatan kulit agar terhindar dari penyakit ini. Baca sampai selesai ya Sahabat.

Kulit adalah seluruh permukaan tubuh manusia baik yang langsung nampak atau yang tertutup bulu seperti pada kulit kepala tertutup rambut. Gangguan kesehatan yang terjadi pada kulit, selain akan menimbulkan rasa seperti gatal, panas, perubahan warna, juga dapat mempengaruhi penampilan. Lalu apa saja yang dapat menyebabkan gangguan kesehatan pada kulit?, berikut akan kami jelaskan penyebabnya.

jerawat
jerawat salah satu penyakit kulit

A. Penyebab umum terjadinya penyakit kulit :

1. Faktor keturunan

Tidak banyak penyakit kulit yang diturunkan dari orang tua. Namun sebaiknya kita mengetahui riwayat kesehatan orang tua, kakek, nenek dan keluarga besar kita supaya bisa lebih waspada terhadap resiko penyakit keturunan yang mungkin diidap oleh salah satu dari mereka. Penyakit kulit yang merupakan keturunan, meskipun jarang terjadi contohnya adalah Epidermolisis Bulosa.

2. Faktor lingkungan

Lingkungan merupakan faktor terbesar yang dapat menyebabkan gangguan kesehatan kulit. Mulai dari kamar tidur, rumah, lingkungan di perumahan sampai tempat kerja. Lingkungan  kotor yang tercemar, polusi yang terjadi disekitar kita, serta pola hidup tidak sehat yang dijalani sangat besar kemungkinannya untuk menyebabkan penyakit kulit. Contoh dari penyakit kulit akibat lingkungan yang kotor adalah : kadas dank kutu air.

3. Alergi

Penyebab gangguan kesehatan pada kulit lainnya adalah alergi. Memang tidak semua orang mengidap alergi, atau mengidap alergi yang sama terhadap sesuatu. Seperti ada orang yang alergi terhadap debu, bulu binatang, makanan atau terhadap cuaca dingin. Bagi orang yang mempunyai alergi terhadap sesuatu maka sangat beresiko munculnya gangguan pada kulit seperti gatal-gatal, kulit menjadi kemerahan sampai bentol dalam ukuran yang cukup besar.

4. Aktifitas harian

Orang yang bekerja di bawah matahari langsung secara terus menerus beresiko terkena penyakit kulit akibat sinar ultraviolet dan infra merah yang terapat di sinar matahari. Atau orang yang bekerja menjadi pekerja seks komersial sangat rentan tertular penyakit kulit dan kelamin. Itulah beberapa contoh gangguan kesehatan pada kulit yang diakibatkan pekerjaan sehari-hari.

B. Penyebab khusus terjadinya penyakit kulit :

ilustrasi virus
ilustrasi virus

1. Bakteri

Infeksi bakteri pada kulit yang tidak segera ditangani dengan cepat dan tepat akan menimbulkan berbagai macam ganggaun pada kulit mulai dari yang ringan sampai yang berat. Bakteri yang menempel pada kulit bisa menimbulkan gatal, benjolan/bentol, luka seperti terbakar, kulit terasa panas dan kemerahan. Beberapa penyakit kulit yang diakibatkan oleh bakteri diantaranya : selulitis, folikulitis, impetigo, karbunkel dan jerawat.

2. Virus

Serangan viris pada kulit manusia juga sangat berbahaya karena dapat menimbulkan masalah yang serius. Selain sakit yang dirasakan juga mengganggu penampilan Sahabat bukan? Beberapa penyakit kulit yang diakibatkan oleh infeksi virus antara lain: herpes, campak, cacar varicella, dan variola.

3. Jamur

Jamur yang dapat menyebabkan penyakit kulit adalah spesies jamur dalam bentuk mikroorganisme, bukan jamur yang bisa dilihat langsung oleh mata telanjang ya Sahabat. Bagian kulit yang terkena infeksi jamur akan mengalami ruam, gatal dan akan menyebar ke permukaan kulit lainnya jika tidak segera diobati. Contoh penyakit kulit karena seerangan jamur mikroskopis ini diantaranya panu, dan kurap.

4. Kelainan tubuh

Permasalahan pada kulit bisa diakibatkan kelainan dari dalam tubuh itu sendiri. Seperti kanker kulit yang terjadi akibat mutasi dna dikarenankan paparan sinar matahari yang mengandung infra merah dan ultraviolet dalam waktu yang cukup lama dan sangat sering. Kelainan lain juga dialami oleh orang yang kulitnya kehilangan pigmen warna atau sering disebut albino.

C. Siapa yang bisa terkena penyakit kulit?

penyakit kulit bisa menyerang siapa saja
penyakit kulit bisa menyerang siapa saja

Tidak ada batasan bagi siapa saja dapat terkena penyakit kulit atau tidak, muda, tua, laki-laki, atau perempuan. Semuanya tergantung dari seberapa besar faktor penyebab penyakit dihadapi oleh masing-masing.  Seperti orang dengan keluarga besar mempunyai riwayat penyakit kulit turunan maka resiko dia mengidap penyakit yang sama menjadi lebih besar. Orang-orang yang tinggal di lingkungan yang kotor tercemar lebih beresiko terkena penyakit kulit dibanding yang tinggal di lingkungan bersih terawat.  Begitupun yang dalam pergaulannya sehari-hari bersinggungan langsung dengan orang yang sudah menderita penyakit kulit tertentu maka resiko untuk tertular menjadi tinggi. Karena banyak dari jenis penyakit kulit yang dapat menular bahkan hanya dengan bersentuhan saja.

D. Penjelasan singkat berbagai penyakit kulit

Karena merupakan bagian terluar dari tubuh, maka kulit menjadi pelindung pertama tubuh kita, dan menjadi yang pertama juga diserang oleh bakteri , virus atau jamur. Sehingga tidak mengherankan banyak sekali gangguan yang dapat dialami oleh kulit. Berikut beberapa gangguan penyakit kulit akan kami jelaskan secara singkat, sedangkan untuk pembahasan detailnya akan kami bahas dalam masing-masing artikel tentang definisi, penyebab, pengobatan dan pencegahannya. Dan diantaranya adalah :

lupus salah satu penyakit kulit
lupus salah satu penyakit kulit

1. Lupus

Penyakit autoimun dimana sistem kekebalan tubuh bukan melindungi malah menyerang tubuh itu sendiri. Dalam serangannya penyakit lupus akan mengakibatkan ruam kemerahan pada kulit. meskipun tidak hanya merusak jaringan kulit karena penyakit ini akan menyerang organ tubuh lainnya. Untuk lebih jelas tentang penyakit lupus bisa dibaca di sini.

2. Kanker kulit

Penyakit ini diakibatkan oleh pertumbuhan sel yang tidak terkontrol di dalam jaringan kulit. penyebabnya bisa dikarenakan oleh terpapar sinar matahari langsung dalam waktu yang lama dan intensitas yang tinggi. Jika tidak segera diobati maka sel kanker yang tumbuh tidak terkendali bisa menyerang jaringan lain dalam tubuh.

3. Jerawat

Masalah ini umumnya biasa timbul di kulit wajah, penyebab jerawat adalah bakteri yang menginfeksi dan menyebabkan peradangan pada pori-pori wajah. Bisa juga diakibatkan oleh produksi minyak wajah yang berlebihan atau karena debu dan kotoran yang menempel di wajah menyebabkan pori-pori tersumbat dan timbulah peradangan. Penjelasan tentang jerawat sudah pernah kami bahas secara tuntas dan dapat dibaca di sini.

4. Panu

Penyakit kulit yang satu ini diakibatkan oleh jamur pada permukaan kulit. Setelah terinfeksi jamur, maka permukaan kulit akan mengalamai gatal-gatal dan warnanya menjadi bercak-bercak putih. jika tidak segera diobati maka panu akan terus meluas pada permukaan kulit bahkan bisa menyebar ke orang lain yang bersentuhan langsung dengan si penderita.

5. Rubeola / Measles

Penyakit ini diakibatkan oleh infeksi virus yang berkembang di bagian tenggorokan hingga paru-paru. Orang yang telah terinfeksi virus rubeola ini akan menderita deman, hidung berair, batuk dan puncaknya kan mengalami ruam pada kulit. Rubeola atau measles ini bisa menular melalui batuk dan bersin penderita yang mengandung virus kemudian terhirup oleh orang lain.

6. Kutil

Merupakan benjolan agak keras terdapat di kulit disebabakan oleh virus. Setelah benjolan membesar maka akan menimbulkan sakit dan mengganggu penampilan karena jika tidak segera diobati maka akan muncul kutil-kutil baru di sekitar itu.

7. Herpes (Cold Sore)

Penyebab penyakit ini adalah virus Herpes Simplex, mengakibatkan kulit melepuh berbentuk bulat dan terdapat cairan di dalamnya. Serangan ini bisa timbul di sekitar mulut, hidung, leher, bahkan bisa sampai ke jari. Virus ini bisa dengan cepat menular melalui cairan yang terkandung di kulit yang sudah terinfeksi. Rasa yang ditimbulkan seperti gatal dan panas pada kulit yang luka.

8. Bisul

Terjadi pada bagian mesodermis kulit. Pembengkakan pada kulit berisi cairan nanah. Peradangan ini diakibatkan oleh infeksi bakteri dan dapat menular. Benjolan yang ditimbulkan bisa berukuran cukup besar dan menimbulkan rasa nyeri, gatal dan bekas luka yang tidak bisa hilang. Pengobatan harus segera dilakukan sebelum pembengkakan dan peradangan semakin parah.

9. Psoriasis

Kondisi dimana kulit mengalami bercak-bercak merah menyerupai sisik. Gejala yang tampak memang mirip dengan gejala penyakit eksim sehingga harus dilakukan pemeriksaan ke dokter kulit. Gangguan kulit ini termasuk kronis dan harus segera mendapatkan penanganan medis.

10. Eksim

Penyakit eksim atau Eksim Seborrheic adalah kondisi dimana kulit menjadi gatal, kering, merah, pecah-pecah dan permukaannya menjadi kasar. Eksim bisa diakibatkan oleh iritasi, cuaca panas yang ekstrim, produksi minyak pada kulit yang berlebih, serta serangan jamur Malassezia. Penyakit eksim ini bisa menular sehingga kita harus waspada dengan terus membersihkan kulit dengan sabun setelah beraktifitas.

11. Selulitis

Gangguan kulit yang diakibatkan oleh infeksi bakteri ini menyebabkan kulit berwarna merah, gatal dan panas yang disertai rasa nyeri. Bintik kemerahannya bisa dengan cepat menyebar. Karena cepatnya penyebaran bakteri selulitis ini maka harus segera mengobatinya ke dokter. Karena selain rasa yang ditimbulkan penampilan juga akan sangat terganggu.

12. Kadas atau Kurap

Penyakit kulit akibat serangan jamur ini bisa menyerang bagian kulit manapun, mengakibatkan bercak merah dan gatal yang dapat menyebar ke permukaan kulit lainnya. Penyakit ini yang paling sering dialami bersama panu. Hal ini karena kurang baiknya seseorang dalam merawat kesehatan tubuh dan lingkungan. Meskipun  hanya infeksi pada permukaan kulit namun jika tidak ditangani dengan benar maka kadas, kurap dan panu akan sangat mengganggu aktifitas.

13. Gatal Alergi

Gatal karena alergi hanya menyerang kulit seseorang yang mempunyai alergi terhadap sesuatu seperti makanan tertentu, bulu binatang, debu atau cuaca dingin. Hal ini merupakan reaksi tubuh ketika penderita alergi bersinggungan atau mengalami kontak langsung dengan faktor alerginya. Meskipun bisa hilang dengan sendirinya, tetrapi akibat yang ditimbulkan bisa sangat mengganggu. Selain gatal akan timbul juga benjolan-benjolan kecil di permukaan kulit. Penderita alergi tentunya wajib unutk menghindarkan diri dari faktor yang menyebabkan alerginya.

14. Penyakit kutu air

Penyakit ini umumnya menyerang bagian kaki diantaranya telapak, jari hingga kuku kaki. Penyebabnya adalah jamur dan krustasea penghuni air. Orang yang beresiko terkena penyakit ini adalah meraka yang banyak menghabiskan waktu di genangan air yang kotor. Sehingga mencuci kaki dengan sabun kesehatan mutlak dilakukan agar terhindar dari serangan kutu air.

15. Vitiligo

Keadaan dimana kulit atau sebagian kulit kehilangan pigmen. Pigmen atau melanin adalah yang bertanggung jawab terhadap warna kulit seseorang. Sehingga ketika seseorang kehilangan pigmen ini, kulit menjadi putih pada beberapa bagian. Meskipun tidak dapat disembukan secara total, namun perawatan masih tetap bisa dilakukan. Penyakit vitiligo tidak menular.

16. Impetigo

Penyakit ini biasanya muncul di area wajah, leher atau tangan bayi. Impetigo jarang terjadi pada orang dewasa. Gangguan ini disebabkan oleh bakteri streptococcus aureus dan staphylococcus pyogenes. Perawatan harus dilakukan setelah berkonsultasi dengan dokter supaya diketahui bakteri mana yang menyebabkan impetigo ini.

17. Biang keringat

Penyakit kulit ini umumnya menyerang bayi dan anak-anak. Penyebabnya adalah saluran keringat yang tersumbat sehingga keringat terjebak di bawah kulit. Keadaan ini menyebabkan ruam merah pada bayi dan anak anak.

18. Sariawan

Gangguan pada kulit juga dapat terjadi pada permukaan kulit di dalam mulut dan lidah. Sariawan yang telah kami bahas tuntas di sini, merupakan luka pada permukaan kulit yang selalu basah karena ada di dalam mulut. Penyakit ini palig sering dialami, meskipun tidak berbahaya, namun rasa sakit yang ditimbulkan sangat menggangggu.

19. Ketombe

Ketombe atau diistilah medis disebut Pityriasis capitis merupakan pengelupasan sel kulit mati di bagian kulit kepeala yang ditumbuhi rambut. Sebenarnya adalah hal normal dan dialami oleh semua orang. Namun menjadi masalah ketika hal ini terjadi terus menerus dan dalam jumlah yang tidak normal. Kita harus waspada karena ketombe bisa saja menjadi gejala dari penyakit kulit seperti Seborrhoeic dermatitis, psoriasis, atau akibat oleh kutu rambut. Meskipun bisa dibersihkan dengan shampoo anti ketombe, namun sebaiknya diperiksa lebih lanjut.

20. Albino

Albino adalah keadaan dimana seseorang tidak memiliki pigemen atau melanin yang menyebabkan orang tersebut hanya memiliki warna putih di semua kulit termasuk mata dan rambut. Kelainan ini merupakan bawaan dan tidak menular meskipun mungkin diturunkan ke anak atau cucu mereka. Penderita albino lebih sensitif terhadap sinar matahari karena tidak adanya pigmen di jaringan kulit meraka.

Itulah beberapa penyakit kulit yang dapat menyerang manusia. Contoh yang kami uraikan diatas adalah penggambaran singkat yang urutannya tidak brdasarkan tingkat bahaya atau faktor tertentu. Sebenarnya masih banyak jenis penyakit kulit lainnya yang akan kami bahas pada artikel lain.

E. Upaya Pencegahan

Bagaimana upaya kita supaya tidak terkena penyakit kulit ? Banyak cara dapat dilakukan untuk menghindari penyakit kulit yang mungkin ditularkan oleh orang lain atau karena faktor lingkungan. Kecuali gangguan kulit yang memang sudah bawaan sejak lahir atau faktor turunan maka kita hanya bisa meminimalklan resiko atau melakukan usaha agar akibat yang ditimbulkan tidak menjadi serius terhadap kesehatan.

mandi untuk membersihkan badan
mandi untuk membersihkan badan

Beberapa tips dan trik agar terhindar dari terkena penyakit kulit diantaranya :

1. Menjaga kebersihan tubuh

Menjadi tanggung jawab masing-masing untuk terus sehat bebas dari penyakit. Mandi secara rutin dengan air bersih 2 kali sehari menggunakan sabun atau cairan antiseptik khusus kulit akan sangat membantu kesehatan kulit. Menggosok gigi untuk kebersihan mulut dan keramas dengan shampoo khusus anti ketombe akan membantu menjaga kebersihan rambut dan kulit kepala.

2. Menjaga kebersihan lingkungan

Sebagai faktor terbesar penyebaran penyakit kulit, maka lingkungan haruslah bersih dan steril, terbebas dari virus dan bakteri. Penataan dan pengelolaan lingkungan harus dilakukan menyeluruh sehingga tercipta lingkungan bersih terawat.

3. Menghindari kontak langsung dengan penderita

Banyak penyakit kulit yang bisa menyebar dengan kontak langsung seperti bersentuhan, keringat, bersin, atau menggunakan benda secara bergantian dengan penderita. Maka usahakan untuk tidak melakukan kontak dengan penderita yang telah terinfeksi bakteri atau virus penyebab penyakit kulit menular.

4. Menghindari faktor penyebab alergi.

Bagi anda yang menderita alergi terhdap sesuatu maka hindarilah dan jauhi segala yang dapat menimbulkan alergi.

5. Menghindari penyebab iritasi

Seperti penggunaan make up berlebih dan atau tidak sesusai dengan jenis kulit, penggunaan shampo yang tidak sesuai atau memakaikan popok yang tidak cocok untuk kulit bayi anda.

6. Melakukan pengecekan kesehatan kulit secara berkala

Sangat penting untuk melakukan pengecekan kesehatan kulit secara teratur. Selain bisa terhindar dari berbagai penyakit kulit, hal ini juga dapat membantu agar kulit tetap sehat terawat sehingga menambah percaya diri.

kulit sehat menambah percaya diri
kulit sehat menambah percaya diri

F. Pengobatan penyakit kulit

Mengobati penyakit kulit bisa dilakukan dengan obat-obatan modern dan tradisional. Nah, untuk pengobatan penyakit kulit akan kami bahas tuntas pada artikel selanjutnya.

Kesimpulan

Menjaga dan merawat kesehatan kulit selain sebagai penunjang penampilan, fungsi kulit sebagai bagian terluar tubuh tentunya mempunyai peranan yang sangat penting. Sehingga kita semua harus mengerti betul apa saja yang menjadi faktor penyebab, jenis penyakitnya dan bagaimana menanganinya.

Terima kasih banyak Sahabat, semoga semua informasi yang telah kami sampaikan bermanfaat untuk kita semua. Jangan lewatkan artikel berikutnya yang akan membahas tuntas pengobatan penyakit kulit secara modern dan alami.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here