Salam Sehat Sahabat YES. Pernah merasakan sakit pada tenggorokan atau sedang mengalamainya sekarang? pasti sangat terganggu bukan?. Mungkin itu disebabakan oleh peradangan yang terjadi di tengorokan Sahabat. Khusus untuk Sahabat YES, pada kesempatan ini kami akan membahas tuntas mengenai radang tenggorokan dan obat radang tenggorokan alami. Simak sampai selesai ya…

Kenapa tenggorokan saya sakit?

ilustrasi sakit tenggorokan
ilustrasi sakit tenggorokan

Tenggorokan berada di bagian leher yang terdiri dari dua bagian yaitu jalur pernapasan dan jalur untuk makanan. Dalam dunia medis tenggorokan dibagi menjadi dua bagian besar yaitu faring dan laring. Ketika Sahabat merasakan sakit di daerah tenggorokan mungkin penyebabnya adalah radang yang terjadi di daerah faring sehingga sering disebut dengan istilah faringitis.

Faringitis adalah gejala umum yang menandakana beberapa penyakit sedang menyerang seperti demam, flu atau demam kelenjar (mononucleosis). Di Indonesia sakit tenggorokan juga dikenal dengan istilah panas dalam. Rasa sakit yang timbul biasanya akan reda dengan dengan sendirirnya jika daya tahan tubuh sedang kuat sehingga mampu menangkal serangan virus atau bakteri yang menyerang. Namun bisa juga meningkat ke fase berkutnya yang lebih berat sehingga memerlukan pengobatan yang tepat.

Ketika terjadi peradangan di area faring, maka seseorang akan mengalamai sakit saat menelan, agak, gangguan saat bernapas, bisa sampai terjadi pembengkakan di area leher.

Sebaiknya segera periksakan ke dokter ketika merasakan gangguan kesehatan pada tubuh Sahabat sekecil apapun. Karena dikhawatirkan gejala yang muncul adalah tanda awal dari penyakit yang lebih berbahaya sehingga harus segera diketahui dan diatasi.

pemeriksaan kesehatan anak
pemeriksaan kesehatan anak

Siapa yang bisa terkena radang tenggorokan ?

Sakit tenggorokan bisa menyerang siapa saja, tidak terbatas usia, jenis kelamin, atau pekerjaan. Jadi semua orang harus mewaspadai dan menghindari faktor-faktor resiko terkena radang tenggorokan. Menerapkan pola hidup sehat, dan selalu peduli akan kesehatan diri sendiri, keluarga dan lingkungan merupakan langkah awal yang harus terus diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

 

Kapan radang tenggorokan terjadi ?

Sakit tenggorokan bukan penyakit musiman, sehingga bisa menyerang siapapun dan kapanpun. Penyakit ini lebih sering terjadi di musim pancaroba atau memasuki musim penghujan. Karena radang tenggorokan terjadi diantaranya disebabkan oleh infeksi virus atau bakteri yang bisa menyerang kapan saja.

Apa penyebab radang tenggorokan ?

Untuk mengetahui penyebab sakit pada tenggorokan Sahabat, maka haruslah dilakukan pemeriksaan oleh dokter. Sehingga  diketahui secara pasti apa yang menjadi penyebabnya. Dalam pengetahuan umum bahwa yang dapat menyebabkan radang pada tenggorokan adalah virus dan bakteri. Beberapa virus yang menyebabkan radang tenggorokan adalah yang menyebabkan pilek, flu, cacar air atau campak, sedangkan bakteri yang menyerang adalah diantaranya : streptococcus pyogenes dan streptococcus kelompok A.

Banyak faktor lain selain serangan virus dan bakteri yang dapat menyebabkan sakit pada tenggorokan Sahabat seperti : alergi, polusi udara, atau gejala penyakit berat lainnya. Diagnosa yang tepat harus dilakukan untuk mengobati sesegera mungkin.

ilustrasi demam pilek
ilustrasi demam pilek

Apa gejala dan ciri umum dari radang tenggorokan ?

Gejala yang paling umu pada faringitis adalah sakit yang sangat mengganggu di area leher faring, sakit dan kesulitan menelan, mengalamai gangguan ketika bernapas, tenggorokan kering dan terasa panas, demam, sakit kepala, batuk, bersin-bersin, suara menjadi serak dan bisa disertai dengan demam. Mungkin ada gejala yang dirasakan berbeda oleh tiap orang seperti pembengkakan pada bagian amandel, atau produksi dari air liur yang meningkat.

Meskipun gejala dan sakit yang ditimbulkan biasanya hilang dengan sendirinya atau dengan pengobatan alami seperti yang akan diuraikan dibawah ini, namun pada beberpa kasus sakit tenggorokan berlanjut ke tahap yang lebih serius. Sehingga jangan dianggap sepele walaupun sakit yang dirasakan masih terasa ringan, segera atasi dengan langkah-langkah yang tepat.

Apa saja yang harus dihindari supaya tidak terkena radang tenggorokan ?

Untuk meminimalkan resiko maka Sahabat harus mewaspadai beberapa hal diantaranya :

ilustrasi bakteri dab virus
ilustrasi bakteri dab virus

Tempat umum atau Fasilitas umum

Berkumpulnya orang banyak dan atau menggunakan benda/fasilitas yang digunakan beramai-ramai menjadi tempat yang sangat beresiko karena bisa terjadi penyebaran virus atau bakteri. Memang  kita tidak mungkin menghindari ini  karena kita makhluk sosial yang harus berbaur dengan orang lain dalam kegiatan sehari-hari. Untuk meminimalkan resiko adalah dengan menggunakan masker saat berada di keramaian dan selalu mencuci tangan dengan sabun setelah beraktifitas.

Polusi udara

Termasuk juga asap rokok yang sudah jelas bahayanya bagi kesehatan tubuh. Menghindari area yang memiliki kualitas udara buruk bisa mengurangi resiko radang tenggorokan. Menggunakan masker bisa menjadi solusi ketika terpaksa harus berada di lingkungan seperti berkendara di jalan raya atau naik kendaraan umum.

ilustrasi wanita alergi terhadap debu
ilustrasi wanita alergi terhadap debu

Penyebab Alergi

Bagi Sahabat yang alergi terhadap debu, bulu hewan, atau lainnya, berusahalah untuk menjauhkan diri dari hal-hal tersebut. Menjaga kebersihan rumah sampai benar benar bersih harus terus dilakukan setiap hari.

Makanan dan minuman

Makanan yang harus dihindari adalah yang dapat memicu panas dalam seperti gorengan, makanan berminyak, terlalu pedas, atau yang dapat menyababkan alergi. Sedangkan minuman adalah minuman beralkohol, terlalu panas atau terlalu dingin. Makan dan minumlah yang sehat dan berkhasiat secara teratur dan berimbang.

Itulah beberapa faktor yang harus diwaspadai sehingga bisa memperkecil resiko Sahabat terkena feringitis.

Apa obat untuk radang tenggorokan ?

Meskipun pada banyak kasus sakit tenggorokan dapat hilang sendirinya bahkan tanpa minum obat, namun pemeriksaan harus tetap dilakukan agar terhindar dari resiko yang lebih buruk. Kami selalu menyarankan segera lakukan pemeriksaan kesehtan ke tenaga medis professional di rumah sakit, puskesmas atau klinik untuk mendapatkan pemeriksaan, dan pengobatan yang tepat.

Namun umumnya beberapa obat yang sudah mendapat izin edar sebagai obat bebas bisa digunakan untuk meredakan sakit pada tenggorokan. Obat-obatan  pereda sakit atau analgesik yang mengandung parasetamol atau ibuprofen. Dalam mengkonsumsi obat-obatan yang dijual bebas di toko obat harus memperhatikan dan mengikuti atuiran pakai yang tertera pada kemasan supaya tidak terjadi klebihan dosis yang justru membahayakan. Untuk radang tenggorokan yang disebabkan bakteri maka biasanya diberikan antibiotik. Penggunaan antibiotik harus menurut resep dokter dan dihabiskan sesuai dosis yang telah diberikan.

Apakah ada obat radang tenggorokan alami ?

ilustrasi obat herbal alami
ilustrasi obat herbal alami

Ada, dan banyak tersedia disekitar kita. Untuk membahas obat alami untuk sakit tenggorokan akan dibahas pada artikel selanjutnya. Bahan yang akan kami sampaikan adalah bahan alami yang berkhasiat mencegah dan mengurangi sakit pada tenggorokan Sahabat.

Kesimpulan

Radang tenggorokan atau faringitis yang menimbulkan sakit pada bagian tenggorokan merupakan gejala awal dari beberapa penyakit yang akan menyerang, mungkin sering dianggap ringan karena bisa saja reda dengan sendirinya. Namun kewaspadaan dan kepedulian kita haruslah terus tinggi terhadap kesehatan diri sendiri, dan keluarga terutama anak-anak yang mungkin belum bisa menjelaskan dengan rinci sakit yang mereka alami. Pemeriksaan oleh dokter harus dilakukan untuk mendapatkan hasil diagnose yang benar sehingga langkah antisipasi yang cepat dan tepat dapat mengindarkan anda dan keluarga dari resiko penyakit yang lebih berat.

Untuk penceghan dan pengobatan dengan bahan alami disekitar kita akan kami bahas pada artikel radang tenggorokan bagian ke dua. Selalu waspada dan peduli ya Sahabat, demi senyum bahagia kita semua…

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here