Salam Sehat Sahabat Yes. Semoga dalam perjumpaan kali ini kita sedang sehat dan bahagia bersama keluarga. Pembahasan kali ini sangat penting karena sangat menunjang penampilan Sahabat sehari-hari. Kita akan kupas tuntas semua hal mengenai : Jerawat. Permasalahan kulit yang satu ini memang selalu menjadi perhatian serius bagi setiap orang terutama para remaja yang lebih rentan berjerawat.

Sahabat perlu tahu dulu apa itu jerawat, sehingga bisa menangani dan mencegah wajah kembali berjerawat.

jerawat
jerawat

Apa itu Jerawat ?

Jerawat adalah peradangan yang terjadi pada kulit disebabkan tersumbatnya folikel rambut/bulu oleh minyak atau sel kulit mati. Folikel adalah yang menghubungkan kelenjar minyak di bawah kulit (kelenjar sebasea) dengan pori-pori (lubang halus pada permukaan kulit).

Akibat peradangan ini kemudian menimbulkan bintil pada kulit yang sangat mengganggu baik kesehatan maupun penampilan. Bintil merah yang ditimbulkan bisa dari ukuran kecil/ringan sampai yang cukup besar dan bernanah seperti yang terjadi pada jerawat batu. Selain mengurangi rasa percaya diri, jerawat yang muncul juga sering disertai dengan rasa sakit.

Jerawat atau yang dalam bahasa medis disebut acne vulgaris, umumnya terjadi di area wajah. Namun ada juga yang muncul di dada, pundak, atau punggung. Jerawat bisa terjadi pada semua rentang usia setelah dewasa, karena sangat jarang ditemui kasus pada anak-anak. Usia remaja, ketika seseorang sedang mengalami masa pubersitas maka sangat rentan untuk timbulnya jerawat.

Faktor penyebab timbulnya jerawat.

Banyak sekali hal yang dapat menyebabkan seseorang bejerawat, terutama para remaja. Berikut beberapa diantaranya :

1. Produksi minyak berlebih pada kelenjar minyak

Tubuh anda memproduksi minyak untuk melumasi ramubt dan kulit, namun jika minyak yang dihasilkan berlebih maka akan memenuhi polikel yang kemudian menimbulkan pengendapan dan peradangan. Berlebihnya produksi ini bisa disebabkan oleh makanan yang Sahabat konsumsi, atau memang jenis kulit yang berminyak.

Sahabat bisa menggunakan sabun khusus cuci muka atau scrub anti minyak yang banyak dijual di apotek atau toko kecantikan. Bisa juga dengan menggunakan bahan alami yang akan kami bahas pada bagian selanjutnya.

2. Sel kulit mati

Karena tubuh kita terus tumbuh dan berkembang, maka regenersai sel pasti terjadi. Begitupun yang terjadi pada jaringan kulit. Sel kulit mati bisa menghambat lalu menumpuk di polikel kemudian bercampur minyak pada poin satu hingga timbulah jerawat.

Rajin membersihkan muka dapat membersihkan kulit dari sel kulit mati yang tersisa. Sahabat bisa menggunakan air hangat yang memberikan efek nyaman bagi kulit.

3. Pori-pori besar

Lubang pori-pori yang besar lebih mudah termasuki segala jenis polutan dari luar seperti partikel debu atau kotoran lain. Jika penyumbatan terjadi di pori-pori maka jerawat akan segera muncul apalagi tidak segera dibersihkan.

Seperti sering berkendara di jalanan yang sangat ramai kendaraan, atau bekerja seharian di luar rungan yang panas dan berdebu. Maka lebih beresiko munculnya jerawat pada kulit.

4. Bakteri

Mikroorganisme ini memang kerap menyusahkan saja ya Sahabat, meskipun ada juga bakteri baik untuk kehidupan manusia. Namun pada kasus jerawat, bakteri yang terdapat pada pori-pori kulit akan mengakibatkan cepatnya peradangan yang terjadi.

Gunakan sabun muka yang mengandung anti bakteri atau bahan alami yang mempunyai sifat anti bakteri dan anti peradangan.

ilustrasi bakteri
ilustrasi bakteri

5. Hormon

Pada usia remaja yang sedang mengalami masa pubersitas menghasilkan hormon seksual lebih aktif sehingga mempercepat produksi minyak/sebum. Hal ini menjadi faktor yang mempercepat timbulnya jerawat. Sebagian besar remaja pasti pernah mengalami wajah berjerawat bukan? Termasuk Sahabat…

6. Efek samping obat

Beberapa obat bisa menimbulkan jerawat, terutama yang mengandung androgen atau kortikosteroid. Konsultasi dengan dokter dan sampaikan jika anda mempunyai riwayat iritasi terhadap zat tertentu yang terkandung dalam obat-obatan.

7. Kurang tidur

Pola hidup yang tidak sehat, seperti keseringan begadang akan menimbulkan banyak gangguan kesehatan bagi tubuh. Diantaranya adalah kulit yang berjerawat. Hal ini disebabkan pengeluaran racun dan zat berbahaya yang seharusnya terjadi malam hari saat kita tidur menjadi tidak maksimal. Darah kotor, inilah yang diistilahkan bisa menyebabkan banyak gangguan pada kesehatan kulit seperti jerawat salah satunya.

8. Pola makan tidak sehat

Mengkonsumsi terlalu banyak makanan berminyak bisa juga meningkatkan resiko timbulnya jerawat. Jadi perbaiki pola makanan sehat Sahabat ya, imbangi dengan minum air putih yang cukup tiap harinya.

 

Gejala awal timbulnya jerawat

Secara umum jerawat yang timbul diawali bintil/bentol merah kecil yang disertai rasa nyeri pada permukaan kulit. Setelah timbulnya jerawat maka pertumbuhannya berbeda tergantung seberapa parah peradangan yang terjadi. Banyak faktor yang bisa menjadikan jerawat tiap orang berbeda, seperti jenis kulit, pola makan, kebersihan diri sendiri, atau usia. Dalam beberapa kasus, tahap selanjutnya bintil merah ini akan membesar sampai menimbulkan nanah.

Gejala  awal yang timbul dari jerawat sering kali tidak disadari, sehingga penanganan terhadap jerawat jadi terlambat. Tidak semua gejala ynga timbul kemudian menjadi jerawat yang berat, karena sebagian akan sembuh dan normal lagi dengan sendirinya.

Jika sudah merasakan timbulnya gejala pada kesehatan kulit anda seperti bintil/bentol, bercak merah atau apapun maka sebaiknya segera periksa ke dokter kulit supaya diketahui pasti apa penyebabnya dan bagaimana penanganannya.

Penganan jerawat harus tepat dan berhati-hati karena bisa menimbulkan bekas yang tidak akan hilang sampai tua. Walaupun sudah ada produk kesehatan dapat mengurangi bekas luka yang ditinggalkan jerawat. Namun tentunya akan membutuhkan uang yang tidak sedikit. Tips penting untuk Sahabat :

Jangan pecahkan jerawat sebelum benar-benar sembuh sendiri baik dengan pengobatan modern atau yang alami. Supaya tidak meninggalkan luka di wajah yang pastinya akan mengganggu penampilan Sahabat YES.

Pengobatan jerawat secara Modern

Sudah banyak sekali produk untuk masalah jerawat yang dijual bebas di pasaran, mulai dari yang benar-benart obat, produk kecantikan/perawatan kulit atau suplemen untuk menutrisi kesehatan kulit. Bentuk obatnya ada yang salep, krim, cair, pil atau bedak. Pilih yang cocok dengan kondisi kesehatan Sahabat dan yang paling praktis penggunaannya.

Tinggal Sahabat yang pintar memilih produk yang tepat, karena jenis kulit, dan lainnya sangat berpengaruh. Salah memilih produk bisa mengakibatkan masalah lebih serius. Maka berkonsultasi ke dokter dengan pemerikasaan yang tepat adalah solusinya. Sehingga diketahui jenis obat atau perawatan apa yang cocok buat Sahabat

Banyak orang yang mengeluarkan dana tidak sedikit demi mempunyai kulit sehat, halus dan mulus. Berbagai metode pengobatan modern pun dilakukakn demi hasil terbaik yang diinginkan. Tidak masalah tentunya jika dana yang tersedia mencukupi, bahkan untuk melakukan operasi plastik ke luar negeri. Nah bagaimana dengan Sahabat yang ingin sehat tapi tetap hemat ?

Berikut akan kami sampaikan khusus untuk Sahabat YES, bahan alami disekitar kita yang bisa digunakan untuk mengobati jerawat sekaligus merawat kulit menjadi mulus, halus dan sehat tanpa jerawat.

Pengobatan jerawat secara tradisional dan alami

Mengobati jerawat dengan cara tradisional menggunakan bahan alam yang tersedia disekitar kita akan lebih aman dan hemat tentunya. Kita tidak khawatir efek samping bahan kimia yang terkandung pada obat modern jika dipakai terlalu sering. Diantaranya adalah :

lidah buaya
lidah buaya

1. Lidah Buaya

Penggunaan lidah buaya untuk perawatan kulit sudah dilakukan sejak zaman dahulu. Setelah dilakukan penelitian, lidah buaya ternyata mengandung zat antibaktri alami, antioksdian yang tinggi, vit C, dan vit E. Selain bisa mengobati jerawat dengan cepat, lidah buaya juga bisa terus digunakan untuk perawatan kulit sehat.

Kupas kulit lidah buaya, ambil bagian dagingnya dan remas di dalam wadah hingga mengeluarkan cairan seperti gel, usapkan ke kulit yang berjerawat dan diamkan kurang lebih 5 menit. Atau cukup tempelkan potongan daging buah lidah buaya yang baru di potong tadi ke seluruh permukaan wajah untuk perawatan. Bilas dengan air bersih jika sudah selesai.

2. Madu

Kandungan antiseptik dan sebgai probiotik alami pada madu sudah terbukti ampuh mempercepat sembuhnya jerawat. Madu sudah digunakan dari dulu untuk mengobati jerawat dan perawatan kulit wajah. Agar tetap kencang dan merona.

Oleskan madu secukupnya ke jerawat dan diamkan selama setengah jam. Bilas dengan air hangat sampai bersih dan tidak lengket. Lakukan tiap hari atau dua hari sekali.

3. Lemon

lemon
lemon

Rasanya yang masam membuat buah lemon jarang dikonsumsi langsung. Namun khasiatnya untuk mengobati jerawat secara alami sudah terbukti. Kandungan asam askorbat-L nya mampu mengurangi peradangan yang terjadi di area berjerawat. Selain mengobati, lemon ternyata bisa membersihkan noda pada kulit anda, juga mebersihkan pori-pori yang tersumbat. Sehingga wajah lebih bersih dan berseri.

Cukup mengoleskan air perasan lemonke seluruh permukaan wajah terutama yang berjerawat, lalu diamkan selama kurang lebih 15 menit. Lebih efektif dilakukan pada pagi hari ya Sahabat.

4. Putih Telur

Bagian putih pada telur mengandung enzym lysozim yang mampu menghancurkan bakteri penyebab jerawat. Bagi Sahabat yang berjerawat, bisa mencoba mengobatinya dengan putih telur. Selain itu pori-pori akan mengecil setelah diolesi putih telur secara rutin juga mengurangi minyak yang membuat wajah kusam berjerawat.

Caranya dengan mengocok putih telur, jangan dicampur kuningnya ya Sahabat, hehe… kocok terus sampai mengembang seperti krim lalu oleskan sebagai masker ke seluruh wajah sampai krimnya kering bilas dengan menggunakan sabun yang biasa dipakai supaya tidak bau amis.

5. Timun hijau

Mentimun atau ketimun mengandung air yang cukup banyak sehingga bisa menjaga kelembaban kulit, membersihkan poti-pori dan merupakan anti oksidan alami. Irisan timun bisa ditempelkan ke kulit berjerawat untuk membantu penyembuhan secepatnya. Ganti irisan timunnya setelah 3-5 menit.

Selain ditempelkan seperti masker, mengkonsumsi timun mentah yang segar banyak memberi manfaat bagi kesehatan tubuh terutama kulit.

6. Pepaya

Buah yang satu ini memiliki rasa yang enak, manis dengan aroma khas. Selain dikonsumsi sebagai buah, pepaya bisa digunakan untuk mengobati jerawat secara alamai dengan cara dioleskan. Di dalam buah pepaya, terdapat Enzim Papain yang berfungsi mengikis sel kulit mati. Juga terdapat antioksidan serta vitamin yang dapat mencerahkan kulit wajah, mengatasi kulit kemerahan dan mengurangi peradangan pada kulit.

Haluskan pepaya secukupnya kemudian tambahkan satu sendok teh madu, oleskan ke bagian yang sakit atau bisa juga dijadikan masker wajah. Tunggu sampai kering lalu bilas dengan air hangat sampai bersih.

7. Cuka Sari Apel

Mengandung asam laktat dan asam malat yang dapat mengangkat sel kulit mati. Penggunaan cuka sari apel untuk mengobati jerawat terbukti sangat ampuh dan cepat. Selain itu, cuka sari apel merupakan antioksidan alami yang bagus untuk kulit. Sahabat tidak perlu khawatir, karena untuk mendapatkannya sangat mudah, banyak dijual di apotek atau toko obat tradisioanl dengan berbagai merek.

Menggunakannya juga mudah, cukup oleskan cuka sari apel yang telah dicampur air hangat ke bagian wajah yang berjerawat. Lakukan menjelang tidur dan biarkan semalaman tidak perlu dibilas.

8. Garam

Mungkin diantara yang lain, menggunakan garam untuk mengobati jerawat merupakan yang paling mudah dan murah. tapi jangan salah, khasiat garam sangat ampuh untuk mempercepat sembuhnya jerawat.

Cukup larutkan garam kedalam air dan oleskan ke jerawatnya, usahakan jangan sampai benar-benar larut sehingga masih ada garam yang agak kasar. Biarkan sampai kering dan bilas dengan air bersih. Lakukan berulang-ulang untuk hasil maksimal.

9. Bawang Putih

bawang putih
bawang putih

Walaupun aromanya yang tidak bersahabat, tapi jika ditanya mengenai khasiat? Bawang putih bisa dikatakan ampuh unutk mengobati jerawat. Hal ini disebabkan karena bawang putih mengandung senyawa Thiacremonon Sulfur yang dapat mengeringkan jerawat. Selain itu juga terdapat senyawa Allicin yang bersifat antiseptik yang mampu menangkal bakteri penyebab jerawat.

Haluskan beberapa siung bawang putih dan oleskan kepada jerawatnya saja. tunggu beberapa saat kemudian bilas dengan sabun supaya bau nya hilang.

Masih banyak sebenarnya bahan alami lain yang sudah terbukti ampuh mempercepat penyembuhan kulit yang berjerawat.

Mencegah memang lebih baik dari pada mengobati, untuk itu perlu juga kami sampaikan kepada Sahabat semua tips mencegah kulit berjerawat

Tips mencegah timbulnya jerawat :

1. Menerapkan pola makan sehat

Menerapkan pola makan yang sehat merupakan kewajiban setiap individu agar terhindar dari berbagai macam penyakit, termasuk gangguan jaringan kulit seperti jerawat. Hindari makanan yang mengandung minyak berlebih. Mengkonsumsi makanan yang memenuhi kebutuhan vitamin harian terutama vitamin E yang menyangkut kesehatan kulit. Memenuhi kebutuhan air tiap hari juga sangat penting demi lancarnya sirkulasi darah.

makanan sehat
makanan sehat

2. Jangan terlalu sering begadang

Proses detoksifikasi terjadi pada malam hari ketika kita tertidur. Jika terlalu sering begadang maka proses ini akan terganggu. Cukupkan waktu tidur dan terapkan pola tidur yang benar.

3. Rutin membersihkan wajah

Gunakan air bersih untuk membasuh wajah anda. Menggunakan produk kesehatan atau kecantikan memang membantu dalam membersihkan wajah anda. Tapi lebih baik lagi jika menggunakan bahan alami untuk membersihkan dan merawat kulit Sahabat.

4. Rajin berolah raga

Dengan olahraga yang rutin dan teratur maka kesehatan dan kebugaran tubuh anda akan terjaga, jika semua sistem dalam tubuh anda bekerja normal dan baik, maka resiko terkena penyakit pun akan berkurang. Termasuk resiko kulit berjerawat.

Jangan sering menyentuh wajah saat tangan kotor atau wajah sedang berminyak

Ketika tangan kita kotor, sudah pasti banyak bakteri yang terdapat di sana. Sehingga jangan menyentuh bagian wajah jika tidak ingin berjerawat. Bilaslah sampai bersih  tangan anda dengan sabun cuci tangan yang higienis.

olahraga sehat
olahraga sehat

5. Hindari menggunakan make up yang terlalu

Buat Sahabat cantik yang sering menggunakan riasan wajah, maka gunakanlah sewajarnya dan pilihlah kosmetik yang sesuai dengan jenis kulit. Jangan menggunakan kosmetik palsu karena kesehatannya tidak tejamin, bahkan bisa menimbulkan permasalahan serius di wajah.

Bersihkan sisa make up sampai benar-benar bersih menggunakan sabun cuci muka yang biasa dipakai. Karena sisa make up akan menyumbat pori-pori sehingga bisa menimbulkan jerawat.

Kesimpulan

Semua permasalahan bisa diatasi ya Sahabat. Seperti jerawat yang membuat tidak percaya diri, dapat disembuhkan dengan menggunakan bahan alami yang banyak terdapat di sekitar kita. Selain mudah dan murah , menggunakan bahan alami tidak menimbulkan efek samping yang beresiko.

Konsultasikan segera ke dokter, jika gangguan kulit termasuk jerawat yang anda rasakan tidak kunjung membaik. Jangan menunda masalah kecil menjadi masalah serius yang akan lebih merugikan diri anda sendiri.

Demikian Sahabat YES untuk artikel kali ini, baca juga informasi dan tips lainnya seputar kesehatan anda dan keluarga. Semoga bermanfaat, sehat terus ya Sahabat…

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here