Salam Sehat Sahabat YES, pastikan anda sudah makan sebelum membaca artikel ini ya. Karena kita akan membahas tentang hal yang akan terus menerus dilakukan, yups,,, apalagi kalau bukan tentang makan dan makanan. Karena makan adalah kebutuhan utama semua makhluk hidup jadi sangat penting untuk mengetahui apa saja makanan sehat yang harus dikonsumsi sehari-hari. Makanan sehat seringkali dianggap tidak enak dan tidak mengundang selera, padahal manfaatnya sangat banyak termasuk menjaga tubuh dari berbagai ancaman kesehatan baik dari dalam maupun dari luar.

Dalam mengkonsumsi makanan, kita diharuskan makan berbagai macam makanan yang mengandung gizi dan nutrisi yang berbeda-beda agar tercipta keseimbagan dalam tubuh. Jadi jangan terpaku kepada satu jenis makanan saja ya Sahabat, walaupun itu makanan favorit anda.

Makanan Sehat yang Beragam

Jumlah makanan yang ada di dunia ini sangat beragam, sehingga kita harus pintar memilih mana saja makanan yang akan dikonsumsi demi terjaganya pola makan yang sehat. Dan yang menempati urutan pertama dalam hal makanan sehat adalah sayur-sayuran segar.hal ini dikarenakan sayuran mengandung nutrisi yang lengkap seperti vitamin dan serat yang tinggi. Banyak sekali contoh sayuran yang dapat dikonsumsi setiap hari seperti : bayam, brokoli, kangkung, sawi hijau dan lain-lain.

makanan sehat
makanan sehat

Buah-buahan juga menempati urutan teratas dalam kelompok makanan sehat dan wajib dikonsumsi dalam jumlah yang cukup tiap harinya. Selain rasanya yang enak, kandungan vitamin dan nutrisi dalam buah sangat dibutuhkan tubuh dalam proses metabolisme. Penyajian buah juga bisa dilakukan dengan berbagai cara seperti dimakan langsung, dijadikan jus, atau pelengkap makanan lain. Banyak buah-buahan yang sudah populer karena rasa dan khasiatnya bagi tubuh jika dikonsumsi secara rutin. Dan diantaranya yang kami rekomendasikan untuk Sahabat adalah :

  • Apel, banyak mengandung Vit C, serat, dan merupakan atioksidan yang baik.
  • Alpukat, banyak mengandung lemak sehat, Vit C dan kalium
  • Jeruk, tinggi kandungan Vit C
  • Pisang, tinggi kandungan Vit C
  • Beri-berian seperti blueberry dan strawberry merupakan antioksidan yang rendah kalori serta kaya serat.

Untuk menjaga kesehatan pola hidup sehat sangat penting untuk diperhatikan.Pola makan sehat diperlukan keberagaman sumber makanan dan kandungan gizi yang seimbang sehingga tubuh mendapatkan asupan yang ideal. Selain sayur dan buah yang merupakan sumber vitamin, serat dan antioksidan, kita juga membutuhkan asupan gizi yang lain yaitu :

1. Daging dan Telur

daging dan telur
daging dan telur

Kebutuhan akan protein demi berlangsungnya tumbuh kembang tubuh kita memang harus terpenuhi, dan mengkonsumsi daging adalah salah satunya. Daging dan telur merupakan sumber protein, zat besi, lemak, dan zat penting lainnya bagi tubuh kita. Konsumsi telur juga perlu dilakukan karena mengandung nutrisi yang banyak dan mineral yang dibutuhkan tubuh. Antioksidan pada telur juga sangat baik untuk daya tahan tubuh terhadap radikal bebas. Jadi mengkonsumsi daging dan telur dalam jumlah yang cukup sangat dianjurkan.

2. Susu

Minum susu sangat penting bagi manusia apalagi dalam masa balita dan pertumbuhan, begitu juga oleh para lansia yang membutuhkan kalsium dan nutrisi yang lain. Susu mengandung banyak sekali vitamin, mineral, lemak sehat, dan protein hewani. Mengkonsumsi susu sebaiknya dalam bentuk yang masih segar, meskipun demikiian banyak cara untuk mengolah susu menjadi bentuk yang lain yang tetap masih sehat. Produk olahan susu yang baik bagi kesehatan seperti keju dan yoghurt, meskipun dalam mengkonsumsinya tidak juga harus berlebihan ya Sahabat.

3. Biji-bijian dan Kacang-kacangan

Beragam sekali biji-bijian dan kacangang-kacangan yang dapat kita pilih sesuai selera, selain rasanya yang enak dan dapat disajiakn dalam berbagai cara ternyata ini juga mengandung serat dan nutrisi loh Sahabat. Kandungan magnesium, vit E dan lemak nabati sangat berguna untuk tubuh kita.

4. Ikan dan Makanan Hasil Laut

Para peneliti telah mengungkapkan banyaknya manfaat yang diperoleh dari makan ikan dan hasil tangkapan laut lainnya. Karena ikan mengandung asam lemak, omega-3, yodium, protein, dan vitamin yang tentunya sangat dibutuhkan oleh tubuh kita ya Sahabat. Dalam hal mengkonsumssi ikan, ternyata Negara Jepang menempati posisi pertama untuk konsumsi rata-rata harian, sehingga mereka cenderung lebih panjang umur dan pintar-pintar. Mengkonsumsi ikan dalam jumlah cukup juga mengurangi resiko serangan jantung dan berbagai penyakit lain.

Sahabat YES, itulah beragam makanan sehat yang dapat dipilih dan dikonsumsi secara seimbang untuk kesehata kita semua ya. Jangan lupa berkonsultasi kepada ahli gizi untuk mengetahui kebutuhan ideal tubuh kita sehari-harinya.

Makanan yang Sebaiknya Dihindari

Sangat penting buat ibu yang biasa berbelanja di pasar atau tukang sayur keliling ketika berbelanja bahan makanan agar dilihat kesegaran dan kadaluwarsa dari bahan yang akan dimasak. Banyak pedagang yang nakal menjual bahan makanan tidak sesuai standar kesehatan, jadi hati-hati ya Sahabat. Seperti memilih daging ayam yang masih segar pastikan bukan ayam tiren, atau ketika memilih telur, lihatlah warna kulit telurnya yang masih bersih tidak berbercak atau berjamur. Begitu juga ketika memilih bahan makanan yang lain.

Dalam memilih makanan kita dituntut untuk bisa memenuhi semua kebutuhan nutrisi secara seimbang dan tepat dengan mengkonsumsi makanan sehat. Namun pastinya karena selera atau hal lain, ada saja jenis makanan yang tidak sehat tapi tetap kita konsumsi. Nah dibawah ini adalah jenis makanan yang harus Sahabat YES hindari ya.

1. Kurangi Konsumsi Gula

Jangan terlalu banyak mengkonsumsi gula, atau menambahkan gula yang terlalu banyak kepada makan yang kita makan. Meskipun rasanya enak, terlalu banyak makan makanan manis meningkatkan berbagai resiko penyakit yang membahayakan tubuh loh.

2. Hindari Makanan Cepat Saji

Hindari makan cepat saji, makanan instant dan junk food. Selain mengandung lemak dan kolesterol tinggi, terlalu banyak mengkonsumsi makanan cepat saji memang tidak baik buat kesehatan Sahabat.

3. Kurangi Cemilan Instant

Kurangi makan makanan kemasan yang sudah pasti mengandung pengawet, pewarna atau pemanis buatan. Karena akumulasi zat kimia di dalam tubuh akan mengakibatkan gangguan serius terhadap kesehatan.

4. Hindari Minuman Beralkohol

stop alkohol
stop alkohol

Jangan minum-minuman beralkohol, karena sudah jelas efek jangka panjang yang sangat merugikan bagi tubuh kita. Lebih baik minum jamu atau jus buah yang halal dan baik bagi kesehatan.

Untuk Sahabat sehat yang biasa menyiapkan makanan di rumah buat keluarga, jangan masak terlalu banyak sehingga harus dihangatkan ya. Lebih baik masak sedikit sedikit tapi beragam jenis gizi sehingga habis sekali makan daripada masak kebanyak terus dihangatkan, kareba banyak jenis makanan yang tidak baik kalo dihangatkan, bahkan menjadi beracun ketika dihangatkan lalu dimakan.

Mulailah untuk menyadari betapa sehat itu nikmat, jadi mulai sekarang hindari makanan tidak sehat dan rutinlah mengkonsumsi makanan sehat dengan porsi tepat dan nutrisi seimbang. Jang terlalu mengikuti nafsu makan dan selera, karena kalau sudah sakit, Sahabat sendiri kan yang merasakan?. Jaga pola makan sehat anda dengan jadwal makan yang teratur sehingga tidak terkena penyakit mag.

Konsumsi makanan yang beragam dan meraikdengan cara mengkombinasikan beberapa makanan. Cara penyajian juga bisa diperunik sehingga kita lebih tertarik untuk terus mengkonsumsi makanan sehat. Yang tidak kalah penting adalah minum air putih yang banyak. Selain terhindar dari dehidrasi dan ancaman penyakit lainnya akibat kekurangan air, minum cukup air putih per hari akan menjaga metabolisme dan peredaran darah lancar terus, meningkatkan konsentrasi dan fokus serta tetap fit dalam beraktifitas. Sahabat juga bisa berkonsultasi ke dokter atau ahli gizi untuk mendpatakan masukan rekomendasi yang sesuai untuk tubuh kita masing-masing.

7 Tips Makan Sehat untuk Orang yang Sibuk

Sahabat YES tentuunya tidak selalu punya waktu yang banyak untuk mempersiapkan makanan sehat tiap hari. Untuk orang-orang yang super sibukĀ  maka sulit untuk mampu menyiapkan makanan sehatnya sendiri dan terpaksa untuk makan di luar di sela kesibukannya. Untuk itu kami akan memberikan beberapa tips kesehatan kepada Sahabat yang duper sibuk namun tetap ingin menjaga pola makan sehat dan ingin terus makan sehat :

Kebutuhan akan makan merupakan hal yang tidak bisa ditinggalkan oleh setiap orang, namun bagaimana jika waktu untuk mempersiapkan makanan sehat tidak cukup akibat padatnya jadwal kegiatan yang harus dilakukan.

Bagi sebagian orang yang harus bekerja dari pagi sampai latur malam tentunya membutuhkan nutrisi yang lebih dibandingkan yang lain. Tapi pekerjaan yang menumpuk membuat pola makan sehat anda terganggu, berikut beberapa tips untuk tetep bisa mempertahankan kesehatan dan daya tahan tubuh ketika kesibukan dan pekerjaan sangat padat :

1. Sarapan Pagi

sarapan pagi
sarapan pagi

Sesibuk apapun jadwal anda hari ini, deadline pekerjaan yang menumpuk apalagi perjalanan yang akan ditempuh sangat jauh maka sarapan pagi sebelum beraktifitas adalah wajib. Selain untuk modal energi mengawali hari, sarapan juga membantu mengendalikan gula darah dalam tubuh. Hindari sarapan yang mengandung karbohidrat sederhana dan banyak gula. Sebaiknya sarapanlah dengan makanan mengandung karbohidrat komplek yang tinggi seperti nasi merah, oatmeal, sereal, buah buahan atau sayur segar. Sereal gandum juga baik untuk sarapan karena mengandung serat yang tinggi. Sarapan juga bisa dikombinasikan dengan kacang-kacangan, susu almond, susu rendah lemak, telur biji-bijian, atau sekedar makan buah-buahan seperti alpukat atau apel.

2. Tidak Terlalu Banyak Minum Kopi

Minum kopi di pagi hari sebelum beraktifitas memang nikmat, tapi ingat ya jangan terlalu sering karenan akan membebani organ hati anda. Terganggunya fungsi hati sangat berbahaya kaena merupakan organ untuk menawarkan racun dan radikal bebas yang masuk kedalam tubuh. Karena kopi bersipat diuretic (menigkatkan kecepatan pembentukan urine), maka akan meningkatkan resiko gula darah yang tidak stabil dan dehidrasi. Sebaiknya ganti minum kopi dengan minum the, karena lebih bermanfaat sebagai minuman herbal untuk tubuh. Beberapa jenis teh yang bagus untuk diminum saat istirahat atau disela kesibukan Sahabat adalah : teh hijau, teh hitam dan lainnya

3. Minum Air Putih

Sesibuk apapun Sahabat, minum 8 gelas air putih tiap hari harus terus dilakukan. Karena banyak permasalahan kesetan berasal dari tubuh yang kekurangan air . ingat bahwwa sebagian besar tubh kita ini terdiri dari cairan. Bawalah sebotol atau dua botol minum air puth dari rumah ketika berangkat kerja, jadi tidak khawatir kalau diperjalanan atau di tempat kerja kemudian tidak ada air minum. Kita semua sudah sangat memahami pentingnya air untuk kesehatan tuubuh kita ya sahabat.

4. Kurangi Makan Makanan Kemasan

Dengan kesibukan yang super maka tidak bisa dihindari hal seperti makan makanan kemasan/snack untuk menunda lapar karena pekerjaan atau lainnya. Hal ini tidak baik untuk tubuh apalagi dilakukan terus menerus. Kalaupun harus makan makanan kemasan maka pilihlah yang lebih aman untuk dikonsumsi seperti keripik buah, sereal gaandum atau roti yang masih baru. Jangan berlebih karenan pada umumnya makanan kemasan mengandung gula, garam, pengawet, perasa buatan dan zat berbahaya lainnya jika dikonsumsi berlebih.

5. Makan Buah atau Minum Jus Buah

Bawalah beberapa buah kesukaan Sahabat ketika berangkat kerja, karena makan buah bisa dilakukan dimana saja dan praktis. Nutrisi di dalam buah buahan juga sangat penting bagi tubuh apalagi orang yang sibuk membutuhkan energi dan konsntrasi yang lebih. Supaya lebih praktis, buah buahan bisa diminum dalam bentuk jus luangkan sedikit waktu sebelum berangkat untuk memblender beberapaa buah lalu bawa di botol yng bersih. Sahabat juga bisa membeli jus yang sudah jadi meskipun lebih disarankan minum jus buah buatan sendiri.

6. Sempatkan Makan

Walau sering kali karena kesibakan atau keasyikan kita terhadap sesuatu sampai sampai lupa makan, karena sibuk atau asyik kita tidak merasakan lapar. Padahal metabolisme di dalam tubuh tetap terjadi, dan tubuh tetap harud disuplai makanan dan minuman agar tetap bisa fit. Luangkan waktu untuk makan disela kesibukan, dengan memilih tempat makan yang sehat bukan asal nikmat ya Sahabat YES. Sebenarnya lebih baik lagi jika sebelum berangkat kita mempersiapkan bekal makan sing yang kita tahu bahan dan proses pembuatannya jadi lebih aman dan sehat. Kalaupun harus makan di rumah makn, warteg atau restoran maka perlu diperhatikan kebersihanĀ  tempat dan lihat jenis makan yang dijual apakah masih segar atau tampak sudah lama.

7. Minum Suplemen

suplemen kesehatan
suplemen kesehatan

Di zaman Now ini, banyak sekali perusahaan farmasi dan kesehatan menawarkan suplemen keseshatan untuk berbagai macam keperluan tubuh, seperti Vitamin, Minyak ikan, Zat besi dan lain-lain. Semua suplemen yang beredar luas di pasaran tentunya telah melalui serangkaain penelitian dan pengembangan sebelum dijual bebas, sehingga tidak perlu khawatir untuk mengkonsumsi suplemen harian demi menunjang aktifitas sehari hari. Namun banyak hal yang harus diperhatikan ketika kita memutusksan untuk mengkonsumsi suplemen tertentu, baca baik-baik terlebih dahulu tentang produk, nahan, efek samping, lihat tanggal kadaluwarsanya, dan konsultasikan dengan orang yang lebih memahami apakah perlu atau tidak untuk mengkonsumsi suplemen kesehatan tambahan ya Sahabat YES.

Kesimpulan

Nah Sahabat YES, itulah beberapa tips buat orang yang sibuk agar tetap bisa menjalankan aktifitasnya dengan baik dan sehat. Jangan tunggu sakit untuk memulai kebiasaan menjaga pola makan sehat dengan hanya mengkonsumsi makanan dan minuman sehat ya. Gaya hidup di zaman modern seperti sekarang memang menuntut setiap orang untuk lebih pintar memilih dan menjalankan pola makan sehat. Berkembangnya ilmu pengetahuan di bidang kesehatan telah mempermudah manusia untuk memenuhi kebutuhan gizi dan nutrisi tubuhnya, namun pilihan untuk sehat kembali ke alam tetap menjadi pilihan terbaik karena bisa mnyelaraskan antara kesehatan jiwa dan raga yang seimbang.

Makanlah makanan sehat seimbang dan cukup porsi, semoga kita terus diberikan kesehatan ya Sahabat YES, Salam Sehat selalu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here